Beranda Materi Otomotif Pengenalan Jenis Sistem Pengapian Sepeda Motor

Pengenalan Jenis Sistem Pengapian Sepeda Motor

jenis sistem pengapian sepeda motor

Masbengkel.com – Sepeda motor adalah sebuah unit kendaraan yang didalamnya terdapat komponen-komponen pendukung yang membuat sepeda motor mampu melaju membawa pengendara pergi sesuai keinginannya. Terdapat ratusan komponen yang terdapat pada satu unit sepeda motor yang seluruhnya memiliki fungsi masing-masing.

Mulai dari sistem kopling, sistem pembakaran, sistem kompresi, sistem pengereman, serta sistem pengapian dan masih banyak lagi.

Pengenalan Sistem Pengapian Sepeda Motor

Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Sistem Pengapian Pada Sepeda Motor. Sistem ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan percikan api pada busi.

Baca Juga: Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Hilang, Apa Penyebabnya?

Yang nantinya, Percikan bunga api pada busi akan difungsikan sebagai pembakaran di dalam ruang silinder atau ruang bakar yang diakhiri dengan langkah kompresi.

Dalam sejarah perkembangan motor, terdapat beberapa sistem pengapian. Dari beberapa sistem pengapian, mungkin yang paling sering dibicarakan adalah sistem pengapian CDI.

Sistem ini dianggap sebagai sistem yang paling sempurna. Karena dianggap sebagai sistem pengapian yang paling baik, tidak salah jika sistem ini lebih dikenal daripada sistem pengapian yang lain.

Baca Juga: Pengapian Motor Hilang Timbul, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kembali lagi pada sistem pengapian pada motor. Sistem yang memang wajib ada pada sebuah unit kendaraan bermotor. Entah itu mobil ataupun motor.

Beberapa tipe pengapian pada motor adalah sebagai berikut;

  • Sistem pengapian Konvensional 
  • Sistem pengapian Transistor 
  • Sistem pengapian CDI 
  • Sistem pengapian DLI

Keempat sistem pengapian itu, memiliki karakter serta prinsip kerja tersendiri. Namun tujuannya sama yaitu untuk menghasilkan percikan bunga api pada busi.

Dalam perkembangannya, saat ini motor menggunakan ECM / ECU sebagai pengganti CDI. Pergantian teknologi mesin dari karburator ke injeksi menjadi salah satu penyebab sistem pengapian CDI mulai di tinggalkan.

Baca Juga: Cara Kerja Pengapian CDI Beserta Komponen Disertai Fungsinya

ECM / ECU secara umum memiliki fungsi yang sama seperti CDI. Yang membedakan adalah sensor yang terdapat pada ECU / ECM.

Kerja ECU / ECM pun terbilang lebih kompleks daripada kerja dari CDI.

Catatan:

  • CDI (Capacitor Discharge Ignition 
  • DLI (Distributor less Ignition) 
  • ECM (Engine Control Module) 
  • ECU (Engine Control Unit)

ECM dan ECU adalah sama.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai jenis-jenis pengapian sepeda motor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here