Home / Materi Otomotif / Knalpot Bobokan di Standarin Lagi Ternyata Mudah
knalpot bobokan di standarin lagi
Bisakah knalpot bobokan di standarin lagi ?

Knalpot Bobokan di Standarin Lagi Ternyata Mudah

Knalpot bobokan adalah knalpot yang standar yang di modif bagian silenser dan leher knalpot. Biasanya, knalpot bobokan dimaksudkan untuk mendongkrak tenaga motor yang sudah di bore up. Namun, ada kalanya knalpot bobokan di standarin lagi, karena berbagai alasan.

Seperti yang saya lakukan dulu di motor Mio sporty saya. Karena dalemannya dan pengapian sudah saya upgrade, knalpot pun saya bobok agar bisa tenaga motor bisa makin ngacir.

Namun, karena motor mau saya jual dalam kondisi mesin dan pengapian standar, knalpot bobokan di stadarin lagi juga tak luput dari perhatian saya. Tujuan mengembalikan semua komponen ke standar lagi adalah agar harga jual motor bisa bagus.

Namun ada juga beberapa rekan, knalpot bobokan di standarin lagi karena bosan, kecewa dengan hasilnya dan masih banyak lagi alasannya. Baca : Efek knalpot bobokan pada mesin motor standar

Pertanyaannya, bagaimana cara mengembalikan knalpot ke standar lagi?

Sangat mudah brooo…

Begini caranya..

Bisakah Knalpot Bobokan di Standarin Lagi

Banyak sekali pertanyaan yang datang dari teman yang menanyakan tentang knalpot bobokan di standarin lagi. Berikut adalah pertanyaan sering di tanyakan ke saya atau di beberapa forum.

  1. Apakah bisa knalpot bobokan di standarin lagi???
  2. Kalau bisa, berapa biaya mengembalikan knalpot bobokan menjadi standar lagi??
  3. Lebih baik beli knalpot lagi apa mengembalikan knalpot bobokan ke standar lagi ya???

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, beberapa pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sering saya dengar dan baca di forum.

Cara Mengembalikan Knalpot Ke Standar

Ini merupakan jawaban dari pertanyaan pertama. Apakah bisa knalpot bobokan di standarin lagi???

Tentu saja bisa!!!

Langkah Mengembalikan Knalpot ke Standar

  1. Pertama-tama potong bagian buntut knalpot bobokan, untuk mengeluarkan rangkaian saringan knalpot bobokan. Setelah ke luar, silencer knalpot bobokan akan tampak plong tanpa sekat knalpot.
  2. Kemudia lepas saringan knalpot bobokannya, menggunakan las karbit. Saringan knalpot bobokan biasanya enggak ada sekatnya, sehingga suara lebih berisik, performa juga lebih nendang
  3. Langkah selanjutnya bikin saringan baru yang disertai sekat knalpot, untuk meredam suara knalpot.
  4. Kalo saringan sudah jadi, tinggal dimasukkan ke dalam silencer. Biar suaranya adem seperti standar pabrik, kita bikinkan 2 sekat. Di bagian dalam 1 lubang, sedangkan bagian belakang bikin 2 lubang.
  5. Setelah saringan dan kedua sekat sudah terpasang, proses berikutnya adalah memperkecil lubang moncong knalpot bobokan, yang sebelumnya berdiameter besar.
  6. Terakhir, merapikan seperti semula.

Cara diatas bisa kamu lakukan di tukang las / ahli knalpot yang sudah berpengalaman. Karena untuk mengembalikan knalpot yang sudah di bobok ke kondisi seperti semula (standar) butuh trik khusus jika ingin knalpot kamu seperti ‘knalpot baru’.

Biaya Mengembalikan Knalpot ke Standar Lagi

Jika pertanyaan yang pertama sudah terjawab, kini menuju pertanyaan yang kedua.. Berapa biaya standarin knalpot bobok??

Untuk biayanya relatif, tiap daerah dan tiap orang memiliki patokan harga yang berbeda – beda. Namun, menurut pengalaman saya pribadi. Biayanya tidak pernah lebih dari 200 ribu. Biasanya si ahli knalpot mematok harga antara 100-150 ribu.

Beli Baru atau di Standarin Lagi

Untuk pertanyaan yang ketiga, tentang lebih bagus mana, ganti knalpot dengan yang baru atau mengembalikan knalpot yang sudah di bobok ke kondisi standar???

Untuk pertanyaan ini, kalau saya pribadi lebih menstandarkan lagi knalpot yang sudah di bobok daripada harus beli yang baru. Karena faktor biaya yang relatif lebih murah.

Namun, tak sedikit yang mengeluh kalau knalpotnya tidak bisa kembali normal seperti semula. Menurut saya, hal ini karena faktor penggarapan yang kurang maksimal. Maka dari itu, ketika kamu memutuskan untuk mengembalikan knalpot bobokan menjadi standar, pilih dengan cermat dan hati – hati tempat kamu menggarap knalpot tersebut.

Saran dari saya, kembalikan ke orang yang dulu pernah membobokn knalpot kamu, karena biasanya orang tersebut akan lebih paham dan tahu bagian – bagian mana yang sudah di modifikasi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara knalpot bobokan di standarin lagi serta biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengembalikan knalpot bobokan ke standar. Semoga bermanfaat.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Pembuangan oli motor bocor

Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

MasBengkel.com – Broo… Salah satu kewajiban kits sebagai pemiliki motor adalah merawat motor dengan baik. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *