Mikrometer Sekrup: Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan dan Cara Membaca

Apa itu Mikrometer Sekrup?

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur panjang yang ketelitian dalam pengukurannya amat teliti, ketelitian alat ukur ini bisa mencapai 0,01 milimeter. Dalam ilmu fisika, biasanya alat ini digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan serta diameter luar suatu benda. Alat ini terdiri dari rahang utama yang berperan sebagai skala utama dan rahang putar berperan sebagai skala nonius.

Skala utama pada alat ini terbagi ke dalam satuan milimeter dan pada setiap 5 milimeter di berikan angka. Jika selubung pengukur alat ini diputar sebanyak 1 kali putaran penuh maka bagian rahangnya akan bergeser entah itu maju maupun bergeser mundur tergantung ada pemutarannya sebesar 0,5 milimeter dan apabila di putar sebanyak dua kali putaran penuh maka bagian rahangnya akan bergeser 1 milimeter.

Selubung pengukur maupun kala nonius pada alat ini terbagi menjadi 50 bagian, pada setiap 5 bagiannya tersebut di beri angka sehingga satu skala selubung pengukur mempunyai panjang 1/50 X 0,5 milimeter = 0,01 milimeter.

Fungsi Mikrometer Sekrup

cara membaca mikrometer sekrup

Fungsi mikrometer sekrup adalah untuk mengukur ketebalan, panjang dan mengukur diameter suatu benda yang bentuknya sangat kecil semisal mengukur diameter kabel, kawat, lebar kertas dan benda kecil lainnya yang tak bisa diukur oleh alat lain.

Jenis Mikrometer Sekrup

Terdapat 3 jenis umum pengelompokan mikrometer, yaitu:

  1. Mikrometer Luar
  2. Mikrometer Dalam
  3. Mikrometer Kedalaman

#1. Mikrometer Luar

Mikrometer luar dipakai untuk mengukur benda semisal kawat, blok-blok dan batang-batangan.

#2. Mikrometer Dalam

Mikrometer dalam dipakai untuk mengukur garis bagian tengah lubang suatu benda.

#3. Mikrometer Kedalaman

Mikrometer kedalaman dipakai untuk mengukur suatu kerendahan dari slot-slot.

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup

cara menghitung mikrometer sekrup
Bagian bagian mikrometer sekrup

Secara standar, mikrometer sekrup terdiri dari tujuh bagian penting, yaitu:

  • Spindle atau poros gerak adalah sebuah silinder yang bisa digerakan menuju anvil.
  • Anvil atau poros tetap adalah bagiam mikrometer yang berfungsi sebagai penahan saat sebuah benda akan diukur dan ditempatkan diantara anvil dengan spindle.
  • Sleeve adalah tempat terletaknya skala utama (satuan milimeter).
  • Thimble merupakan tempat skala nonius atau skala putar berada.
  • Frame atau bingkai adalah bagian dari Mikrometer yang mempunyai bentuk menyerupai huruf C atau U yang umumnya dibuat dari bahan logam tahan panas serta didesain agak tebal dan kuat. Tujuannya adalah untuk meminimalkan terjadinya peregangan yang bisa mengganggu proses pengukuran. Frame juga dilapisi dengan lapisan plastik yang berguna meminimalkan terjadinya transfer panas dari tangan manusia terhadap baja saat proses pengukuran.
  • Pengunci atau lock adalah bagian yang berfungsi untuk menahan spindle atau poros gerak agar tidak bergerak saat proses pengukuran benda.
  • Ratchet Knob adalah bagian mikrometer sekrup yang digunakan untuk memutar Spindle (poros gerak) saat ujung dari Spindle telah dekat dengan benda yang akan di ukur dan kemudian untuk mengencangkan Spindle sampai terdengar suara bunyi. Untuk bisa dipastikan jika ujung Spindle telah menempel sempurna dengan benda yang diukur maka Ratchet diputar sebanyak 2-3 putaran.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Ada 5 langkah dalam memakai mikrometer sekrup ialah:

  • Pastikan pengunci dalam keadaan terbuka.
  • Lakukan pengecekan sewaktu apakah poros tetap dan poros geser bertemu skala dan skala noise apakah menunjukkan angka nol.
  • Buka rahangnya dengan cara menggerakkan bagian pemutarnya ke arah kiri sampaia benda yang akan diukur bisa masuk ke dalam rahang mikrometer tersebut.
  • Setelah itu letakkan benda di antara poros tetap dan poros geser, selanjutnya tutup kembali rahang hingga benda yang diukur terjepit.
  • Putarlah pengunci supaya pemutar tidak bisa bergerak, hingga mengeluarkan suara “klik”. Apabila langkah tersebut benar dilakukan, maka ukuran suatu benda dapat diketahui.

Baca Juga: Cara Menggunakan Hydrometer + Video Peragaan

Cara Membaca dan Menghitung Mikrometer Sekrup

Dalam panduan ini, saya akan mencontohkan tiga hasil pengukuran.

Contoh 1

cara membaca mikrometer sekrup
Gambar contoh 1 cara membaca mikrometer sekrup

Pada gambar diatas, kamu akan melihat bahwa skala utama menunjukan angka 7 mm. Darimana asal angka 7 ini?

Coba perhatikan pada gambar. Pada skala utama terdapat angka dan dua garis setelah angka. Hal ini menunjukkan pengukuran 7 mm.

Langkah kedua, kita menentukan angka desimal. Caranya dengan melihat garis pada skala nonius yang lurus dengan garis skala utama. Pada gambar diatas, kamu bisa melihatnya ada 3 garis setelah angka 15. Itu artinya angka desimal ini menunjukan nilai 0,18 mm.

Hasil pengukuran itu diperoleh dengan menambahkan nilai pada skala utama dan skala nonius, sehingga 7 + 0,18 = 7,18 mm. hasil pengukuran pada contoh diatas adalah 7,18 mm.

Contoh 2

cara mengukur menggunakan mikrometer sekrup
Gambar contoh 2 cara membaca mikrometer sekrup

Pada contoh kedua, sekilas terlihat sama namun kalau kamu jeli maka ada yang berbeda pada skala utama. Skala utama menunjukan dua garis setelah angka 0 tapi ada garis dibawah skala utama yang muncul. Ini artinya hasil pengukuran telah melewati setengah dari nilai skala utama yang ditunjukan. Ini berarti hasil pengukuran akan ditambah 0,50 mm sehingga nilai awal 2,0 + 0,50 = 2,50 mm.

Sementara untuk skala nonius, sama caranya seperti contoh pertama. Hasilnya 0,18 mm. hasil pengukuran akhir akan diperoleh 2,50 + 0,18 = 2,68 mm.

Contoh 3

Cara membaca mikrometer sekrup
Gambar contoh 3 cara membaca mikrometer sekrup

Pada contoh ketiga ini, kamu pastinya sudah tahu hasilnya kalau sudah bisa memahami contoh pertama dan kedua. Pada contoh ketiga ini, skala utama menunjukan nilai 22 mm dan skala nonius menunjukan nilai 0,20 mm. sehingga hasil pengukuran akhir memiliki nilai 22,20 mm.

Itulah sedikit penjelasan tentang mikrometer sekrup. Mulai dari pengertian mikrometer sekrup, fungsi mikrometer sekrup, jenis mikrometer sekrup, cara menggunakan mikrometer sekrup dan cara membaca mikrometer sekrup.

Leave a Comment

Rekomendasi Kami