Klasifikasi Motor Bakar dan Penjelasannya

Diposting pada

MasBengkel.com – Klasifikasi motor bakar jika dilihat berdasarkan prinsip kerja, cara menghasilkan daya dan mekanismenya dapat menjadi beberapa tipe antara lain :

1. Klasifikasi Menurut Letak Proses Pembakaran

Berdasarkan letak terjadinya proses pembakaran dalam siklus kerja motor bakar dapat dibedakan menjadi motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dan motor pembakaran luar (external combustion engine).

Motor pembakaran dalam

Pada motor pembakaran dalam proses pembakaran bahan bakar berlangsung didalam mesin itu sendiri. Jenis ini mempunyai ruang bakar yang menjadi satu dengan mekanisme yang digerakkan (mesin). Motoe jenis ini yang akan banyak dibahas karena pemakaiannya yang luas khususnya dibidang otomotif.

Motor pembakaran luar

Pada motor pembakaran luar proses pembakaran bahan bakar berlangsung diluar mesin. Atau denan kata lain ruang bakar terpisah dengan mesin.

2. Klasifikasi Motor Pembakaran Dalam Berdasar Gerakan Mesin

Fungsi dari pada mesin mengubah energi panas (kalor) menjadi energi gerak (mekanis). Berdasarkan gerakan mekanisme pengubah energi dapat dibedakan menjadi :

  • Motor bolak – balik (Reciprocating Engine)
  • Motor rotary (Rotary Engine)

Motor bolak balik (Reciprocating engine)

Energi hasil pembakaram diubah menjadi energi gerak melalui gerakan bolak balik dari piston. Gerakan bolak balik ini kemudian diuabh menjadi energi gerak putar oleh poros engkol (crankshaft)

Motor rotary (Rotary Engine)

Motor ini dapaf memanfaatkan energi hasil pembakaran menjadi gerak putar secara langsung sehingga gerakannya menjadi lebih halus dan efisien.

3. Klasifikasi Motor Bakar Menurur Siklus Kerjanya

Berdasarkan siklus kerjanya terdapat dua kelompok, yaitu :

  • Siklus otto (Motor bensin)
  • Siklus diesel (Motor diesel)

Siklus otto (Motor bensin)

Pada motor bensin percampuran udara dengan bahan bakar berlangsung diluar ruang bakar dan penyalaan campuran bahan bakar diawali dengan cetusan busi (spark ignition)

Siklus diesel (Motor diesel)

Pada motor diesel perampuran udara denan bahan bakar berlangsung diruang bakar bersifat spontan karena tekanan dan temperatur tinggi (compression ignition)

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak dan 2 Tak

4. Klasifikasi Motor Bakar Menurut Langkah Kerja

Berdasarkan banyaknya gerakan bolak – balik dari piston untuk menghasilkan satu kerja dapat digolongkan menjadi :

  • Motor 2 langkah
  • Motor 4 langkah

Motor 2 langkah

Motor ini tisp dua kali langkah piston menghasilkan satu langkah kerja

Baca Juga :

Motor 4 langkah

Motor ini tiap empat kali langkah piston menghasilkan satu langkah kerja. Motor empat langkah lebih banyak digunakan dalam bidang otomotif karena efisiensi pemakaian bahan bakar lebih tinggi dari pada motor dua langkah.

Baca Juga :

Itulah penjelasan mengenai klasifikasi motor bakar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *