Efek Knalpot Bobokan Untuk Motor Standar

Efek Knalpot Bobokan – Tidak ada yang sempurna untuk motor bawaan pabrik. Ya, kalimat tersebut mewakili biker yang suka mengutak-atik motornya. Entah itu tampilan ataupun performa motor. Salah satu komponen yang sering mendapat pembaruan adalah knalpot.

Knalpot bawaan pabrik dianggap sebagai biang kerok performa motor. Melakukan perubahan pada knalpot bukan hanya melakukan pergantian dari knalpot standart ke knalpot racing saja, melainkan ada hal lain yang dilakukan untuk meng-upgrade knalpotnya yaitu dengan cara memboboknya.

Knalpot bobokan digemari, selain dikarenakan lebih murah ketimbang membeli knalpot racing, pemilihan variasi ini dilakukan karena suara yang dihasilkan bisa lebih “ganas”. Tapi, apakah berpengaruh ke performa mesin? Sebelumnya, kita ketahui dulu apa itu bobok knalpot.

Knalpot bobokan adalah knalpot standar bawaan motor yang silensernya dimodifikasi agar lebih plong.

Untuk pemakaian knalpot bobokan di motor standar, tidak perlu ikut mengganti leher knalpot. Bila ingin mengganti leher knalpot, mesin juga harus menyesuaikan agar tidak ‘ngempos’.

Efek knalpot bobokan dengan performa motor

Pengaruhnya sangat sedikit jika di aplikasikan pada motor standart. Karena sebenarnya knalpot bobokan harus di imbangi dengan leher knalpot yang agak besar. Jika motor bore-up peningkatan performanya lebih terasa, tapi kembali lagi pada cara melakukan bobokan dan perubahan pada leher knalpot.

Karena pada motor bore-up, butuh perhitungan yang matang. Jangankan untuk besar kecil lubang knalpot, lekukan pada knalpot pun sangat berpengaruh terhadap performa motor. Baca juga : Efek Knalpot Bobokan Pada Mesin Injeksi

Jika motor masih dalam keadaan standart / bawaan pabrik. lebih baik memakai knalpot standar. Pemakaian knalpot bobokan atau racing, lebih baik dipasang pada motor yang sudah di bore up.

Demikian apa yang saya sampaikan tentang knalpot bobokan dan efek knalpot bobokan pada mesin. Semoga bermanfaat.

2 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *