Komponen kepala silinder motor 4 tak dan fungsinya
Komponen kepala silinder motor 4 tak dan fungsinya

Dulurrr… Pada mesin motor terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain untuk bisa menghasilkan sebuah tenaga pada mesin tersebut. Komponen – komponen tersebut dibagi dalam beberapa bagian, kali ini kita akan membahas fungsi serta apa saja komponen kepala silinder pada motor 4 tak.

Apa itu Kepala Silinder

Kepala silinder merupakan bagian mesin yang tempatnya ada dibagian depan dari mesin. Biasanya komponen ini memiliki sirip – sirip yang berguna untuk proses pendinginan pada motor. Namun, sirip tersebut hanya berlaku jika sistem pendingin pada motor menggunakan sistem pendingin udara. Bentuknya akan berbeda lagi jika menggunakan sistem pendingin oli ataupun radiator.

Kepala silinder juga meruapakan tempat keluar masuknya bahan bakar serta menjadi bagian dari proses pembakaran dan kompresi pada mesin.

Fungsi Kepala Silinder

Berikut ini merupakan beberapa fungsi utama kepala silinder (cylinder head) pada sepeda motor :

  1. Sebagai tempat pembakaran (ruang bakar)  
  2. Sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup
  3. Saluran pemasukan 
  4. Saluran pembuangan
  5. Tempat pemasangan busi.
  6. Tempat water jacket (Mantel pendingin) 

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak dan Fungsinya

Bagi kalian yang ingin tahu apa saja komponen kepala silinder pada motor bermesin 4 tak, berikut ini beberapa komponen yang terdapat didalamnya. Baca juga artikel berikut Cara kerja mesin 4 tak dan disertai gambar animasi

READ MORE :  Review Piggyback Iquteche : Cara Kerja & Harga

#1. Noken As

Komponen kepala silinder motor 4 tak
Noken As Merupakan Komponen Kepala Silinder

Jika pada bahasa bengkelnya disebut dengan kem, merupakan komponen pertama yang ada dalam kepala silinder motor 4 tak.

Noken as atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan camshaft. Lantas, apa fungsi dari noken as ?

Fungsi dan cara kerja noken as

Noken as berfungsi untuk mengatur buka tutup klep atau valve. Ketika noken as berputar, maka putarannya akan mendorong temlar lalu mendorong klep.

Namun pada beberapa motor, seperti satria Fu, noken as akan langsung mendorong batang klep.

Secara fisik, noken as dibagi 2 bagian, journal dan lobe. Journal bagian batang kem yang berhubungan dengan gigi sentrik dan dudukan laher.

Sementara itu, lobe ialah tonjolan yang berfungsi sebagai pengatur buka tutup klep.

Cara kerja noken as, perputarannya digerakan oleh rantai keteng yang menghubungkannya dengan kruk as atau crankshaft.

Pada motor yang menggunakan mekanisme OHV, kalian tidak akan menemukan kem pada bagian kepala silinder.

Karena pada OHV, kem terletak didalam blok silinder. Sementara didalam kepala silinder hanya terdapat rocker arm dan connecting rod.

#2. Klep

Komponen kepala silinder
Klep / Valve / Katup (Komponen kepala silinder)

Selain klep, komponen ini juga biasa “dipanggil” valve ataupun katup, terserah kalian mau pakai nama yang mana. Didalam kepala silider, terdapat dua klepz yakni klep in dan klep out.

Fungsi dan cara kerja klep

Campuran bahan bakar dan udara yang sudah di olah karburator akan masuk kebagian mesin melalui klep dan keluar juga melalui klep.

Artinya, klep merupakan pintu gerbang mekanisme campuran bahan bakar dan udara yang nantinya akan melalui proses pembakaran didalam ruang bakar.

Buka dan tutupnya klep diatur oleh komponen kepala silinder lainnya yakni noken as, seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya.

READ MORE :  Cara Kerja Sistem Pendingin Radiator Pada Sepeda Motor

Jika kalian lihat, diameter klep intake dan exhaust akan beda. Mengapa bisa berbda ?

Alasannya, agar udara bisa masuk secara maksimal. Perbedaan diameter klep ini banyak diterapkan pada mekanisme SOHC.

Bagi kalian yang ingin setel klep, baca beberapa artikel yang membahas ukuran celah klep motor.

#3. Rocker Arm

Komponen kepala silinder
Rocker Arm / Pelatuk Klep / Templar

Komponen ini masih berkaitan dengan proses keluar masuk bahan bahan kebagian ruang pembakaran.

Karena bentuknya seperti pelatuk, maka rocker arm biasa disebut juga pelauk klep. Dalam bahas bengkel, biasany disebut dengan templar.

Fungsi dan cara kerja templar / rocker arm

Rocker arm ini berfungsi untuk membuka dan menutup katup (klep), baik katup hisap dan katup buang. Ketika katup hisap tertekan oleh rocker arm maka campuran udara dan bahan bakar dapat masuk ke dalam ruang bakar, sedangkan ketika katup buang tertekan oleh rocker arm maka gas hasil pembakaran dapat keluar melalui katup buang.

Rocker arm bisa dibilang merupakan jembatan penghubung antara noken as dan klep, sebut saja demikian. Karena memang pergerakan rocker arm diakibatkan dari dorongan noken as.

Dirocker arm juga menempel baut setelan klep, tujuannya adalah untuk mengatur kerenggangan jarak dari templar dan klep agar tidak terlalu rapat.

#4. Busi

Busi merupakan komponen selanjutnya dari komponen kepala silinder 4 tak. Bu si merupakan istri dari pak si… Ahahahaha.. bukan, kalau itu tetangga saya.

Mungkin dari beberapa komponen kepala silinder diatas, busi merupakan komponen yang paling familiar bagi kalian. Bahkan, saya yakin emak – emak pun akan tahu apa itu busi. Namun, tidak semuanya tahu fungsi dan cara kerja busi.

Fungsi dan cara kerja busi

Busi adalah suatu komponen yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektroda pada ruang bakar, busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke coil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground dibawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder.

READ MORE :  Daftar Ukuran Celah Klep Yamaha Matik (Terlengkap dan Terbaru)

#5. Intake Manifold

Intake manifold adalah sebuah komponen seperti tabung yang menjadi tempat untuk masuknya udara dari sistem induksi udara. Bentuk intake bermacam-macam, ada yang standar ada pula yang didesain menggelembung.

Fungsi dan cara kerja intake manifold

Desain menggelembung bertujuan agar udara bisa lebih maksimal saat proses pemasukan udara. Desain seperti ini akan menimbulkan efek turbulensi sehingga udara didalam intake akan bergerak searah dengan hisapan piston. Ini akan membuat langkah hisap piston menjadi lebih ringan.

Beberapa Komponen Kepala Silinder Lainnya

Kelima komponen kepala silinder diatas merupakan komponen utama, namun terdapat beberapa komponen pendukung dan beberapa diantaranya tidak semua motor ada, berikut ini komponennya :

7. Dekompresi

8. Pegas katup

9. Seal klep

10. Kancingan klep / kuku klep

11. Ring klep

12. Bos silinder

13. Pin templar

14. Gir timing

15. Ring pin templar

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai materi otomotif yang membahas tentang komponen kepala silinder yang terdapat pada motor 4 tak. Silahkan berkomnetar dan bagikan artikel ini kesosial media kalian. Semoga bermanfaat.