Home / Materi Otomotif / Kenapa Motor Harus di Servis Secara Rutin?? Ini Alasannya
kenapa motor harus di servis

Kenapa Motor Harus di Servis Secara Rutin?? Ini Alasannya

Kenapa Motor Harus di Servis Secara Rutin – Pernah mengalami sepeda motor mogok??? Atau motor terasa berat tapi boros bensin?? wahh,, kelihatan banget kalau motor kamu gak pernah di service.

Tau gak sih, Mengapa motor harus di servis secara berkala? Ini penjelasannya kenapa motor kamu harus servis secara rutin.

1. Menjaga performa motor

Komponen di dalam motor akan mengalami perubahan seiring dengan penggunaannya. Seperti saringan udara dan sistem bahan bakar yang kotor serta kondisi setelan mesin dan lain-lain. Saat servis berkala, komponen tersebut akan dibersihkan dan akan disetel ulang jika mengalami perubahan. Dengan begitu, performa kendaraan akan selalu maksimal.

Baca Juga : 5 Penyebab Motor Injeksi Brebet Saat di Gas + Cara Mengatasinya

2. Mengetahui kondisi spare parts

Dengan melakukan servis secara rutin, maka kerusakan pada mesin motor bisa terdeteksi sejak awal. Ini juga untuk menghindari kerusakan parah agar biaya perawatan tidak membengkak.

3. Mengurangi risiko mogok

Motor mogok disebabkan karena adanya masalah pada sistem pengapian bahan bakar dan tekanan mesin. Jika melakukan servis secara berkala, maka risiko mogok di jalan bisa dicegah karena sudah terdeteksi sejak awal.

4. Biaya perawatan akan lebih hemat

Jika kerusakan pada motor terdeteksi lebih awal, maka biaya perawatan pun akan lebih murah. Dengan menunda-nunda waktu servis, bisa jadi menyebabkan kerusakan motor menjadi semakin parah dan berimbas pada komponen lainnya, sehingga biaya perawatan pun akan lebih mahal.

Baca Juga : Berapa Biaya Servis Motor Tiap Bulan?

5. Berkendara lebih aman dan nyaman

Dengan rutin melakukan servis, konsumen akan tahu kondisi spare parts motornya dan akan menggantinya jika sudah aus. Dengan mengetahui sebelum terjadi ke-aus-an, akan membuat pengendara lebih aman karena terhindar dari kecelakaan karena kondisi motor.

Nah, sudah tau kan kenapa motor harus di servis secara rutin. Jadi jangan ditunda-tunda lagi untuk servis motor tiap bulan. Untuk biaya servis motor tiap bulannya, kamu bisa baca di artikel biaya servis motor tiap bulan

Semoga bermanfaat.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Pembuangan oli motor bocor

Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

MasBengkel.com – Broo… Salah satu kewajiban kits sebagai pemiliki motor adalah merawat motor dengan baik. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *