Home / Materi Otomotif / Kopling Motor Keras (Penyebab + Solusi)
kopling motor keras
kopling motor keras

Kopling Motor Keras (Penyebab + Solusi)

Kemarin, saya mendapatkan keluhan dari salah satu pelanggan saya mengenai kopling motor keras. Kebetulan pelanggan saya kali ini adalah jupiter mx. Keluhan kopling jupiter mx keras memang sering saya dapatkan. Apa penyebabnya??

Motor jenis kopling manual memang mempunyai tingkat akselerasi yang lebih baik ketimbang kopling semi otomatis. Hentakannya lebih terasa, itu yang sering saya dengar.

Namun, kopling manual lebih sering mengalami kendala ketimbang semi-otomatis, salah satunya adalah kopling motor keras. Tentu, permasalahan ini akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan jari akan terasa capek jika berkendara jauh.

Apa penyebab kopling motor keras?? Dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini saya sampaikan cara mudah memperbaiki kopling yang keras. Simak baik – baik.

Penyebab + Cara Mengatasi Kopling Motor yang Keras

Cara mengatasi kopling yang berat ini bisa kamu lakukan dirumah tanpa perlu ke bengkel. Begini penjelasannya.

1. Kabel kopling menekuk

Penyebab pertama kopling terasa berat adalah karena kabel kopling yang melipat atau tertekuk. Hal ini biasanya disebablan salah pemasangan waktu terkahir kali ganti kabel kopling atau karena faktor umur.

Cara mengeceknya adalah dengan melihat dibagian antara setir dan bodi motor. Biasanya lipatan terjadi dibagian tersebut. Jika memang terjadi lipatan, satu-satunya cara adalah dengan mengganti kabel kopling.

2. Sling / kawat kopling berkarat

Jika setelah mengecek tidak ada lipatan pada kabel kopling, langkah selanjutnya untuk mengatasi kopling motor yang keras adalah mengecek sling kopling.

Karat pada sling kopling bisa terbentuk pada jenis logam apapun termasuk pada kawat kabel kopling yang berbahan baja. Kalau terdapat karat pada kawat kopling, secara otomatis itu akan menjadi penghambat gerakan sling kopling.

Karena karat ini akan merapatkan kawat dengan selubungnya. Sehingga pas kita tarik tuas kopling, terasa lebih berat/keras.

Pertanyaanya, mengapa bisa ada karat didalam sling kopling ?

Ini terjadi biasanya karena ada air yang masuk kedalam kawat kabel kopling dan air tersebut menyebabkan kawat beroksidasi dan menghasilkan karat.

Air ini bisa saja masuk, mengingat posisi kawat kabel terlerak dibagian luar motor. Saat mencuci atau saat kehujanan, itulah moment dimana air bisa masuk.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan karat dengan bensin dan oli. Siram bensin kebagian sling kopling, usahakan bensin bisa masuk. Lalu tarik ulur sling kopling sampai karat keluar dari bawah. Jika dirasa sudah enteng, lumasi sling kopling dengan oli. Kamu juga bisa menggunakan wd 40 jika punya.

Tidak semua karat pada sling kopling bisa dibersihkan, ada yang benar – benar ‘membandel’. Kalau memang karatnya bandel, sebaiknya ganti kabel kopling dengan yang baru.

3. Handel kopling berkarat

Kabel kopling ternyata tidak tertekuk dan sling kopling tidak berkarat. Lalu apa lamgkah selanjutnya untuk mengatasi kopling yang seret??

Jawabannya adalah handel kopling berkarat. Selain dari bagian kabelnya, bagian handel kopling juga bisa karatan. Khususnya pada bagian engsel. Kalau ini berlaku untuk motor-motor yang diparkirkan dalam waktu lama.

Ketika pertama kali digunakan, jangan kaget kopling akan berat. Selain karat, engsel juga menjadi lebih kaku sehingga lebih seret.

Cara mengatasi handel kopling yang seret atau berkarat sangatlah mudah. Lumasi saja bagian engeselnya mengganakan oli. Permasalahan kopling keras karena handel berkarat pun teratasi.

4. Pegas kopling di modifikasi

Nah, kalau kasus yang keempat ini akibat dari perlakuan dari pemilik motor sendiri. Biasanya, karena ingin akselerasi motor lebih nendang, beberapa biker memgganti pegas kopling dengan yang lebih keras.

Pergantian pegas kopling yang keras memang membuat akselerasi motor lebih nendang, namun efeknya tentu saja kopling akan terasa lebih keras.

Kejadian pegas kopling juga pernah terjadi pada salah satu rekan saya. Setelah pergantian pegas kopling menggunakan model racing, kopling rx king menjadi keras. Dan normal kembali setelah mengganti ke pegas standar. Masalah kopling rx king keras pun teratasi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 4 penyebab dan cara mengatasi kopling motor keras. Semoga bermanfaat. Baca juga : Kopling Ditekan Motor Masih Jalan

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Pembuangan oli motor bocor

Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

MasBengkel.com – Broo… Salah satu kewajiban kits sebagai pemiliki motor adalah merawat motor dengan baik. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *