Beranda Materi Otomotif 7 Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

7 Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

Komponen kaliper rem cakram

Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor – Rem merupakan salah satu bagian atau komponen keselamatan dalam berkendara. Rem merupakan hal yang wajib ada pada setiap kendaraan bermotor tak terkecuali sepeda motor.

Jika pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang komponen rem cakram pada sepeda motor secara keseluruhan. Namun pada artikel kali ini saya ingin mengajak kalian untuk membahas lebih jauh tentang “jeroan” atau komponen yang ada didalam kaliper rem cakram sepeda motor.

Fungsi Kaliper Rem

Sebelum membahas tentang bagian – bagian kaliper rem cakram, kita bahas dulu fungsi dari kaliper rem cakram.

Fungsi brake caliper atau kaliper rem tidak jauh berbeda dengan master silinder pada rem tromol. Komponen ini akan mengubah tekanan hidraulik menjadi energi gerak berupa tekanan. Kaliper rem juga memiliki dua jenis yaitu fixed caliper dan floating caliper.

Baca Juga : Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor Disertai Gambar

1. Kaliper Rem Tipe Fixed Caliper

Fixed caliper memiliki dua buah piston yang akan bergerak berlawanan saat mendapatkan tekanan hidraulik. Gerakan tersebut akan menjepit kampas rem diantara piston.

2. Kaliper Rem Tipe Floating Caliper

Sementara pengertian floating caliper adalah kaliler yang melayang. Dikatakan melayang karena kaliper ini dapat bergerak kekiri dan kekanan. Hal itu dikarenakan kaliper inj hanya memiliki satu buah piston disalah satu sisi, sehingga saat piston bergerak otomatis kaliper akan bergeser menyesuaikan.

Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

Apa saja komponen yang ada pada kaliper rem cakram sepeda motor? Baca selanjutnya!!

1. Kampas Rem Cakram

Komponen Kaliper Rem Cakram
Kampas Rem Cakram (Komponen Kaliper Rem Cakram)

Kampas rem berfungsi untuk penjepit piringan cakram sehingga membuat kendaraan akan melambat atau berhenti. Komponen ini akan habis dalam jangka waktu tertentu karena pemakaian.

Baca Juga : Tutorial Mudah Memasang Kampas Rem Cakram Depan

2. Piston Kaliper

Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor
Piston Kaliper

Berbentuk seperti sebuah drum, piston kaliper berfungsi untuk mendorong kampas rem agar menjepit bagian atau komponen rem cakram lain yakni piringan cakram.

Umumnya, piston kaliper berjumlah satu ataupun dua. Meskipun ada beberapa kaliper yang menggunakan empat piston kaliper, namun biasanya kaliper ini dikhusukan untuk motor balap atau yang memiliki cc besar ataupun kaliper berjenis racing.

Baca Juga : Rem Cakram Motor Tidak Berfungsi (Penyebab + Solusi)

3. Seal Kaliper

Seal Kaliper Rem Cakram

Seal kaliper berbahan dasar karet seperti layaknya seal pada umumnya. Letaknya ada dibagian dalam kaliper dan bersentuhan langsung dengan piston kaliper.

Fungsi dari seal kaliper adalah untuk menahan agar minyak rem tidak bocor dan juga menahan debu atau kotoran dari luar agar tidak masuk kebagian kaliper.

Setiap piston, selalu terdapat dua seal kaliper. Artinya jika jumlah pistonnya dua adalah maka seal kaliper akan berjumlah empat.

4. Breket Kaliper

Breket kaliper rem cakram

Berfungsi untuk menjadi dudukan kaliper rem cakram. Breket kaliper terhubung langsung dengam sokbeker depan dan juga kaliper.

5. Niple Bleed

Niple Bleed Rem Cakram

Hal yang tak boleh ketinggalan dalam sistem rem hidraulik baik cakram ataupun tromol adalah bleed point atau niple bleed. Komponen ini berfungsi untuk membuang kandungan udara didalam sistem hidraulik rem.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin yang Bikin Rem Cakram Blog

Udara didalam sistem hidraulik rem akan mengakibatkan tenaga pengereman tidak maksimal. Alasanya, udara dapat dikompresi. Sehingga ketika pedal ditekan, maka tekanan itu akan terkompresi oleh udara didalam sistem hidraulik. Akibatnya rem bisa blong.

6. Plat Penahan Kampas Rem

Komponen Kaliper cakram

Seperti namanya, plat ini berfungsi untuk menahan kampas rem agar tidak goyang atau kocak. Jika komponen ini tidak ada, maka kampas rem akan bunyi kletek – kletek karena tidak ada yang menahan kampas rem.

7. Seal Boot / Karet Breket Kaliper

Bagian kaliper rem cakram

Seperti fungsi seal pada umunya, seal boot juga befungsi agar tidak terjadi kebocoran. Namun bedanya, seal boot ini berfungsi untuk mencegah kebocoran dari luar yang masuk kedalam.

Misalkan air ataupun debu yang dari luar akan dihalangi oleh seal breket kaliper ini.

Demikian artikel komponen – komponen kaliper rem cakram, semoga bermanfat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here