motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling umum digunakan. Jika kita bicara 10 tahun yang lalu, populasi motor matic masih kalah dengan motor bebek. Keberadaan motor matic sangat disukai oleh konsumen terutama kaum hawa karena kemudahannya saat digunakan.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas tentang permasalahn pada motor matic. Namun disini saya akan lebih banyak bercerita dibandingkan dengan tips untuk permaslahan ini. Masalah yang terjadi ini biasa terjadi pada motor Honda Beat dan Honda Vario. Kejadian ini sebenarnya terjadi sekitar tahun 2015 yang lalu yang dimana motor matic masih belum menjamur seperti sekarang ini. Masalahny adalah motor Beat atau Vario oleng atau goyang saat jalan pelan.

Waktu itu, ada pelanggan saya yang datang kebengkel dan mengeluh bahwa motor honda Beatnya goyang saat dibuat jalan pelan. Saya pun mencoba motor tersebut, dann ternyata benar. Motor Honda Beat pelannggan saya tersebut sangat oleng atau goyang saat dipakai jalan pelan. Herannya ketika mmotor saya buat seidkit kencang, goyangnya tidak begitu terasa.

Batin saya waktu itu, ini KASUS BARU !!! Bagi mekanik, menemukan kasus baru memang memiliki tantangan tersendiri. Karena bagi mekanik, uang itu nomor dua, keyakinan pelanggan itu nomor satu. Jika kita mampu mengatasi kasus yang sulit dipecahkan biasanya orang itu akan menjadi pelanggan setia kita. Nah, dalam kasus ini saya hitung sebagai kasus baru karena sang pelanggan mengatakan bahwa dia sebelumnya sudah memperbaiki motornya di bengkel lain dan tidak berhasil.

Dengan santainya saya menyuruh pelanggan tersebut untuk pulang terlebih dahulu, karena saya menngatakan bahwa kasuusu ini meruupakan kasus baru. Dan butuh waktu lama untuk pengerjaanya. Alasan mekanik kalau ketemu kasus, biar gak grogi saat pengerjaan. He he he.. kenapa saya sebut kasus baru ? Karena motor yanng oelh biasanya terjadi secara konstan. Artinya motor akan terasa oleh saat dibuat jalan pelan maupun kencang.

Oke, saya pun mencoba menganalisa dan sedikit berdiskusi dengan teman sesama mekanik. Saya pun mulai mengecek bagian as tengah, roda belakang, ban belakang, roda depan, ban depan dan juga skok depan maupun skok belakang. Hasilnya adalah, seluruh bagian yang saya cek tidak mengalami masalah. As tengah tidak goyang sama sekali, ban batiknya masih bagus dan garis ban pun sangat pas, velg nya puun masih sangat stabil.

Waduh.. (batin saya waktu itu). Karena saya dibayar untuk ini, maka saya harus menemukan kasus ini sampai motor tidak ada kendala saat dibawa sang pemilik motor. Untuk membuat pandangan saya luas dan saya berharap ada bagian chasis yang keropos (tapi tidak mungkin karena motornnya masih terhitung baru).. Saya pun mencopot seluruh body motor, hanya tersisa bagian lampu depannya saja.

Hal sepele sebenarnya, tapi kenapa seribet ini ya (saya mulai ngoceh dalam hati).namun dari melepass seluruh body motor ini saya menemukan kejanggalan pada salah satu bagian yakni shock belakang. Karet shcok belakang saya lihat agak keluar. Dari sini saya memutuskan untuk melepas karet shock belakang. Dan benar saja, karet shock belakang agak sedikit sobek sehingga membuat karetnya sedikit keluar.

Oh iya, kenbetulan sekali motor tersebut menggunakan shock belakang model racing. Yang mereknya da SS nya. Pasti tahu kan ?? Nah, disini saya sedikit lega. Mungkin ini penyebabnya. Saya pun mengganti karet shock belakang, dan saya pasang ulang. Lalu saya mencoba kemabli motor tersebut. Hasilnya ??? Motor tetap goyang !! Sama sekali tidak ada perubahan.

Lagi –lagi saya berdiskusi dengan teman kerja. Kita pun sempat heran dengan kasus ini. Karena semua komponen terlihat masih baik. Saya pun berinisiatif untuk mengganti shhock belakang dengan shock belakang motor teman saya. Kebetulan teman saya menggunakan motor Honda Beat. Saya copot dan saya tuker di motor yang bermasalah tersebut. Saya test drive lagi, dan hasilnya sangat memuaskan. Motor goyang !!! Ha ha ha ha.

Saya mulai panik, tapi saya tidak menyerah. Satu teman lain datang, langsung bilang bannya itu. Ah mana mungkin, batin saya waktu itu. Batiknya saja masih utuh, mana mungkin bannya yang bermasalah. Tapi yang namanya saran, tetap saya jalankan. Saya coba untuk melihat piutaran ban menggunakn sebuah obeng kecil. Dan benar saja, ada salah satu bagian yang tidak lurus, garisnya sih lurus tapi bagian bannya yang gak lurus.

Tanpa pikir panjaang, saya lepas roda motor Beat teman saya dan saya pasang di motor yang bermasalah tersebut. Test drive lagi, dan kali ini hasilnya 100% motor sembuh total, tidak goyang sama sekali. Ternyata masalahnya ada pada bagian ban be;akang. Yang bikin heran adalah ban masih kelihatan bagus tapi kenapa bisa oleng ? Dari kasus tersebut, sampai sekarang saya akan langsung tahu penyebab motor Beat oelng saat jalan pelan.

Masalah utamanya adalah dari ban. Jika motor kamu mengalami masalah yang sama. Coba ganti ban belakang dengan yang baru. Atau bisa mencoba mengganti ban milik teman dahulu jika dirasa kamu tidak yakin dengan pergantian ban. Karena mungkin ban masih terlihat bagus dan layak untuk dipakai. Itulah cerita saya dan tips jika motor beat oleng saat jalan pelan.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *