Beranda Materi Otomotif Kopling Grand Livina Ngempos (Gejala + Penyebab)

Kopling Grand Livina Ngempos (Gejala + Penyebab)

kopling livina ngempos
kopling livina ngempos
Kopling Grand Livina Ngempos – Grand Livina termasuk salah satu MPV yang cukup digemari, mengingat daya angkutnya sebanyak 7 penumpang dengan rasa pengendaraan seperti sedan. Selain itu, Nissan menawarkan rentang tipe yang cukup lebar untuk MPV ini.

Sayangnya, Grand Livina memiliki penyakit khas yaitu kopling ngempos. Penyakit ini kerap terjadi pada varian transmisi manual di berbagai tipe, di mana pedal kopling kadang tidak kembali setelah diinjak dan perlu dikocok agar naik.

Bisa dibilang, salah satu ”penyakit” mobil dengan transmisi manual adalah soal kopling. Gejala-gejala yang sering terjadi di antaranya kopling ngelos(kosong/ ngempos), perpindahan gigi atau memasukkan gigi maju/ mundur susah, bisa juga muncul bunyi cukup keras saat gigi dipindahkan. Jika Anda mengalaminya, berarti kinerja kopling tidak normal karena beberapa hal.

Lakukan Pengecekan Berikut Jika Kopling Grand Livina Ngempos

Terdapat beberapa penyebab kopling grand livina yang ngempos, antara lain :
  • Cek tekanan minyak kopling, ada atau tidak.
  • Cek kebocoran pada master cylinder clutch (atas), terjadi kebocoran atau tidak.
  • Cek kebocoran pada release cylinder clutch (bawah), terjadi kebocoran atau tidak.
  • Cek jarak injakan pedal kopling.jika ditemukan masalah, terutama pada poin 2 dan 3, sebaiknya komponen tersebut diganti berikut gejala gejalanya

Gejala Kopling Mobil Mengalami Kerusakan

1. Putaran mesin rata – rata lebih tinggi untuk melepas kopling. Jika dalam keadaan normal jalan 60km/jam gigi 3 dengan rpm mesin 2000 rpm, tetapi karena plat kopling sudah aus maka rpm yang biasanya 2000 menjadi 3000 rpm pada gigi 3 kecepatan 60km/jam.

2. Ketika mobil berjalan di tanjakan tercium bau gosong dari kampas kopling yang mulai selip atau mobil sudah tidak kuat menanjak.

3. Kopling terasa lebih berat dan mesin menderu ketika hendak jalan atau saat melepas pedal kopling serta kecepatan mobil lambat naiknya atau mungkin yang lebih parah mobil tidak dapat berjalan sama sekali ketika melepas kopling.

Cara Cek Kondisi Kampas Kopling Mobil

1. Hidupkan mesin mobil kemudian tarik rem tangan atau handrem,

2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan (seperti biasanya) kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas mobil secara perlahan.

3. Jika pedal kopling sudah terlepas tetapi mesin tidak mati maka kampas kopling sudah benar-benar tipis. Dan perlu diganti komponen koplingnya.

Saran dari saya kalau mau melakukan penggantian komponen kopling harus satu set dikarenakan satu komponen dengan yang lain mempunyai ketergantungan ,maka disaat satu komponen yang diganti mungkin ketahanan komponen yang lainnya berkurang dan menyebabkan kerusakan yang lainnya dan pasti sayang harus membayar jasa bongkar lagi.

Demikan artikel Gejala dan Penyebab Kopling Grand Livina Ngempos. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here