Komponen Rem Cakram Sepeda Motor + Fungsinya

Diposting pada

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor – Sistem pengereman pada kendaraan memiliki fungsi dalam hal keselamatan saat berkendara. Karena cara kerjanya adalah menghentikan atau mengurangi laju kendaraan.

Pada sistem rem cakram, terdapat komponen sistem rem cakram yang mampu membuat rem cakram lebih efektif dibandingkan sistem rem tromol.

Sistem rem cakram sendiri sangat cocok di aplikasikan pada motor yang memiliki tenaga yang besar. Karena tingkat efektifitas yang sangat tinggi yakni mencapai 100%.

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai sistem dan cara kerja rem cakram beserta komponennya. Tapi didalam artikel tersebut. Pada artikel tersebut, saya hanya menyertakan tiga komponen utama yakni disc brake, kampas rem, dan kaliper.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas secara lengkap komponen yang terdapat pada rem cakram disertai fungsinya.

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Secara garis besar, rem cakram terdapat tiga komponen yakni master rem, kaliper dan piringan cakram. Namun, apa saja fungsi – fungsi dari komppnen tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Master Rem

Komponen rem cakram sepeda motor
Master Rem Cakram

Master rem sebenarnya difungsikan “rumah” bagi beberapa komponen pendukung seperti handel rem, seal master rem, dan selang rem. Master rem juga berfungsi sebagai tempat penampungan dari minyak rem.

Adapun komponen – komponen yang ada didalam master rem, antara lain ;

Handel rem cakram

Handel rem merupakan komponen yangterhubung langsung dengan pengendara. Jika handel rem ditekan maka handel rem akan mendorong seal master rem. Jadi, fungsi dari handel rem adalah untuk mendorong seal master rem.

Seal master rem

Jelaskan komponen rem cakram sepeda motor
Seal Master Rem Cakram

Seal master adalah katup pompa minyak rem yang terletak pada tabung minyak rem / master rem.Jika handel rem ditarik, seal mater rem akan mendorong minyak rem. Dorongan dari seal master rem ini akan menyebab piston kaliper keluar dan mendorong kampas rem.

Selain itu, fungsi dari seal master rem adalah untuk menjaga minyak rem dan udara agar tidak terjadi kebocoran. Jadi, fungsi dari seal master rem adalah mendorong minyak rem dan mencegah kebocoran minyak rem.

Selang minyak rem

Seperti namanya, fungsi dari selang rem adalah untuk mengalirkan minyak rem dari master rem ke kaliper rem cakram.

2. Kaliper Rem Cakram

Nama nama komponen rem cakram
Kaliper Rem Cakram

Kaliper rem berfungsi sebagai tempat dudukan kampas rem cakram serta beberapa komponen pendukung lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai komponen kaliper rem cakram dan fungsi masing – masing komponennya. Kamu bisa baca diartikel berikut 7 Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor dan fungsinya

3. Piringan Cakram / Disc Brake

Sesuai namanya, piringan rem cakram berbentuk bulat menyerupai sebuah piringan fungsinya sebagai media yang akan bergesekan dengan kampas rem cakram. Piringan rem berhubungan dengan roda, artinya saat roda berputar piringan juga ikut berputar. Piringan ini menjadi komponen berputar yang akan bergesekan dengan kampas rem.

Sesuai desain, piringan rem dibagi menjadi dua jenis yaitu ;

Solid disc

Solid disc berbahan baja solid dengan ketebalan hampir 2 cm. Piringan jenis solid disc ini banyak diaplikasikan pada sistem rem cakram mobil.

Ventilated disc

Jenis kedua sering dipakai pada sistem rem sepeda motor. Ventilated disc memiliki ketebalan yang lebih kecil, namun di sekitar piringan terdapat banyak lubang sebagai ventilasi.

Demikian penjelasan singkat mengenai komponen rem cakram pada sepeda motor berserta fungsi dsri masing – masing komponen. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membaca beberapa artikel berikut mengenai sistem rem pada motor.

Simak pula artikel berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *