Advertisement
Review

Kenali Jenis – Jenis Motor Harley Davidson

Advertisement

Jenis Motor Harley Davidson – Jika kalian sedang membicarakan motor gede alias moge, tentu bakalan terselip motor Harley Davidson dalam pembicaraan tersebut. Tapi, tahukah kalian jika mtor Harley Davidson terdapat beberapa jenis ?

Sejarah Singkat Harley Davidson

Singkat cerita, Harley Davidson dikembangkan oleh dua orang nernama Bill Harley dan Arthur Walter Davidson pada tahun 1903 didaerah Milwaukee, Amerika Serikat. Hasil kerja keras keduanya membuahkan hasil pada tahun 1905 motor hasil karyanya dibeli oleh seseorang yang suka dengan produknya. Sampai pada tahun 1908, keduanya berhasil menjual 154 unit motor.

Dari banyaknya peminat karya keduanya, akhirnya Bill dan Arthur emiliki sebuah pabrik yang hanya berdiri dari sebuah papan kayu. Pabrik tersebut adalah milik dari ayah dari Arthur. Dalam perkembangannya, akhirnya William, yang juga keluarga dari Arthur Davidson mulai bergabung. Pada tahun 1909, Bill melakukan sebuah proyek bernama V-Twin 1000cc. Pada waktu itu, mesin karya dari Bill mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7 hp.

Mesin inilah yang menjadi awal mula dari mesin V-Twin 45 derajat dari Harley saat ini. selanjutnya berlanjut pada tahun 1912 dimana ini adalah fase fase perkembangan pesat dari sebuah produk mahakarya yang melegenda. Pada tahun itu saja, di Amerika sudah ada 200 dealer dan penjualan Harley sudah mulai di ekspor ke Jepang.

Jenis Motor Harley Davidson

Jika kalian tertarik untuk membeli motor Harley Davidson, lebih baik kenali dulu tipe dan jenis – jenis motor Harley Davidson.

Seperti dilansir dari laman autos.id, berikut ini merupakan jenis dan tipe motor Harley Davidson.

Advertisement

Touring

Jenis motor harley-davidson
Copyright Autos.id

Jenis motor Harley Davidson ini juga sering disebut sebagai “Baggers”. Seperti namanya, model Harley Davidson ini memang dirancang khusus untuk perjalanan jauh. Bobot beban dari motor menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih motor touring.

Akan tetapi, dengan Harley model Touring ini, akan tetap memberikan rasa nyaman dalam berkendara meskipun berkendara selama berjam-jam. Motor ini punya berat total mencapai sekitar 400 kg jika semua perlengkapan sudah terpasang.

Cruiser

Jenis motor harley davidson
Copyright Autos.id

Harley Davidson jenis Cruiser sekilas memang sangat mirip dengan model touring, tetapi model Cruiser masih dapat dikelompokkan ke dalam tipe HD Softail. Harley Fat Boy, Heritage termasuk dalam Harley-Davidson jenis Cruiser. Walaupun dalam hal bobotnya tipe Cruiser lebih ringan daripada tipe Touring, bagi rider yang akan mengendari tipe jenis ini harus tetap berhati-hati.

Softail

Jenis motor harley davidson
Copyright Autos.id

Salah satu ciri khas dari jenis softail ini adalah bagian depan yang terlihat sangat kaku layaknya sepeda motor pegunungan.

Ciri khas lainnya adalah, shockbreaker belakang di sembunyikan agar pengendara bisa nyaman saat mengendari Harley Davidson jenis softail ini.

Advertisement

Dyna

Copyright Autos.id

Dikenal juga dengan sebutan “Rubber Mount”, karena jenis Dyna memiliki 2 shockbreaker yang berada dibagian belakang. Yang bikin berbeda dari jenis Harley-Davidson yang lain adalah, jenis Dyna memiliki karet pada bagian mesinnya yang berfungsi untuk mengurangi getaran pada mesin.

Sportster

jenis motor harley davidson
Copyright Autos.id

Jangam salah, Harley Davidson ternyata juga memproduksi motor dengan tipe sport. Tipe ini juga dikenal sebagai Sportster atau XL. Mempunyai bodi yang ramping serta memiliki bobot yang lebih ringan daripada Harley Davidson yang lain. Terdapat dua varian mesin yang ditawarkan yaitu 883 dan 1200.

V-Rod

jenis motor harley davidson
Copyright Autos.id

V-Rod merupakan model terbaru dari jenis-jenis motor Harley-Davidson. Jenis V-Rod merupakan model yang sangat berbeda, dengan menggabungkan konsep desain yang mengusung power dan style dari motor sport. Pada bagian mesinnya, Harley-Davidson memasangkan water cooled.

Buell

jenis motor harley davidson
Copyright Autos.id

Jangan kaget apalagi panik ketika melihat motor Harley Davidson jensi buell ini. Karena Harley Davidson jenis buell sangat berbeda dari jenis-jenis Harley-Davidson yang lain. Dikarenakan jenis Buell sengaja dirakit layaknya sebuah motorsport. Motor ini sangat bandel dan cocok untuk dikendarai harian.

Demikian artikel jenis motor harley davidson dan harganya bisa di cek langsung disini atau bisa cek diartikel berikut Daftar Harga Motor Harley Davidson Terbaru.

Sumber artikel : Autos.id

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close