Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Idling Stop Tidak Berfungsi ? Jangan Panik.. Cek 7 Hal ini

Advertisement

Banyak kasus yang saya temukan bahwa pemilik motor Honda yang mengeluh karena teknologi Idling Stop System (ISS) pada motor Honda mereka tidak berfungsi. Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel untuk dilakukan pengecekan pada motornya. Dari pengalaman yang saya, ditemukan bahwa banyak dari konsumen yang belum mengerti “syarat syarat” agar Idling Stop System (ISS) bisa berfungsi dengan baik.

Nah, daripada kamu keburu panik karena idling stop tidak berfungsi, berikut ini syarat – syarat yang harus dipenuhi jika ingin teknologi idling stop system bisa bekerja dengan baik.

1. Pastikan Starter Motor Menggunakan Starter Elektrik

Ternyata banyak pengguna motor yang menggunakam teknologi ISS belum tahu jika teknologi pada ISS atau idling stop system tidak akam berfungsi jika motor di starter menggunakan kick starter.

Perlu diketahui bahwa, fungsi ISS tidak akan berfungsi apabila kamu melakukan starter menggunakan kick starter.

Baca Juga : Aki Motor Baru Tapi Tidak Bisa Starter? Ganti Komponen ini

2. Cek Posisi Switch ISS

Kadang – kadang pengendara motor keburu panik ketika mendapati motornya bermasalah, salah satunya adalah masalah pada ISS.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa pada motor yang memiliki teknologi ISS terdapat switch ISS yang terdapat dibagian kanan atau diatas tombol starter elektrik.

Pada switch ISS terdapat dua pilihan yakni Idling dan Idling Stop. Jika ingin mengaktifkan ISS, maka posisi saklar harus berada di Idling Stop (klik kebawah).

Setelah itu maka lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat bekerja.

Baca Juga : Daftar Kode MIL Honda, Catat Bro Biar Gak Lupa

3. Pastikan Motor Telah “Berlari” dengan Kecepatan Lebih dari 10 km/jam

Idling stop sistem akan bekerja jika saat kecepatan motor lebih dari 10 km/jam yang terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. Sensor ini akan mendeteksi putaran gigi dan saat sensor ini mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM, yang mengendalikan idling stop sistem.

Advertisement

4. Putaran Mesin Standar Mencapai 1600 ±100 rpm

Putaran mesin standar ini dipengaruhi oleh pencapaian kecepatan yang melebihi 10 km/jam dan masih sama terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor.

5. Pastikan Bahwa Temperatur Mesin Telah Mencapai 60° C

Untuk motor Honda sudah dibekali oleh teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang secara otomatis dapat mengetahui temperatur mesin. Ketika temperatur mesin sudah melampaui 60 derajat Celcius, idling stop sistem baru akan mulai beroperasi.

6. Pastikan Jika Handle Gas Sudah Tertutup Dengan Rapat

Sistem ISS akan beroperasi dengan memastikan handle gas dalam posisi tertutup. Kejadian ini biasa terjadi pada saat berhenti pada lampu merah atau dalam kondisi jalanan macet.

Melepas handle gas bukan berarti handel gas / trhottle sudah tertutup. Karena pada beberapa kasus, handel gas tidak bisa menutup dengan sempurna karena per gas sudah di entengin sehingga handel gas tidak bisa kembali atau tertutp denan sempurna.

Baca Juga : Ukuran Oli Shock Depan Motor Sesuai Standar Pabrik

7. Motor Berhenti Setidaknya Selama 3 Detik

Rentan waktu yang diperlukan untuk mengetahui ISS beroperasi yaitu 3 detik setelah berhenti. Vehicle Speed Sensor dan Throttle Position Sensor akan otomatis mendeteksi  rentan waktu tersebut. Lampu indikator pada panel speedometer akan berkedip yang memastikan sistem ISS berfungsi.

Jika ketujuh hal diatas sudah kamu lakukan namun idling stop masih tidak berfungsi. Ada kemungkinan penyebab idling stop tidak berfungsi di akibatkan kerusakam pada sensor EVT dan sensor VS. Jika hal ini terjadi, sebaiknya bawa saja ke bengkel.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close