Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas, Penyebabnya Sepele

Advertisement

MasBengkel.com – Kopling merupakan salah satu bagian terpenting pada sistem kendaraan bermotor. Kopling sendiri merupakan komponen yang menghubungkan roda ke bagian mesin. Semua energi rotasi yang diciptakan oleh mesin dipindahkan ke roda melalui kopling. Bagaimana jika kopling mengalami masalah, seperti Kopling mobil bunyi saat dilepas ?

Kerusakan pada sistem kopling kendaraan memang harua segera diperbaiki jika kamu tidak ingin komponen lain mengalami masalah akibat dari permasalahan yang sebelumnya. Berikut ini ulasan saya tentang permasalahan pada kopling mobil. Baca juga : 5 Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras Saat Ditekan

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

kopling mobil bunyi saat dilepas

Pelat Kopling Aus

Salah satu penyebab utama yang memicu timbulnya bunyi pada persneling mobil adalah keausan pada pelat kopling. Biasanya bunyi gemeretak ini muncul ketika gigi transmisi sedang dipindahkan. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena plat kopling yang sudah tidak dalam kondisi sempurna ketika pedal ditekan. Gigi transmisi sangat sulit dipindah dan bahkan jika dipaksa akan muncul bunyi kasar.

Kerusakan Pada Bagian / Komponen Bak Perseneling

Bagian atau komponen bak persneling mobil yang tidak beres akan mempengaruhi kopling mobil dengan menimbulkan bunyi-bunyi yang keras dan aneh. Apabila terdapat hal-hal berikut terjadi, segera periksa bak persneleng mobil, karena kemungkinan mesin mobil Anda mengalami beberapa hal, yakni kehabisan oli, atau oli yang digunakan pada mobil tidak sesuai dengan mesinnya. Serta adanya kerusakan parah pada bak persneling.

Jika kamu tidak mendeteksi adanya gangguan pada oli, maka segera bawa mobil kebengkel terdekat atau bengkel langganan.

Gangguan Pada Poros Penggerak

Bunyi kopling yang disebabkan adanya gangguan pada poros penggerak biasanya muncul saat kopling diinjak dan saat posisi gigi persneling dalam kondisi yang normal.

Advertisement

Terdapat tiga hal utama kerusakan pada poros penggerak kopling, diantaranya adalah Kerusakan pada baut sambungan pada poros penggerak, keusakan pada bantalan universal joint dan terdapat keausan pada gigi poros. Pergi kebengkel merupakan langkah yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki permasalahan ini.

Kerusakan Kopling secara Menyeluruh

Bunyi yang dikeluarkan saat kopling mobil dilepas bisa jadi disebabkan adanya kerusakan secara menyeluruh pada kopling. Hal tersebut dikarenakan kurangnya perawatan dan ketidak pedulian pemilik mobil pada kerusakan kecil yang ditimbulkan dari kopling. Jika mobil Anda sudah mengalami kerusakan parah pada kopling maka mau tidak mau harus membawanya ke bengkel untuk diperbaiki secara menyeluruh.

Cara yang Tidak Tepat Saat Melepas Kopling

Pelepasan pedal kopling yang tidak tepat dan terlalu cepat yang tidak disesuaikan dengan penarikan gas yang tepat bisa menimbulkan bunyi kopling mobil saat dilepas. Jika keadaan seperti itu terus dilakukan dan tidak mendapatkan perhatian secara khusus maka dapat menimbulkan kerusakan teknis yang menular pada sistem mesin yang lain dan lebih berat.

Baca Juga : Kopling Grand Livina Ngempos (Gejala + Penyebab)

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang 4 penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close