Advertisement
Materi Otomotif

Komponen Rem Tromol Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Advertisement

Komponen Rem Tromol Sepeda Motor – Bicara tentang sistem keselamatan dalam berkendara, sistem rem merupakan salah satu sistem paling penting pada sistem keselamatan berkendara. Memastikan kondisi rem tetap dalam kondisi baik merupakan salah satu kunci keselamatan kamu dalam berkendara.

Seperti yang kita ketahui, terdapat dua sistem rem yang dipakai pada mobil maupun motor, yakni sistem rem cakram dan sistem rem tromol. Sedangkan pada kendaraan – kendaraan besar menggunakan sistem rem tromol.

Adapun kelebihan dari sistem rem tromol adalah sistem rem tromol memiliki breaking power yang besar jika dibandingkan sistem rem cakram. Itulah alasan kenapa kendaraan besar menggunakan sistem rem tromol jika dibandingkan rem cakram.

Namun, rem tromol memiliki kekurangan yakni soal responsifitas yang masih kalah dengan sistem rem cakram. Untuk itu, sistem rem tromol membutuhkan waktu pengereman untuk benar – benar membuat kendaraan berhenti.

Baca Juga : Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor Disertai Gambar

Komponen Rem Tromol Motor Beserta Fungsinya

Komponen rem tromol sepeda motor

Jika sebelumnya saya pernah membahas komponen rem tromol mobil beserta fungsinya. Kali ini saya akan membahas komponen – komponen pada sistem rem tromol pada sepeda motor serta fungsi dari masing – masing komponen. Apa saja?

Advertisement

1. Tromol Rem

Jika pada sistem rem cakram, bidang geseknya adalah piringan cakram. Maka pada sistem rem tromol mengandalkan tromol sebagai media gesek.

Selain berfungsi sebagai media gesek kampas rem, tromol juga berfungsi sebagai dudukan gir belakang.

2. Sepatu Rem

Jika sebelumnya kamu mengenal komponen ini dengan nama kampas rem, maka hal tersebut tidak bisa disalahkan namun juga tidak bisa dibenarkan.

Karena kampas rem dan sepatu rem merupakan dua komponen yang berbeda tapi menyatu. Jika kampas rem adalah media gesek pada tromol rem, maka sepatu rem adalah dudukan bagi kampas rem.

Meskipun kampas rem dan sepatu rem merupakan komponen yang berbeda, namun keduanya dijual dalam satu unit.

Advertisement

3. Tuas Penggerak

Tuas penggerak rem akan menggerakan sepatu rem untuk menekan tromol rem saat pedal rem ditekan. Tuas rem bekerja secara mekanik melalui sebuah cam yang terletak di ujung tuas penggerak.

Saat tuas penggerak rem bekerja, cam akan mendorong sepatu rem untuk menekan drum brake.

4. Pir Kampas / Return Spring

Seperti layaknya pir pada umunya yang berfungsi untuk mengembalikan bidang yang diberi pir pada posisi awal atau semula.

Pun demikian dengan pir kampas.. sepatu rem yang terbuka karena adanya gaya dari pedal rem yang diteruskan oleh tuas penggerak akan ditarik kembali oleh pir kampas agar sepatu rem kembali menutup dengan mudah.

Jika tidak ada pir kampas atau return spring, ada kemungkinan sepatu rem tidak akan kembali ke posisi semula dan membuat roda tidak bisa berputar.

5. Pivot pin

Pivot pin terletak dipangkal sepatu rem yang fungsinya sebagai center sepatu rem. Pivot pin akan menjaga sepatu rem di area pangkal agar dapat bergerak membuka dan menutup.

6. Tuas penghubung

Tuas penghubung ini terletak diluar sistem utama rem tromol, komponen ini berupa batang besi yang menghubungkan tuas penggerak rem dengan pedal rem. Tuas penghubung ada pada sistem rem tromol motor versi pedal injak.

Sedangkan pada motor matic yang menggunakan tuas rem tangan, menggunakan kabel kawat untuk menghubungkan tuas dengan batang penggerak rem.

Diujung tuas penggerak biasanya dilengkapi dengan adjusting screw yang berfungsi untuk menyesuaikan ketinggian rem.

7. Pedal / Tuas Rem

Pedal rem adalah komponen input yang berfungsi sebagai tempat pengguna untuk mengaktifkan sistem pengereman. Pedal rem ada dua macam, pedal rem injak yang ada pada sepeda motor bebek dan pedal rem tipe tuas yang ada pada motor matic. Meski berbeda tapi memiliki fungsi yang sama saja.

Baca Juga : Komponen Rem Cakram Sepeda Motor + Fungsinya

Demikian ulasan singkat saya mengenai fungsi – fungsi dari komponen rem tromol sepeda motor.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close