Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Netral Tidak Menyala
Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Netral Tidak Menyala

Antara butuh dan tidak butuh… yahhh… itulah jawaban ketika ada pertanyaan seberapa butuh lampu indikator netral ketika kalian berkendara. Kalau dibilang gak butuh, nyatanya banyak yang pelanggan saya yang menyuruh untuk memperbaiki lampu indikator netral yang mati dan beberapa teman juga bertanya apa penyebab lampu indikator netral tidak menyala.

Namun jika dibilang butuh, nyatanya banyak motor (terutama motor custom) yang tidak menggunakan indikator netral. Namun, saya pribadi lebih suka jika motor terdapat indikator netral, karena sedikit banyak lampu indikator netral sangat membantu ketika kita berkendara.

Jika brosist merupakan pengendara yang membutuhkan lampu netral dan kedapatan lampu indikator netralnya mati, begini lho cara memperbaikinya. Namun, sebelumnya brosist harus tahu dulu apa sebenarnya penyebab lampu indikator netral tidak menyala.

Penyebab Lampu Indikator Netral Tidak Menyala

Sebelum mengetahui penyebab lampu indikator netral tidak menyala, pastika dulu bahwa motor brosist adalah motor dengan sistem kopling manual atau semi otomatis. Karena pada motor sistem kopling otomatis atau motor matik, tidak terdapat lampu indikator netral. Berikut penyebab – penyebabnya :

Bohlam lampu indikator putus / gosong

Penyebab pertama lampu indikator netral tidak berfungsi biasanya dikarenakan lampu / bohlam putus dan gosong. Cek bagian bohlam, letaknya ada dibalik lampu indikator netral. Jika gosong atau putus, segera ganti yang baru. Baca Tips Agar Lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus dan Gosong

Sekring putus

Lampu indikator netral merupakan lampu yang mengandalkan arus listrik dari aki. Jika saat kunci kontak ON, lampu indikator netral tidak menyala biasanya dikarenakan sekring yang putus.

READ MORE :  6 Kerugian Beli Motor Bodong (STNK Only / BPKB Only)

Kalian bisa cek dengan cara menstarter motor menggunakan kick starter, jika lampu indikator menyala ketika mesin menyala maka ada arus dari aki yang ‘tidak sampai’ pada lampu indikator.

Menyalanya lampu indikator saat mesin menyala karena mendapatkan aliran listrik dari spul / mesin. Solusinya adalah ganti sekring jika sekring putus.

Aki tekor

Seperti yang sudah jelaskan pada kasus kedua, jika lampu indikator netral arus listrik utamanya adalah dari aki. Jika aki tekor, maka bisa dipastikan lampu indikator tidak akan menyala. Solusinya adalah ganti aki dengan yang baru.

Switch netral rusak

Komponen ini biasanya terletak dibagian atas gir depan. Switch netral bertugas membaca posisi botolan perseneling yang terdapat pada bagian crankcase dengan cara mengkonekkan bagian ujung switch stater ke botolan perseneling. Karena gesekan yang terjadi secara berkala, maka biasanya kuningan yang terdapat pada switch netral sudah habis arau aus Inilah yang menyebabkan lampu indikator netral tidak berfungsi.

Ternyata motor brosist matik

Kan sudah saya jelaskan sebelumnya, jika motor kalian matik, jangan mencari lampu indikator netral. Karena kalian tidak akan menemukan lampu indikator netral. Coba bayangkan, motor yang tanpa gigi perseneling tapi dipasangi indikator untuk gigi perseneling..Aneh kaaaann..

Demikian artikel singkat dari saya mengenai penyebab lampu indikator netral tidak menyala. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel berikut Penyebab Lampu Sein Mati Total dan Cara Mengatasinya