Beranda Tips & Trik Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

mobil bergetar saat rpm rendah

Mobil Bergetar Saat RPM Rendah – Mengendarai mobil dalam keadaan yang baik tentu akan membuat berkendara menjadi nyaman. Dan perlu diketahui juga jika salah satu faktor keselamatan dalam berkendara adalah kenyamanan saat berkendara.

Jika dirasa mobil dalam keadaan kurang baik seperti mobil bergetar saat RPM rendah, sebaiknya segera diperbaiki. Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan apa sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengatasi mobil bergetar saat RPM rendah.

Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Melalui artikel ini saya akan menjelaskan apa saja penyebab mobil bergetar saat putaran bawah dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Penyebab pertama adalah…

1. Engine Mounting Mobil Sudah Rusak

mobil bergetar saat rpm bawah

Secara default, mobil itu sudah menghasilkan getaran akibat getaran dari mesin. Namun, getarannya tidak sampai terasa. Nah, getaran dari mesin itu diredam oleh engine mounting. Jika engine mounting sudah tidak berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan mobil bergetar saat rpm bawah.

Jadi, apa fungsi engine mounting?

Engine mounting adalah komponen yang bertugas sebagai dudukan mesin pada chasis atau rangka, pada umumnya komponen ini terbuat dari bahan yang memiliki elastisitas seperti karet.

Fungsi engine mounting berguna untuk menyerap / mereduksi getaran yang dihasilkan oleh mesin agar tidak merambat 100% hinga ke rangka mobil, jadi secara sederhana fungsinya adalah mengurangi getaran mesin ke rangka agar ketika mesin bergetar(terutama saat berakselarasi dan deselarasi) bodi mobil tetap anteng, tidak terpengaruh oleh getaran mesin sehingga penumpang tetap merasa nyaman.

2. Drive Shaft / As Roda Bermasalah

Penyebab kedua mobil bergetar saat RPM bawah adalah as roda / drive shaft mengalami masalah.

Masalah yang terjadi pada as roda yang menyebabkan mobil bergetar saat rpm bawah diantaranya:

  • As roda rusak / aus
  • Bearing kering
  • Bearing aus
  • As roda tidak seimbang (unbalance)

Pengertian dan fungsi as roda pada mobil

Menurut laman Wikipedia, berikut ini merupakan pengertian dan fungsi dari as roda.

As atau poros adalah pusat atau sumbu dari suatu lingkaran atau roda kendaraan bermotor ataupun tidak bermotor. Pada roda mobil, as dilengkapi dengan bantalan agar putarannya menjadi licin serta perangkat untuk meredam kejutan yang dikenal sebagai shock absorber atau suspensi.

Pada kendaraan bermotor, as mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Menjalankan kendaraan, di mana as roda dihubungkan dengan mesin penggerak kendaraan,
  • Pengereman kendaraan, di mana gerak roda kendaraan dihentikan oleh perangkat rem yang dihubungkan dengan mekanisme as roda,
  • Mengendalikan arah jalannya kendaraan melalui setir dan sistem kemudi kendaraan.

3. Propeller Shaft Bengkok

mobil bergetar saat rpm rendah

Jika kamu melihat pada bagian kolong mobil terdapat komponen berbentuk pipa yang memanjang dari transmisi ke gardan belakang, khususnya untuk mobil RWD (Rear Wheel Drive). Maka komponen itulah yang disebut dengan poros propeller.

Fungsi propeller shaft

Fungsi dari propeller shaft adalah untuk menghubungkan putaran mesin (yang lokasinya didepan) dengan roda penggerak (yang lokasinya dibelakang).

Mobil yang sering digunakan akan membuat poros propeller shaft mulai tidak balance. Kerusakan pada propeller shaft ini akan menimbulkan getaran pada mobil saat rpm rendah (bawah) maupun rpm tinggi (atas).

Untuk mengecek kondisi poros propeller, kita harus menggunakan alat dial gauge untuk mengetahui apakah poros ini bengkok atau tidak. Jadi, kalau getarannya terasa saat mobil dijalankan dan lebih terasa dari bagian bawah mobil, ada baiknya hubungi bengkel resmi.

4. Kopling Bermasalah

Umumnya, kerusakan pada kopling yang aus (bermasalah) akan membuat mobil terasa getas saat kita akan melepas pedal kopling. Dan getarannya biasanya tidak sampai atau jarang sekali terjadi saat putaran tinggi. Getaran ini biasanya timbul akibat permukaan antara kampas kopling, Clutch Cover, ataupun Flywheel sudah tidak rata dan mengalami kebengkokan yang cukup parah.

Baca Juga: Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

Fungsi kopling pada mobil

Secara umum kopling merupakan komponen yang digunakan untuk menyambungkan kedua poros yang ada di dalam perangkat mobil yaitu poros pemindah daya dan poros penggerak, atau dari putaran mesin yang menuju ke transmisi.

Baca Juga: Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras Saat Ditekan

Kerusakan pada bagian kopling akan membuat permasalahan pada mobil, sehingga ketika pedal kopling diangkat perlahan dan mobil mulai berjalan, kebengkokan yang terjadi itu akan saling bersinggungan dengan tempo yang cepat dan menimbulkan getaran-getaran di seluruh bodi mobil.

5. Mesin Mobil Mengalami Masalah

Meskipun mobil sudah terdapat engine mounting yang berfungsi untuk meredam getaran dari mesin. Akan tetapi jika mesin mobil tidak balance akan membuat mobil terasa bergetar.

Kejadian tidak balance pada mesin mobil biasanya diakibatkan timing pengapian dan setingan bahan bakar yang kurang tepat.

Akibat setingan yang kurang tepat akan membuat mobik terasa nyendat, pincang atau bahkan bergetar.

6. Ban dan Velg Bergelombang

mobil bergetar saat rpm rendah

Ban dan velg yang bergelombang bisa menjadi salah satu penyebab mobil bergetar. Getaran yang dirasakan jika ban dan velg bergelombang bukan hanya pada rpm rendah tapi juga terasa saat rpm tinggi.

Lakukan pengecekan ban apakah ada benjolan pada ban atau ban sudah aus.

Untuk bagian velg, sebaiknya lakukan spooring balancing dengan interval setidaknya 20 ribu KM sekali.

Baca Juga: Penyebab Setir Mobil Berat + Cara Mengatasinya

7. Salah Satu Injektor Rusak / Mampet

Pada mobil keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi injeksi dan menanggalkan karburator. Nah, pada teknologi injeksi ini terdapat komponen bernama injektor. Apa fungsi injektor?

Fungsi injektor pada mobil berteknologi injeksi

Fungsi dari injektor adalah untuk menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold. Sehingga bahan bakar bisa langsung masuk ke area mesin (ruang bakar).

Salah satu injektor biasanya akan tersumbat oleh kotoran, sehingga membuat mobil terasa pincang dan bergetar. Untuk olusinya adalah ervis rutin. Karena di bengkel ada fasilitas fuel injector cleaning and inspection. Pekerjaan ini akan membersihkan semua sumbatan pada jalur fuel injection. Tapi kalau injektor sudah tersumbat cukup parah, maka harus ganti.

Penutup

Itulah beberapa kerusakan atau penyebab jika mobil bergetar saat rpm rendah. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan. Artikel ini hanyalah referensi bagi pemilik mobil karena yang melakukan perbaikan tetaplah bengkel resmi. Semoga bermanfaat ya bro..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here