Jenis dan Tipe Karburator Sepeda Motor

Diposting pada

Jenis dan Tipe Karburator Sepeda Motor – Mesin sepeda motor merupakan sebuah kesatuan, komponen satu dengan yang lain saling bahu membahu sehingga sebuah kendaraan mampu menyala dan dikendarai dari satu tempat ketempat yang lain.

Salah satu komponen yang berperan penting adalah karburator. Fungsi dari komponen ini sangat vital, mengingat bahan bakar dan udara akan di proses di dalam karburator sebelum akhirnya di kirimkan ke area ruang bakar di dalam mesin. Baca Cara Kerja Karburator Lengkap

Adapun jenis dan tipe karburator yang terdapat pada sepeda motor. Tipe dan jenis ini memiliki karakteristik dan cara kerja yang berbeda. Untuk jenis dan tipw karburator dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ;

  1. Perbedaan berdasarkan tipe throttle valve dan tipe venturi
  2. Dibedakan berdasarkan aliran / draft
  3. Dibedakan berdasarkan konstruksi

Untuk mengetahui perbedaan serta cara kerja ketiga tipe dan jenis karburator tersebut, mari kita bahas satu persatu.

Jenis dan Tipe Karburator Sepeda Motor

Disini saya akan menjelaskan tentang materi karburator yang membahas jenis dan tipe kaburator, antara lain :

  • Perbedaan Berdasarkan Tipe Throttle Valve dan Tipe Venturi
  • Dibedakan berdasarkan aliran / draft
  • Dibedakan berdasarkan konstruksi

#1. Perbedaan Berdasarkan Tipe Throttle Valve dan Tipe Venturi

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai tipe karburator sepeda motor berdasarkan tipe throttle valve dan tipe venturi. Dan tipe – tipenya adalah sebagai berikut.

Piston throttle valve dan variable venturi

Piston throttle valve ditempatkan didalam venturi dan langsung dioperasikan oleh kabel gas. Oleh karena itu, diameter ventury dapat berubah – ubah menurut aliran campuran dalam karburator.

Butterfly throttle valve dan invariable venturi

Untuk jenis karburator sepeda motor ini, throttle langsung dioperasikan oleh kabel gas dan venturi dalam posisi tetap / fixed venturi untuk mensuplai campuran gas.

Butterfly throttle valve dan variable venturi

Tipe karburator ini mempunyai butterfly throttle valve dan piston valve didalam venturi. Piston secara otomatis bergerak keatas dan kebawah oleh tekanan negative yang bervariasi. Campuran mengalir diatur oleh butterfly dan piston valves (Automatic-variable venturi).

#2. Dibedakan Berdasarkan Aliran / Draft

Tipe karburator ini dibedakan berdasarkan aliran dari campuran bahan bakar dan udara.

Tipe horinzontal draft atau tipe side draft

Tipe karburator ini banyak dipakai pada sepeda motor. Pancaran campuran gas mengalir secara horizontal.

Tipe down draft

Tipe kaburator ini biasanya dipakai pada mobil, dimana pancaran udara dengan posisi tegak / vertikal, oleh karenanya, campuran mengalir kebawah.

#3. Dibedakan Berdasarkan Konstruksi

Yang terakhir dari jenis dan tipe karburator adalah dibedakan berdasarkan konstruksi karburator.

Karburator VM

Jika throttle valve dioperasikan oleh handel gas, piston throttle valve bergerak keatas dan kebawah. Oleh karena itu, diameter venturi dapat dibuat berbagai macam untuk mengontrol aliran campuran.

Ruang pelampung ditempatkan dibawah throttle valve, dan saluran bahan bakar terdiri dari slow sirkuit dan main sirkuit, banyak dipakai pada sepeda motor lama, terutama mesin 2 langkah dan sebagian 4 langkah.

Karburator SU (Carburator CV)

Jika handle gas dioperasikan, butterfly throttle valve membuka dan menutup. Piston valve yang berada ditengah pancara udara membuka dan menutup oleh tekanan negatif dalam sistem pemasukan.

Oleh karena itu, diameter venturi dapat bervariasi sehingga aliran kecepatan konstan dapat dipertahankan. Untuk itu disebut Automatic Variable Venturi.

Kecuali untuk sistem throttle valve, tipe karburator SU mempunyai konstruksi yang sama seperti kaburator VM.

Tipe karburator SU biasanya dipakai pada mesin 2 langkah, memberikan putaran yang halus / stabil hingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.

Demikian artikel singkat yang menjelaskan tentang jenis dan tipe karburator sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *