Karbu Motor Bermasalah ? Inilah Cara Ganti Karburator Honda BeAt Karbu

Cara Ganti Karburator Honda BeAt Karbu – Bagi orang yang mempunyai kendaraan pasti tidak asing dengan nama salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan yaitu karburator.

Karburator ini adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur seberapa banyak debit bahan bakar dengan udara yang kemudian akan dimasukan ke dalam silinder mesin.

Karburator dapat digunakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk lebih jelasnya mengenai karburator, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Karburator?

Karburator adalah sebuah komponen yang terdapat di dalam sepeda motor yang berfungsi untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar yang akan dicampurkan dengan udara dan mengalirkannya ke dalam silinder mesin.

Perbandingan berapa banyak debit bahan bakar yang akan dicampurkan ini diatur oleh karburator dan disesuaikan dengan kebutuhan mesin tiap jenis sepeda motor.

Apabila campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai dengan kebutuhan mesin akan membuat campuran tersebut sulit untuk dibakar. Dengan begitu, motor tidak bisa menyala.

Cara kerja karburator dimulai pada saat mesin sepeda motor dihidupkan lalu proses pencampuran itu terjadi setelah mesin menghidup udara dari luar melalui karburator.

Namun saat ini, untuk sepeda motor keluaran terbaru sudah jarang yang masih menggunakan karburator dan diganti dengan injector yang diklaim lebih efisien dan ramah lingkungan.

Merawat Karburator

Untuk menghindari pencampuran antara bensin dan udara tidak tepat yang akan mengakibatkan motor tidak menyala diperlukan perawatan karburator sepeda motor yang baik.

Adapun beberapa cara untuk merawat karburator sepeda motor dengan baik adalah sebagai berikut:

Keringkan Mangkuk Karburator

Mengeringkan mangkuk karburator berguna untuk menghindari terdapatnya sisa-sisa residu bensin pada karburator.

Semakin lama motor digunakan, maka sisa bensin yang mongering akan menimbulkan kotoran pada karburator yang dapat menyebabkan terhambantnya aliran bensin pada pilot jet sehingga akan menganggu performa kendaraan.

Saat mengeringkan karburator ini selalu perhatikan agar karburator tidak kemasukan air. Apabila hal itu sampai terjadi dapat menghambat proses pembakaran.

Bersihkan Karburator

Perawatan ini merupakan langkah yang penting untuk dilakukan. Sama halnya dengan perawatan yang pertama.

Untuk dapat membersihkan karburator, langkah yang harus dilakukan adalah dengan melepaskan karburator terlebih dahulu.

Adapun langkah untuk melepaskan karburato terdapat pada bagian terakhir.

Setelah karburator dilepaskan, maka lakukanlah proses pembersihan karburator.

Pembersihan karburator sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus atau apabila tidak punya cairannya maka bisa diganti dengan bensin untuk membersikannya.

Hindari melakukan pembersihan karburator menggunakan air, karena dapat mengganggu pencampuran antara bahan bakar dengan udara nantinya.

Setelah dilakukan pembersihan, saatnya untuk mengeringkan karburator.

Setelah semua tahap di atas dilakukan dengan baik, saatnya untuk memasangkan karburator kembali ke mesin sepeda motor.

Selalu lakukan pengecekan dahulu setiap karburator berhasil dipasangkan kembali. Adapun cara untuk melakukan pengecekannya terdapat pada bagian akhir artikel ini.

Mengganti Karburator

Apabila karburator bermasalah dan satu-satunya cara adalah dengan mengganti menggunakan karburator yang baru, maka perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, lepaskan kabel baterai negatif lebih dulu
  2. Lepaskan bagian yang terhubung pada karburator sepert tutup karburator, sambungan choke, saluran yang menuju bahan bakar dan lainnya.
  3. Ketiga, lepas mur dan baut yang tersambung ke karburator.
  4. Keempat, lepaslah karburator dengan hati-hati.
  5. Kelima, keringkan karburator dari sisa-sisa bahan bakar kemudian lepaskan gasket dari salurannya.

Setelah karburator lama terlepas, maka langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum memasang karburator baru ke mesin sepeda motor, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu karburator menggunakan cairan pembersih. Jangan bersihkan menggunakan air, ya.
  2. Bersihkan juga bagian-bagian yang akan terhubung pada karburator seperti, main jet, pilot jet atau needle jet.
  3. Setelah dibersihkan, maka karburator baru siap dipasangkan.
  4. Untuk mengetes apakah pemasangan berhasil dan tidak ada dampak buruk bagi komponen motor lainnya, lakukan beberapa pengetesan seperti melakukan pengereman selama 30-40 detik biarkan dingin selama beberapa menit sebelum digunakan kembali.

Itulah beberapa cara untuk mengganti karburator Honda BeAt dengan tepat. Pastikan langkah-langkah di atas dipraktekkan secara berurutan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Jangan lupa juga untuk memasang kembali komponen-komponen lainnya yang sempat dilepaskan ketika melakukan proses penggantian karburator.

About adit mr.

Check Also

Motor Mengeluarkan Asap Putih ? Inilah Solusinya

Motor Mengeluarkan Asap Putih, Inilah Solusinya – Sebagai pengguna kendaraan bermotor sudah selayaknya bagi kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *