Mengenal Fungsi Handguard Pada Sepeda Motor

Diposting pada

Mengenal Fungsi Handguard Pada Sepeda Motor – Sudah banyak sekali komponen pelindung sepeda motor sperti Engine-Guard, Headlamp-Mask, dan Handguard yang beredar dipasaran. Peredaran barang aftermarket tersebut biasanya di tujukan untuk sepeda motor petualang.

Namun, sejak tahun 2011 silam, ajang balap MotoGP pun mengharuskan pesertanya untuk menggunakan aksesori pelindung pada stang.

Sebenarnya Apa Fungsi Handguard

Terdapat dua jenis pelindung tangan pada sepeda motor, yaitu Lever-Guard dan Hand-Guard. Lever-Guard biasanya digunakan untuk motor sport, sedangkan Hand-Guard digunakan untuk motor adventure. Selain bentuknya yang berbeda, fungsi dari keduanya pun berbeda meskipun sama-sama sebagai pelindung.

Seperti namanya, lever-guard berfungsi melindungi tuas rem dan kopling ketika motor terguling. Selain itu, aksesori ini mencegah tuas rem tertekan ketika berdempetan dengan sepeda motor lain. Karena itulah, ukurannya tak terlalu besar.

Beda halnya dengan handguard pada sepeda motor petualang. Aksesori ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan lebar. Bahkan, material penopangnya terbuat dari bahan yang keras dan tebal.

Hal itu dilakukan untuk melindungi tangan dari ranting-ranting pohon ketika harus melalui daerah hutan. Handguard juga berfungsi mencegah tangan terkena lontaran batu dari kendaraan di depan.

Selain itu, HandGuard juga memiliki fungsi untuk mencegah tuas rem dan kopling patah saat ketika terjatuh layaknya Lever-Guard.

Itulah fungsi handguard pada sepeda motor, selain fungsi di atas, Hand-guard juga mampu meminimalisir paparan angin pada tangan saat melakukan perjalanan di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *