Beranda Materi Otomotif Cara Membuat Kunci Rahasia Pada Sepeda Motor

Cara Membuat Kunci Rahasia Pada Sepeda Motor

cara membuat kunci rahasia pada sepeda motor
Cara Membuat Kunci Rahasia Pada Sepeda Motor

Cara Membuat Kunci Rahasia Sepeda Motor – Aksi pencurian sepeda motor alias curanmor sudah makin marak guys. Pabrikan yang sudah berusaha semaksimal mungkin agar motor aman dari aksi pencurian tetap saja masih menjadi korban dari aksi para bandit motor tersebut.

Saat tulisan ini dibuat, data dari portal berita sindonews.com membuktikan bahwa kasus narkoba dan curanmor mengisi daftar teratas kasus kriminal yang terjadi di Indonesia.

Sebagai pemilik motor, tentu akan menjadi was – was dengan data tersebut. Mungkin memasang atau membuat kunci rahasia pada sepeda motor menjadi solusi.

Mengamankan kendaraan dengan Memasang Kunci Rahasia bukan berarti motor aman dari tindakan pencurian. Namun paling tidak, dengan Membuat Kunci Rahasia Anti Maling Pada Motor sedikit memperlambat aksi pencurian.

Bagi kamu yang tertarik Bagaimana Cara Membuat Pengaman Motor sendiri, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

Cara Membuat Kunci Rahasia Sepeda Motor

Terdapat beberapa Cara Untuk Memasang Kunci Rahasia pada Motor. Tapi intinya sama, yakni memutus arus listrik yang nantinya akan di sambungkan dengan sebuah saklar yang berfungsi untuk menyambungkan arus listrik jika motor akan di pakai.

Pemasangan Kunci Rahasia ini berlaku untuk semua tipe kendaraan, Entah itu Matic, Sport atau Bebek.

Bahan – bahan yang harus kamu persiapkan antara lain :

Alat dan Bahan Membuat Kunci Rahasia Sepeda Motor

  • Saklar on – off
  • Isolasi
  • Kabel (ukuran menyesuaikan letak saklar)

Sebagai gambaran, skema saat membuat Kunci Rahasia Pada Motor adalah seperti gambar di bawah ini.

Rangkaian kabel membuat kunci rahasi pada sepeda motor

Langkah – Langkah Membuat Kunci Rahasia Pada Motor

Setelah bahan sudah kamu siapkan dan gambaran skema sudah kamu pahami, sekarang waktunya mengeksekusi dengan mengikuti beberapa langkah Membuat Kunci Rahasia sepeda Motor berikut ini :

1. Dari Pulser

Yang pertama dan yang paling saya rekomendasikan adalah Membuat Pengaman Motor dengan memutus arus dari Pulser. Alasannya adalah pulser memiliki tegangan yang relatif kecil, sehingga saklar tidak akan mudah meleleh akibat terkena arus listrik yang besar.

Caranya adalah dengan memutus kabel dari pulser, lalu kabel yang putus tersebut di sambungkan ke saklar. Gambarannya adalah, arus listrik dari pulser akan melewati saklar, jika saklar posisi off, maka yang terjadi adalah arus pulser tidak akan sampai ke CDI. Sehingga motor tidak akan bisa di hidupkan.

2. Dari CDI

Cara kedua ini bisa di bilang lebih mudah. Pemutusan arus listrik dari CDI ini bisa kamu lakukan untuk membuat pengaman anti maling pada motor. Dengan cara memutus arus massa CDI. Pengambilan arus massa di tujukan agar saklar tidak mudah meleleh arus listrik dari CDI.

Untuk penerapannya sama dengan cara pertama. Putus kabel massa CDI, lalu lewatkan dua kabel tersebut ke saklar. Sehingga ketika saklar off, maka CDI tidak akan mendapatkan massa. Sehingga CDI tidak akan mengeluarkan arus listrik. Baca : Cara kerja pengapian cdi

3. Dari Coil

Sebaiknya jangan memasang Kunci rahasia motor dengan memutus arus dari input Coil. Karena tegangan tinggi yang di hasilkan dari CDI menuju Coil akan membuat saklar mudah meleleh.

Dari ketiga cara diatas, prinsipnya sama, yakni arus listrik akan di lewatkan ke saklar dengan tujuan agar listrik bisa di on kan dan di off kan…

Letakkan saklar di posisi yang tidak bisa di jangkau, misal di dalam bagasi. Dengan begitu, orang tidak bisa memencet tombol saklar dengan mudah.

Demikian artikel singkat dari saya tentang Bagaimana Membuat Kunci Rahasia Anti Maling Pada sepeda Motor. Semoga bermanfaat Broooo..!!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here