Memahami Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak – Mungkin kamu pernah mendengar istilah mesin 2 tak dan mesin 4 tak sebelumnya. Namun apakah kamu pernah mengetahui perbedaan cara kerjanya ?

Artikel kali ini terinspirasi dari pertanyaan salah satu saudara saya yang masih duduk dibangku sekolah menengah kejururan (SMK). Dia mengatakan kepada saya, tentang jelaskan perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Maka artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut. Kamu tidak perlu lagi bertanya sama brainly, heehehehe.

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Sepanjang sejarah desain otomotif, telah ada dua jenis utama mesin pembakaran bertenaga bensin, mesin 2 siklus (2-tak) dan 4 siklus (4-tak). Seperti yang mungkin sudah kamu duga, nama masing-masing mesin menunjukkan dengan tepat bagaimana mereka beroperasi.

Perbedaan Pada Langkah Piston

Untuk mesin menyelesaikan pembakaran, perlu ada pembakaran campuran gas-udara dan pembuangan melalui knalpot. Cara proses ini diulang bervariasi antara tipe-tipe mesin ini.

Langkah mesin 2 Tak

Mesin 2 tak menyelesaikan siklus pembakaran dan buang hanya dalam 2 langkah piston, dengan 4 tak mengambil 4 langkah piston. Baca selengkapnya : Cara kerja mesin 2 Tak

Langkah mesin 4 Tak

Untuk mesin 4 tak, ada langkah tenaga (piston turun) yang disebabkan oleh pembakaran campuran bahan bakar. Lalu ada langkah buang (piston atas) yang mendorong gas buang keluar dari mesin.

Dua langkah berikut termasuk intake (piston turun) untuk menarik bahan bakar dan langkah kompresi (piston atas) untuk memulai proses dari awal lagi. Baca selengkapnya : Cara Kerja Mesin 4 Tak Disertai Gambar Animasi

Kesimpulan perbedaan langkah mesin 2 tak dan 4 tak

Meneliti proses ini lebih dekat menghasilkan pengamatan bahwa seluruh siklus didukung oleh langkah pembakaran awal.

Ini berarti bahwa pembakaran campuran bahan bakar perlu memberikan daya yang cukup ke piston untuk memungkinkannya memutar poros engkol dua kali. 

Mesin 2 tak memiliki mekanika yang jauh lebih sederhana, karena pada dasarnya menggabungkan proses yang berbeda dari mesin 4 tak.

Ada power stroke yang juga melepaskan knalpot setelah perjalanan dalam jumlah tertentu, kemudian stroke intake dan kompresi yang menarik bahan bakar baru dan menyelesaikan pembakaran.

Ini adalah mekanisme dasar dari setiap jenis mesin, tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang signifikan, yang pada akhirnya menyebabkan penggunaan yang lebih luas dari mesin 4 tak.

Perbedaan Pada Tingkat Efisiensi

Setiap mesin, memiliki tingkat efisiensi pembakaran yang berbeda. Lalu, siapa lebih efisien? Mesin 2 tak atau mesin 4 tak?

Efisiensi mesin 4 Tak

Melihat efisiensi pertama, mesin 4 tak mencapai efisiensi besar karena hampir tidak ada bahan bakar yang terbuang dalam siklus intake, yaitu bahan bakar ditarik ke dalam sistem tertutup.

Efisiensi mesin 2 Tak

Dalam 2 langkah, karena bahan bakar ditarik selama intake dan langkah kompresi, mekanisme yang diperlukan untuk hal ini juga berarti bahwa beberapa bahan bakar dapat keluar saat ditarik ke dalam silinder, sehingga mengurangi efisiensi.

Mesin 2 tak modern menggunakan injeksi bahan bakar yang meningkatkan efisiensinya ke level mendekati 4 tak, tetapi secara umum, 4 tak dapat jauh lebih efisien. 

Kesimpulan efisiensi mesin 2 tak dan 4 Tak

Efisiensi bukanlah segalanya. 4 tak tentu lebih efisien, tetapi mereka juga berbobot lebih dari 50% lebih dari mesin 2 tak yang sebanding.

Bobot ini disebabkan oleh lebih banyak kerumitan dalam mekanisme motor, yang juga menyebabkan bagian yang bergerak lebih signifikan dalam 4 siklus.

Dalam hal kesederhanaan dan kemudahan untuk memperbaiki, 2 tak adalah pemenangnya.

Perbedaan Dari Sistem Pelumasan dan Bahan Bakar

Perbedaan utama terakhir antara berbagai jenis mesin ini adalah bagaimana oli ditambahkan ke mesin.

Pelumasan dan bahan bakar mesin 2 Tak

Dalam mesin dua langkah, oli biasanya dicampur dengan bahan bakar, biasanya di suatu tempat dalam kisaran 50: 1 hingga 20: 1.

Ini membuat aplikasi oli cukup dapat diandalkan, tetapi juga berarti peningkatan biaya bahan bakar dan modifikasi bahan bakar. Baca selengkapnya : Cara Kerja Sistem Pelumasan Motor 2 Tak

Pelumasan dan bahan bakar mesin 4 Tak

Mesin empat siklus menggunakan bensin normal, seperti mobil kamu (yang juga merupakan mesin 4 langkah), dan oli disuntikkan dari reservoir terpisah.

Ini memudahkan beban pengisian bahan bakar mesin, tetapi tentu saja, selalu ada kemungkinan bahwa pompa bahan bakar akan rusak. Baca selengkapnya : Cara Kerja Sistem Pelumasan Mesin 4 Tak

Kesimpulan Dari Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Semua hal dipertimbangkan, bahkan dengan kelemahan dari 4 tak, mesin empat siklus mempertahankan efisiensi lebih tinggi dari 2 tak dan dapat menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar daripada 2 tak yang sebanding.

Ada mobil yang dibuat dengan mesin 2 tak, tetapi kebanyakan mati pada awal 1980-an karena kendala efisiensi. Pun demikian dengan motor, sudah tidak lagi diproduksi juga dengan alasan yang sama.

Mesin 2 tak modern masih diproduksi untuk perahu kecil dan peralatan berkebun. Baca juga : Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak dan 2 Tak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *