mesin motor mati saat di gas

Mesin Motor Mati Saat Di Gas : 8 Penyebab

 

Masbengkel.com – Beberapa hari yang lalu selepas pulang kerja, motor yang saya kendarai tiba – tiba mengalami di tengah perjalanan. Mesin motor mati saat di gas, namun mesin tetap bisa hidp normal ketika dalam keadaan tidak di gas ( stansioner ). Awalanya mengira jika motor yang saya kendarai kehabisan bensin. Namun setelah saya cek ternyata bensin masih penuh. Mau gak mau saya memanggil bantuan untuk mendorong motor sampai kerumah.

Sesampainnya di ruah saya sempatkan untuk mengecek motor dengan membongkar bagian karburator. Benar saja, ternyata di dalam karburator motor saya terdapat potongan plastik yang menyumbat bagian spuyer karburator. Entah berasal dari mana potongan plastik ini sehingga masuk ke dalam karburator. Sekalian membersihkan karburator dengan membongkar seluruh komponen karburator. Setelah saya pasang kembali karburator, mesin motor saya kembai normal.

Penyebab Mesin Motor Mati Saat di Gas

 

mesin motor mati saat di gas

Jika motor kalian mengalami hal yang sama dengan mesin motor saya. Kejadian mesin motor mati saat di gas, Selain di sebabkan oleh kotoran yang masuk ke dalam karburator seperti cerita saya diatas. Ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan motor mogok saat di gas seperti habis bahan bakar, karburator kemasukan air, busi melemah dan lain sebagainya. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak penyebab mesin motor mati saat di gas berikut ini.

1. Karburator Kotor

Penyebab yang pertama ini seperti yang say alami. Tentu saja selain karena plastik yang masuk ke karburator, banyak kotoran lain yang bisa saja masuk ke area karburator. Seperti kotoran pada motor atau bisa saja debu yang menumpuk di area spuyer karburator sehingga karburator seperti tersumbat. Untuk mengatasi hal ini, hal yang wajib kamu lakukan adalah membongkar karburator. Gunakan karburator cleaner agar karburator benar – benar bisa bersih.

2. Karburator Kemasukan Air

Penyebab mesin motor mati saat di gas selanjutnya masih berkaitan dengan karburator yaitu karburator kemasukan air. Hal ini biasa terjadi ketika musim hujan. Namun ada beberapa kasus juga di akibatkan motor yang selesai di mandikan. Air yang masuk ke karburator akan menyebabkan penngkabutan di dalam karburator menjadi tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, solusinya maasih dengan masalah yang pertama yaitu service karburator.

3. Kehabisan Bahan Bakar

Dua masalah diatas efeknya sebenarnya sama yakni seperti kehabisan bahan bakar. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengecek ulang bahan bakar di dalm tangki moto kamu. Karena perlu kalian ketahui jika motor yang kehabisan bahan bakar selain motor tidak bisa di stater. Juga bisa menimbulkan efek mesin motor mati saat di gas. Jadi pastikan untuk tidak kehabisan bahan bakar ya.

4. Tangki Motor Tersumbat

Tersumbatnya tangki bahan bakar pada motor disebabkan karena tidak adanya sirkulasi udara atau sirkulasi udara di tangki tersumbat. Perlu diketahui jika tangki motor juga terdapat sirkulasi udara. Sirkulasi udara pada tangki terdapat pada tutup tangki. Jika kamu perhatika dengan seksama akan akan terdapat lubang kecil di tutup tangki motor kamu. Jika lubang tersebut tersumbat maka sirkulasi udara di tangki motor akan tersumbat.

Selain itu ada beberapa kasus tersumbatnya tangki motor di akibatkan kesalahan dalam memasang karet tutup tangki. Biasanya para pemilik motor mengakali kerusakan pada karet tutup tangki dengan mengganti karet tangki dengan karet ban atau dengan plastik. Ukuran yang tidak pas akan menyumbat sirkulasi udara tersumbat karena menutupi lubang pada tutup tangki.

5. Injektor Bermasalah (Motor Injeksi)

Pada motor injeksi terdapat komponen bernama injektor. Jika komponen ini mengalami masalah maka motor mati bila di gas. Hal ini dikarenakan injektor merupakan komponen yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jika injektor melemah atau bermasalah maka bahan bakar yang disuplai ke ruang pembakaran tidak akan sempurna.

Untuk mengatasi hal ini agar motor menjadi normal kembali, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan injektor menggunakan pembersih khusus. Semprotkan pembersih melalui lubang filter udara dengan keadaan motor dinyalakan. Coba untuk menarik tuas gas dengan perlahan, jika masalah masih belum teratasi. Coba lepas injektor lalu semprot menggunakan pembersih pada lubang in injektor. Jika masalah belum bisa teratasi, satu – satunya jalan adalah mengganti injektor.

6. Fuel Pump Melemah (Motor Injeksi)

Fuel pump merupakan komponen yang bertugas untuk mengalirkan / memompa bahan bakar dari tangki motor ke injektor. Jika motor kamu mati saat di gas, ada kemungkinan bahwa fuel pump motor kamu sedang mengalami gangguan. Kerja berat berar fuel pump menjadikan komponen yang rawan untuk mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengganti fuel pump agar motor kembali normal.

7. Karet Vakum Sobek / Rusak (Motor Vakum)

Terdapat dua jenis pada karburator yakni karburator konvesional (skep) atau karburator vakum. Perbedaan keduanya ada pada jenis skep yang digunakan. Jika pada karburator konvesional skep terangkar akibat gerakan tuas gas melalui perantara kabel sedangkan pada karburator vakum, skep terbuka karena adanya tarikan angin / kompresi.

Nah, jika karet vakum motor kamu rusak bisa berakibat motor mati saat di gas. Kerusakan pada karet vakum biasanya terjadi karena faktor usia pemakaian dan kesalahan saat membersihkan karburator. Saat membersihkan karburator, karet vakum tidak boleh mengenai bensin karena sifat karet yang molor jika terkena. Hal inilah yang sering menjadi penyebab sobeknya karet vakum. Untuk mengatasi hal ini, kamu haris mengganti karet vakum. Pada beberapa motor, karet vakum dijual 1 set dengan skep.

8. Busi Minta Ganti

Selaim dikarenakan faktor bahan bakar, motor mati saat di gas juga bisa terjadi karena busi yang sudah mulai melemah. Busi yang melemah akan membuat pembakaran menjadi kurang maksimal dan menyebabkan mesin motor tidak normal. Kerusakan pada busi biasanya terjadi karena faktor usia pemakaian. Sebaiknya ganti busi sesuai anjuran dari pembuat busi. ( Baca : Waktu Pergantian Busi yang Tepat dan Cermat )

Kesimpulan

Dari semua masalah diatas, bisa disimpulkan bahwa salah satu penyebab utama mesin motor mati saat di gas adalah karena bahan bakar yang tidak bekerja dengan maksimal. Mengingat pentingnya campuran udara dan bahan bakar yang masuk ruang pembakaran, maka sedikit saja terjadi masalah akan menyebabkan kerusakan pada motor. Untuk itu, saya tekankan sekali lagi bahwa pentingnya servis rutin tiap bulan untuk menghindari kerusakan pada motor.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *