Beranda Materi Otomotif Komponen Motor Starter Pada Mobil + Fungsi dan Gambar

Komponen Motor Starter Pada Mobil + Fungsi dan Gambar

komponen motor starter

Komponen Motor Starter pada Mobil Beserta Fungsinya – Kehadiran motor starter sangat membantu bagi pengemudi untuk menyalakan atau menghidupkan mobil. Sedangkan motor starter membutuhkan komponen agar motor starter bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jika mesin sepeda motor bisa dinyalakan dengan menggunakan kick starter tanpa bantuan starter elektrik, sedangkan pada mobil tentu akan mengalami kesulitan jika menyalakan mesin mobil menggunakan kick starter, karena cc mobil jauh lebih besar dari sepeda motor. Untuk itu, manfaat dari motor starter sangat besar untuk mobil.

Bagaimana cara kerja dan komponen motor starter pada mobil sehingga mampu memutar mesin mobil yang memiliki kapasitas mesin yang besar?

Prinsip Kerja Motor Starter

Motor starter bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Proses ini memanfaatkan kaedah fleming left hand. Yang berbunyi, “apabila terdapat arus listrik yang mengaliri konduktor, smentara konduktor tersebut terletak didalam medan magnet. Maka konduktor tersebut akan terdorong sesuai garis gaya magnet yang ditunjukan dengan kaedah tangan kiri fleming”.

Hubungan antara garis gaya magnet, arus listrik dan gaya dorong ditunjukan dalam tiga jari. Jari tengah menunjukan arah arus, jari telunjuk menunjukan arah medan magnet, sedangkan jempol atau ibu jari menunjukan kemana arah gaya dorongan.

Dari kaedah tersebut, kemudian disusun sedemikian rupa agar arah berkebalikan sehingga gaya yang dihasilkan juga berkebalikan. Karena diletakan pada sebuah poros menyebabkan gaya putar yang berkesinambungan.

Prinsip ini sama dengan prinsip motor starter pada umumnya dan hampir menyamai prinsip kerja generator namun bedanya, generator mengubah energi mekanik menjadi listrik sedangkan motor starter bekerja sebaliknya.

Baca Juga : Motor Starter : Cara Kerja Beserta Komponennya

Komponen Motor Starter Pada Mobil Beserta Fungsinya

Motor starter memiliki tiga jenis yakni tipe Planetary, Tipe Reduksi dan Tipe Konvensional. Namun pada artikel kali ini saya hanya akan membahas komponen motor starter tipe konvesional saja. Apa saja komponennya dan apa saja fungsinya?

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai bagian bagian motor starter, komponen motor starter beserta fungsinya serta gambar komponen motor starter sehingga memudahkan kamu untuk memahami setiap penjelasan pada artikel kali ini.

Secara umum, bagian motor starter dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu bagian motor starter yang menghasilkan gaya putar dan bagian motor starter sebagai mekanisme pemindah tenaga.

Bagian Motor Starter Pada Mobil yang Menghasilkan Gaya Putar

Berikut ini merupakan bagian bagian motor starter yang berfungsi untuk menghasilkan gaya putar.

Yoke dan pole core

komponen motor starter
Yoke dan pole core

Yoke dibuat dari logam yang berbentuk silinder dan berfungsi sebagai tempat pole core yang diikat dengan sekrup. Pole core berfungsi sebagai penopang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimbulkan oleh field coil.

Field coil (kumparan medan)

komponen motor starter mobil
field coil

Kumparan medan atau yang biasa disebut dengan field coil dibuat dari lempengan tembaga, dengan maksud dapat memungkinkan mengalirnya arus listrik yang cukup kuat/besar. Field coil ini berfungsi untuk membangkit medan magnet.

Armature

komponen motor starter pada mobil
Armature

Armature tersusun dari beberapa komponen yaitu armature core, armature coil, comutator, armature shaft dan bagian-bagian lainnya. Kedua ujung shaft armature ini, masing-masing ditopang oleh bearing yang bertujuan agar armature dapat berputar dengan stabil diantara pole core.

Armature coil disusun pada celah-celah core dan masing-masing ujung armature coil disambungkan ke segmen-segmen comutator.

Dengan demikian arus yang melepasi armature coil dapat membuat komponen armatur dapat berputar dan menghasilkan momen putar untuk memutar fly wheel.

Brush (sikat)

komponen motor starter dan fungsinya
brush

Komponen berikutnya terletak dibagian main motor. Disini ada rangkaian sikat yang dipakai untuk mengubungkan arus listrik dari static conductor ke dynamic conductor. Maksudnya, brush ini akan mengirimkan arus listrik dari terminal 50 ke armature coil yang bergerak berputar melalui commutator.

Pada sebuah motor starter, biasanya ada sekitar 4 atau lebih sikat dengan dua sebagai sikat positif dan dua lainya sebagai sikat negatif.

Bahan sikat ini juga terbuat dari tembaga namun lebih lunak, untuk menjaga agar commutator tidak mengalami keausan. Tapi, impactnya brush menjadi lebih cepat aus. Jika ini terjadi maka starter akan sulit dihidupkan.

Bagian Motor Starter Pada Mobil Sebagai Mekanisme Pemindah Tenaga

Setelah kita membahas mengenai bagian bagian motor startee yang berfungsi untuk menghasilkan gaya putar. Selanjutnya kita bahas bagian bagian motor starter pada mobil sebagai mekanisme pemindah tenaga, antara lain :

Kopling starter / starter clutch (overrunning clutch)

bagian bagian motor starter
kopling starter

Kopling starter berfungsi untuk meneruskan momen putar armatur shaft kepada fly wheel melalui roda gigi pinion, sehingga fly wheel dapat ikut berputar.

Kopling starter juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil (mengecah kerusakan starter). Bilamana putaran mesin yang tinggi cenderung memutarkan balik pinion gear.

Kopling starter akan melepaskan dengan sendirinya bila putaran fly wheel (putaran mesin) lebih besar daripada putaran gear pinion (putaran starter).

Drive lever / tuas penggerak

bagian motor starter
Druve lever

Drive lever meneruskan gerakan dari plunyer solenoid untuk menggerakkan roda gigi pinion. Drive lever berfungsi untuk mendorong / menghubungkan pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan ring gear pada fly wheel, serta melepas perkaitan pinion gear dengan ring gear pada fly wheel.

Armature brake

jelaskan fungsi komponen motor starter mobil
Armature brake

Armature brake berfungsi sebagai pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan ring gear pada roda gila (fly wheel).

Solenoid / sakelar magnet (magnetic switch)

komponen motor starter dan fungsinya
Solenoid

Sakelar magnet (magnetic switch) atau disebut juga dengan solenoid ini digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke atau dari ring gear flywheel, sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui teminal utama (terminal 30 dan C). Di dalam saklar magnet terdapat dua kumparan, yaitu:

Pull In Coil merupakan suatu kumparan yang apabila dialiri arus listrik menimbulkan medan magnet yang berfungsi untuk mendorong plunyer sehingga gear pinion berhubungan dengan fly wheel.

Hold In Coil merupakan suatu kumparan yang bila dialiri arus listrik menimbulkan medan magnet yang berfungsi untuk menahan plunyer, sehingga mempertahankan gear pinion dengan fly wheel tetap berkaitan.

Gambar Rangkaian Sistem Motor Starter

Gambar rangkaian motor starter
Image by prestolite.com

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai komponen motor starter beserta gambar dan fungsinya pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here