fungsi tune up pada motor

Fungsi Tune Up Pada Motor Dan Manfaatnya

Masbengkel.coom, Fungsi Tune Up Pada Motor – Bagi motor yang kamu miliiki digunakan untuk menjalankan semua aktivitas, lama – kelamaan motor tersebut akan menalami penurunan performa karena ada beberapa komponen yang mengalami perubahan bentuk, sudut mauupuun terdapat debu dan kotoran.

Perubahann bentuk dan sudut ini bisa saja terjadi karena pada beberapa komponen motor terus bergerak dan saling bergesak satu sama yang lain. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka komponen tersebut akan mengalamai perubahann suduti dan bentuk. Untuk mengembalikann ke kondisi semula motor kamu perlu dilakukan tune up. Untuk arti tune up sendiri saya sudah membuat artiikelnya silahhkan baca artikel berikut pengertian tune up pada motor.

Fungsi dan Tujuan Tune Up Pada Motor

Tune up merupakan sebuah tindakan yang wajib pengendara lakukan tiap beberapa bulan sekali tergantung dari pemakaian kendraan. Hal ini bertujuan agar performa motor tetap dalam kondisi prima saat kamu buat untuk beraktifitas. Lalu, apa saj sih manfaat dana funsgi dari tune up pada motor ? Begini penjelasannya.

Memaksimalkan Performa Motor

Performa bisa merosot jika tidak dilakukan perawatan secara rutin. Ada banyak komponen yang mengalami perubahan bentuk dan sudut akibat dari pemakaian sehari – hari. Adapun perubahan bentuk ini terjadi karena gesekan yang terjadi secara terus menerus akibat dari pemakaian pada motor.

Sebut saja salah satu komponen yang mengalami perubahan adalah klep atau katup. Komponen ini sedikit banyak akan mengalami perubahann bentuk maupun sudut karena klep atau katup akan secara terus bergerak. Perubahan terjadi pada bagian payung klep dan juga batang klep. Payung klep akan terganjal kotoran dan payung klep akan sedikit berubah bentuk.

Dan hal ini akan membuat kerenggangan klep. Jika ini terjadi maka motor kamu akan mengalami penurunan performa. Fuungsi dari tune up adalah melakuukan penyetelan ulang pada kerenggangan klep uuntuk mengembalikan performa motor ke kondisi semula. Belum lagu komponen lain seperti filter udara yang kotor serta karburator yang mulai mampet serta komponen – komponen yang perlu untuk di cek ketika performa motor menurun.

Membuat Motor Lebih Awet

Perlu kamu kethaui bahwa fungsi tune uup pada motor selain menjaga performa motor juga bisa membuat motor menjadi lebih awet jika dibandingkan motor yang tidak pernah atau jarang melakkukan tune up pada motor. Saya contohkann salahh satu kasus kecil saja. Misalkkan komponen filter udara.

Jika kamu jarang atau tidak pernah melakukan tune up pada motor maka yang terjaadi adalah filtter udara akan mengalami penumpukan debuu atau kotoran di spon filter udara. Penumpukan debu dan kotoran ini akan menyebabkan mesin motor mudah panas karena mesin motor harus bekerja lebih ekstra. Selain itu, filtter udara yang kotor akan menyebabkan kotoran yang menumpuk di filtter udara akan masuk ke bagian mesin dalam. Jika dibiarkan lama – lama akan merusak mesin motor kamu.

Mengindarai Mogok Secara Tiba Tiba

Kamu tentu gak mau kan ketika motor yang akan kamu kerja tiba tiba ngadat atau mogk ? Nah, untuk mengindari hal ini sebaiknya lakuan perawatan atau tune up secara rutin agar masalah motor yang mogok secara tiba tiba bisa di minimalisir. Karena ketika melakukan tune up, jika da komponen yang akan mengalami kerusakan sudah diganti sebelum komponen tersebut rusak sdan membbuat motor kamu menjadi mogok dan macet.

Lebih Hemat Pengeluaran

Ini mungkin salah satu fungsi tune up yang paling kamu carri – cari. Karena dengan melakukan tune up secara rutin secara tidak lanngsung kamu akan lebih hemat dalam penngeluuaran. Kok bisa ? Tune up kan juga bayar ? Itu pun harus dilakukan secara rutin. Bagaimana mungkiin bisa menghemat pengeluaran ?

Tentu saja bisa !!! Karena dengan melakukan tune up secara rutin kamu sudah bisa menghemat pembelian bahan bakar. Perlu kamu catat bahwa jika tune up motor dilakukan secara rutin dan benar maka akan bisa menghemat bahan bakar pada motor. Seperti yang sudah saya jelaskan diats tentang kasus dari filter udara yang mampet. Kondisi filter udara yang bagus akan membuat motor lebiih hemat bahan bakar.

Itu masih bicara tentang filter udara, belum lagi bicara tentang busi, karburator dan komponen – komponen lain yang bisa mempengaruhi boros tidaknya bahan bakar. Nah, selain menghemat bahan bakar pada motor. Dengan melakukan tune up secara rutin kamu juga bisa menghindarkan motor dari service besar atau turun mesin. Karena dengan melakukan tune up secara rutin pada motor, secara tidak langsung akan merawat bagian – bagian mesin motor yang bisa membuat mesin motor turun mesin.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *