Beranda Sponsored Universitas Terbaik Jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan di Bandung

Universitas Terbaik Jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan di Bandung

jurusan agribisnis di bandung dan jurusan teknologi pangan di bandung

Aksi corat coret seragam dan konvoi pasca kelulusan SMA merupakan satu hal yang sebenarnya tidak patut kamu lakukan. Daripada melakukan aksi konyol tersebut, lebih baik kamu memikirkan masa depan kamu pasca lepas dari SMA. Apakah akan bekerja atau melanjutkan kuliah? Seandainya kuliah, kamu pilih jurusan apa? Karena banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih, seperti jurusan agribisnis dan teknologi pangan yang sepertinya layak untuk kamu pertimbangkan.

Jika kamu belum tahu apa itu jurusan agribisnis dan jurusan teknologi pangan serta universitas mana yang terbaik. Khusus yang berdomisili di Bandung kami akan merekomendasikan jurusan agribisnis di Bandung dan jurusan teknologi pangan di Bandung dengan kualitas jempolan.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan agrobisnis dan teknologi pangan, sebaiknya ketahui dulu apa sih jurusan agribisnis itu? Dan apa jurusan teknologi pangan itu?

Tentu menjadi sesuatu hal yang sangat penting ketika kamu memilih jurusan yang sesuai dengan diri kamu dan kemampuan kamu. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan, ya!!!

Mengenal Jurusan Kuliah Agribisnis

Jurusan agribisnis di Bandung

Apa hal yang ada di benak kamu ketika mendengar istilah jurusan agribisnis? Sawah? Petani? Padi?

Jika iya, berarti kamu belum paham betul tentang jurusan agribisnis.

Sedikit gambaran nih… Negara – negara maju boleh lah pamer kapal perang canggih, senjata perang canggih, tank perang canggih serta teknologi – teknologi canggih lainnya tapi negara kita Indonesia juga tidak boleh kalah, kita punya beras, cabai, rempah – rempah serta hasil pertanian lainnya yang bisa menjadi “senjata perang” melawan globalisasi.

Agar negara ini memiliki “senjata perang” yang dihasilkan dari komoditas pertanian, maka negara ini membutuhkan pemikiran dan campur tangan dari lulusan agribisnis (sosial ekonomi pertanian). Jika kamu merupakan anak muda yang ingin memajukam negara ini melalui pertanian, jurusan agribisnis ini layak kamu pilih.

Jadi, apa itu jurusan agribisnis?

Jurusan agribisnis di Bandung

Agribisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu agribusiness, yang merupakan gabungan dari kata agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Jika di sederhanakan, agribisnis adalah bisnis / manajemen yang bergerak di bidang pertanian serta segala hal pendukungnya.

Agribisnis tidak hanya sekedar tanam, panen dan jual. Didalam agribisnis juga terdapat usaha komersil. Jadi, didalam agribisnis kamu harus memikirkan cara agar hasil pertanian yang menguntungkan. Mulai dari strategi bisnis dan cara mengemas hasil pertanian agar sesuai kebutuhan masyarakat. Ibarat mempelajari sebuah pohon, kamu akan mempelajari pohon tersebut mulai dari ujung akar sampai ujung daun dari pohon tersebut.

Jadi, agribisnis itu bergerak dari hulu sampai ke hilir. Tidak hanya masalah tanam dan panen hasil pertanian.

Lantas, apa yang dipelajari di jurusan agribisnis?

Agribisnis merupakan sebuah program studi yang menggabungkan ilmu soshum dan saintek. Kenapa demikian? Karena pada jurusan agribisnis, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan tentang budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk.

Perlu dicatat pula bahwa didalam jurusan agribisnis kamu tidak hanys mempelajari bisnis pertanian dan perkebunan. Karena didalam jurusan agribisnis kamu akan mempelajari tentang peternakan, perikanan dan juga perhutanan.

Ada hal menarik lagi yang bisa kamu temukan di jurusan agribisnis, apa itu?

Meskipun agribisnis lebih banyak membahas masalah ilmu bisnis dan ekonomi, tapi terdapat juga ilmu biologi. Hal ini berkaitan dengan yang dijual adalah hasil bumi yang berkaitan dengan sifat – sifat biologis.

Mata kuliah yang ada pada jurusan agribisnis adalah ekologi pertanian, sosiologi pertanian, matematika ekonomi, ekonomi mikro, serta ekonomi makro.

Ada beberapa universitas di Indonesia, salah satunya adalah Ma’soem University, universitas kualitas jempolan yang menyediakan jurusan agribisnis di Bandung.

Bagaimana prospek kerja lulusan jurusan agribisnis?

Sebagai seorang lulusan Agribisnis, kamu bisa menjadi seorang peneliti yang dibutuhkan negara dengan gaji minimal 8-9 juta rupiah. Kamu juga bisa menjadi pengusaha, pekerja pemerintah dibawah instansi dinas pertanian, pedagang komoditi baru, bahkan konsultan pertanian dan konsultan Agribisnis.

Mengenal Jurusan Kuliah Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan di bandung

Jurusan Teknologi Pangan. Ketika kamu mendengar nama jurusan itu, kira-kira jurusan tersebut belajar tentang apa? Tentang makanan? Betul, tetapi bukan itu saja! Jurusan ini mempelajari segala aspek mengenai makanan, mulai dari proses produksi hingga siap dikonsumsi.

Jadi, apa itu jurusan teknologi pangan

jurusan teknologi pangan di bandung

Jurusan Teknologi Pangan di luar negeri dikenal dengan nama Food Technology atau Food-Tech. Bidang studi ini pertama kali dikenal saat ilmuwan Loius Pasteur berhasil menemukan teknik pengolahan susu yang kini dikenal dengan nama pasteurization. Di era modern ini, Teknologi Pangan sudah semakin berkembang dan menelurkan berbagai produk pangan yang diandalkan oleh jutaan manusia di seluruh dunia, contohnya saja produk teh celup, susu kental manis, gula pasir, hingga bubur instan.

Secara umum, ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses yang disebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi. Fokus utama dari ilmu teknologi pangan ialah pada panganan dalam kemasan. Meski demikian, kamu juga akan mendapat pengetahuan soal proses panganan lainnya.

Lantas, apa yang dipelajari di jurusan teknologi pangan?

Di tahun pertama, kamu akan belajar dari dasar, mulai dari fisika, biologi, kimia, dan teknik. Dengan dasar tersebut kamu akan bisa memahami setiap ruang lingkup ilmu teknologi pangan.

Setelah itu, kamu akan masuk ke mata kuliah yang lebih khusus, misalnya ilmu bioteknologi, yaitu cabang ilmu biologi yang belajar bagaimana menggunakan organisme, sistem atau proses biologi untuk menghasilkan produk yang bisa dikonsumsi.

Mahasiswa juga akan mempelajari manajemen industri. Ini merupakan salah satu mata kuliah penting, karena akan mempelajari pembuatan produk, pengemasan, hingga distribusi produk pangan.

Beberapa contoh mata kuliah lainnya adalah Rekayasa Proses Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, Pangan dan Gizi, Pengemasan Pangan, Pengeringan dan Pendinginan, Teknologi Teh, Kopi dan Coklat, Teknologi Minyak Atsiri, Rempah dan Obat, Teknologi Fermentasi, Mikrobiologi Pangan dan Enzimonologi, alat dan mesin yang digunakan dalam proses industri pangan, bagaimana merencanakan pendirian sebuah pabrik atau usaha dalam bidang pangan, serta Kewirausahaan.

Bagaimana prospek kerja lulusan jurusan teknologi pangan?

Sebagai lulusan jurusan teknologi pangan, kamu bisa berkarir pada beberapa bidang berikut.

1. Quality Control/Pengendalian Mutu

Kebanyakan sarjana yang baru lulus diterima bekerja di bagian Pengendalian Mutu (quality control), dimana mereka bertugas untuk memastikan proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan.

2. Konsultan Pangan dan Gizi

Konsultan pangan dan gizi bertugas memberikan konsultasi bagi industri makanan tentang produksi, pemasaran, trend produk, serta kualitas produk makanan, permasalahan konsumsi gizi dan keamanan pangan.

3. Lingkup pemerintahan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Pertanian, Balitbang, POM(Pengawas Obat dan Makanan), LIPI,dll

4. Pengembangan Produk

Tidak mudah untuk diterima di bagian pengembangan produk di suatu perusahaan. Ini di karenakan posisi inilah yang memegang resep rahasia produk perusahaan.

Karena posisinya yang penting, staf pengembangan produk (product development) mendapat gaji yang lebih tinggi dan sering berhubungan dengan para pemimpin puncak di perusahaan, sehingga mereka berpeluang mendapat kenaikan pangkat lebih cepat dibandingkan para staf di QC.

Posisi tertinggi yang bisa diraih staf di bagian ini adalah Chief Technical Officer, atau Direktur Teknik.

5. Berwirausaha/ Pengusaha pangan

Tidak sedikit lulusan Ilmu Teknologi Pangan yang kemudian membuka usaha ekspor impor. Jika kamu mampu merencanakan dan mendirikan suatu perusahaan, menguasai manajemen perusahaan atau mengembangkan usaha yang telah berjalan, kamu berpeluang untuk membuat pabrik sendiri.

Rekomendasi Jurusan Agribisnis di Bandung dan Jurusan Teknologi Pangan di Bandung

Setelah membaca penjelasan mengenai jurusan agribisnis dan teknologi pangan diatas dan tertarik untuk memilih salah satunya. Tentu langkah selanjutnya adalah memilih universitas terbaik yang menerima jurusan agribisnis dan jurusan teknologi pangan.

Jika kamu sedang mencari jurusan agribisnis di Bandung dan jurusan teknologi pangan di Bandung, kamu bisa memilih Ma’soem University sebagai pilihan terbaik.

Kenapa memilih Ma’soem University?

Universitas Al Masoem atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan “Masoem University” atau biasa disingkat M.U. merupakan universitas yang didirikan oleh Yayasan AL Masoem Bandung. Kampus ini pada mulanya didirikan dengan nama AMIK Al Masoem dimana alumninya disalurkan untuk mengembangkan beberapa perusahaan milik Masoem Group. Adapun unit usaha yang digeluti/dimiliki oleh Al Masoem antara lain :

  1. Dunia Migas/SPBU Pertamina
  2. SPPBE / Elpigi
  3. Air Minum dalam Kemasan (Air Minum Al Masoem)
  4. Bank Syariah / BPRS Al Masoem
  5. Apotek Al Masoem
  6. Bengkel / Otomotif (Kios Mesran Al Masoem)

Namun seiring berjalannya waktu, kampus ini semakin diminati masyarakat sehingga para lulusannya tidak hanya ditempatkan di perusahaan Masoem Group, tetapi juga di perusahaan lain baik regional, maupun nasional.

Kampus Masoem University berlokasi di daerah Bandung Timur yang berbatasan langsung dengan kawasan pendidikan Jatinangor. Dengan Lokasi yang sangat strategis, yaitu hanya sekitar 4 menit dari gerbang tol cileunyi, dan sekitar 35 menit dari kawasan Nagreg dan perbatasan kota daerah Priangan Timur sekaligus termasuk kawasan pendidikan Jatinangor, Masoem University menjadi salah satu kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baik di Jawa Barat maupun daerah lainnya di Indonesia.

Selain itu, lokasi kampus yang sangat dekat dengan kawasan industri, seperti salah satu Pabrik Terbesar di Indonesia yaitu PT Kahatex dan pabrik-pabrik lain, membuat Kampus Masoem University menjadi salah satu pilihan favorit bagi Mahasiswa yang mengambil kelas sore/karyawan.

Kampus Masoem University juga memiliki Asrama khusus untuk mahasiswa yang berdomisili cukup jauh dari lokasi kuliah dengan biaya sangat terjangkau namun disertai fasilitas yang memadai. Dengan konsep “Pesantren Mahasiswa”, pengelola asrama akan membuat sebuah kebijakan yang “Bebas Bertanggung Jawab Sesuai Norma Islami”.

Info Tentang Ma’soem University

  • Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
  • Telp : 022 7798340
  • Whatsapp : 08156033022
jurusan agribisnis di bandung dan jurusan teknologi pangan di bandung

Visi dan Misi Ma’soem University

Visi: “Menjadi Perguruan Tinggi Bermutu Tinggi di Indonesia Tahun 2038 dengan Karakter Cageur, Bageur, Pinter.” Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas berbasis religius dan entrepreneurship;
  2. Melaksanakan penelitian yang berkualitas yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional;
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar nasional melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global;
  5. Membina civitas akademika dengan karakter Cageur, Bageur, Pinter; dan
  6. Menjalin kerjasama dengan instansi/ lembaga/ perusahaan yang mendukung terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam berbagai disiplin ilmu yang dikembangkan;
  2. Menghasilkan penelitian dan produk yang berkualitas dan dapat berperan meningkatkan daya saing nasional;
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional
  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar nasional melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global; dan
  5. Menghasilkan civitas akademika dengan karakter Cageur, Bageur, Pinter

Itulah pembahasan tentang Jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan serta prospek kerjanya. Serta universitas terbaik yang menerima jurursan agribisnis di Bandung dan jurusan teknologi pangan di Bandung. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan dan universitas.

Mau kuliah jurusan agribisnis di Bandung dan jurusan teknologi pangan di Bandung? Ya, cuma di Ma’soem University.