Home / Materi Otomotif / Cara Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin yang Bikin Rem Cakram Blog
rem cakram masuk angin
penyebab dan cara mengatasi rem cakram masuk angin

Cara Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin yang Bikin Rem Cakram Blog

Brosist, kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Masuk Angin, kan ? Ternyata, usut punya usut, masuk angin tidak hanya terjadi pada tubuh manusia saja, ya meskipun dari beberapa dokter mengatakan bahwa penyakit masuk angin itu tidak ada, toh kenyataan jika badan tidak enak dan dikerokin bakalan lebih enteng. Ternyata masuk angin juga bisa menjangkiti sepeda motor juga, yakni dibagian rem cakramnya. Apalagi jika rem cakram masuk angin, bakal menyebabkan rem cakram menjadi blong.

Selain karena minyak rem yang habis, seal master rem yang sudah rusak, serta kampas rem yang sudah habis, kasus ngeblong pada rem cakram juga bisa diakibatkan masuk angin. Tapi, cara mengatasi masuk anginnya rem cakram bukan dikerokin ya brosist, melainkan diperlukan beberapa langkah yang akan saya bagikan dibawah ini.

Pengertian Rem Cakram Masuk Angin

Sebenarnya, istilah masuk angin pada rem cakram dikarenakan didalam aliran minyak rem terdapat udara yang terjebak didalamnya sehingga menghambat aliran dari minyak rem itu sendiri.

Jika dibiarkan, maka rem akan mengalami blong atau rem cakram tidak berfungsi. Biasanya hal ini disebabkan karena pergantian minyak rem yang kurang tepat. Bisa juga sebelumnya sempat kehabisan minyak rem.

Cara Mengatasi Rem cakram Masuk Angin

Lakukan langkah – langkah berikut dengan hati – hati, jangan sampai minyak rem mengenai bagian bodi motor yang terbuat dari plastik. Jika minyak rem mengenai bodi motor yang terbuat dari plastik, segera siram menggunakan air, karena jika tidak disiram air, maka bodi motor akan menjadi belang putih.

Alat dan bahan :

  • Kunci ring 8
  • Selang
  • Minyak rem
  • Wadah untuk tempat minyak rem

Langkah – langkahnya :

  • Tekan tuas rem dengan cara mengocoknya berulang-ulang hingga terasa ada tekanannya. Tahan posisi tuas tersebut dan jangan dilepaskan.
  • Kendurkan cengkeraman baut nipel dengan cara membukanya sebenar kemudian mengencangkannya lagi. Pada dikala baut nipel terbuka, maka oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.
  • Perhatikan bila fatwa oli rem tersebut pelan dan sedikit berarti masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan bila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.
  • Jadi kendurkan dan kencangkan baut nipel secara berulang-ulang hingga diperoleh hasil oli rem mengalir kuat. Namun ingat, selama proses ini dilakukan, Anda harus mengisi oli rem ke tabung raservoir master rem semoga volume oli di dalamnya tidak hingga habis. Apabila cadangan oli rem habis, maka udaranya sanggup masuk kembali.

KESIMPULAN

Jika setelah melakukan hal diatas tapi rem cakram masih blong, ada kemungkinan seal master mengalami kebocoran. Solusinya adalah mengganti seal master rem dengan yang baru, dan ulangi langkh – langkah diatas. Selain itu, kerusakan pada seal master rem juga bisa berakibat rem cakram kadang blong kadang tidak.

Demikian artikel cara mengatasi rem cakram masuk angin, semoga bermanfaat ya brosist.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

akibat oli mesin habis pada motor

Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor, Turun Mesin!

MasBengkel.com – Tahu gak, apa fungsi pelumasan (oli) pada motor? Jika belum tahu, baca ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *