Home / Materi Otomotif / Jalur Lampu Sein Motor (Gambar dan Penjelasannya)
jalur lampu sein sepeda motor
jalur lampu sein sepeda motor

Jalur Lampu Sein Motor (Gambar dan Penjelasannya)

Halooo Gaeeesss… Nah, karena lagi ramai dan tren Halo Gaes, jadi saya ngikut aja biar ikut ngetren. Wkwkwkwk. Jadi gini gaesss.. Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah di bengkel yang bisa dibilang masalah yang ringan, yakni lampu sein belakang tidak menyala. Setelah melihat jalur lampu sein pada motor nya. Ternyata terdapat kabel massa dari lampu sein yang putus. Kabel saya sambung lagi, akhirnya CLBK gaess. Hhahaha. Alias lampu sein bisa nyala dengan normal.

Karena kasus tersebut, saya jadi tertarik untuk membuat artikel yang menjelaskan bagaimana jalur lampu sein pada motor beserta gambarnya. Hal ini juga karena bapak yang punya motor bilang “njelimet yo mas jalur lampu pada motor”. Saya pun mengangguk, tujuannya agar dapat ongkos kerja yang lumauan tinggi.. Wkwkwkwkw. Meskipun sebenarnya jalur lampu sein pada motor tidak seribet yang bapak itu katakan.

Jalur Lampu Sein Pada Sepeda Motor

Karena secara garis besar, jalur lampu sein motor adalah dimulai dari aki > flasher > saklar > lampu sein depan / lampu sein belakang. Jadi, gak seribet kalau kita membicarakan jalur kabel pada cdi motor.

Gambar Rangkaian Jalur Lampu Sein Sepeda Motor

Coba perhatikan gambar jalur lampu sein pada myor dibawah ini. Gambar ini merupakan rangkaian kabel lampu sein pada motor.

Pada gambar tersebut memperlihatkan seperti apa yang saya katakan sebelumnya kalau lampu sein hanya memiliki jalur di aki, flasher, saklar, dan lampu sein. Namun, diantara aki dan flasher terdapat komponen sekring (fuse) yang berfungsi sebagai pengaman kelistrikan serta komponen kunci kontak yang tidak perlu saya jelaskan fungsinya.

Tentu, dengan melihat diagram kelistrikan jalur lampu sein pada motor tersebut, sobat gak bingung lagi ketika akan memperbaiki lampi sein yang rusak. Adapaun kerusakan lampu sein yang sering terjadi adalah lampu sein mati dan lampu tidak mau berkedip.

Jika kamu membuat rangkaian baru, dan mendapati lampu sein yang hanya punya satu kabel, gak perlu kawatir, sobat bisa artikel ini Cara Pasang Lampu Sein Satu Kabel yang pernah saya bahas di blog ini.

Okeee gaesssss… Sekian dulu basa – basi saya kali ini yang lebih banyak bacotnya ketimbang tutorialnya. Tapi gak apa – apa lah, yang penting adalah gambar diagram jalur lampu sein motor sudah kamu dapatkan. So, sekian dan terima kasih.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Pembuangan oli motor bocor

Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

MasBengkel.com – Broo… Salah satu kewajiban kits sebagai pemiliki motor adalah merawat motor dengan baik. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *