ciri fuel pump motor rusak.jpg

Ciri Fuel Pump Motor Rusak : 3 Ciri Utama

Masbengkel.com, Ciri Fuel Pump Motor Rusak – Honda dan Yamaha berada digaris terdepan dalam hal penjualan sepeda motor di Indonesia. Baik Yamaha dan Honda seperti tidak saingan untuk kelas motor harian. Beda cerita jika bicara tentang motor trail atau super moto. Karena di pangsa tersebut Kawasaki lebih menguasai, meskipun Honda dan Yamaha mencoba mengusik kejayaan Kawasaki dengan mengeluarkan motor bertipe super motor dan trail.

Bicara tentang motor baru, tentu tidak lepas dari teknologi fuel injection yang melekat pada setiap motor baru. Mungkin kedepannya kita tidak akn lagi asyik dan pusing oprek karburator. Karena ke depannya saya yakin teknologi akan makin merajalela. Tidak akan ada lagi motor dengan jenis karburator. Untuk saat ini, mungkin sebaian orang masih mempertahankan motor lamanya karena berbagai pertimbangan.

Ciri Ciri Fuel Pump Motor Rusak

Kalau boleh jujur, awal – awal kemunculan motor injeksi membuat saya pusing. Saat itu saya belum tahu bagaimana cara kerja ECM dan bagaimana cara kerja fuel pump. Saya ingat betul waktu itu saya selalu menolak motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi dengan alasan alat tidak memadai. Waktu itu, yang awal – awal menggunakan injeksi seingat saya adalah Yamaha Vixion.

Dari situ saya mulai belajar banyak tentang injeksi, karena keyakinan saya waktu itu teknologi ini pasti kedepannya bakalan lebih ramai dan semua motor pasti akan menggunakan sistem injeksi. Dan benar saja, setelah 10 tahun berlalu, semua motor sekararng menggunakan sistem injkesi. Waktu itu pun saya memutuskan untuk masuk ke dealer resmi Honda. Tujuan saya hanya mencari tahu tenang sistem injeksi. Ngga lama, cuma 3 bulan saya belajar dan kembali ke bengkel umum.

Dari apa yang saya pelajari di dealer, saya menemukan banyak hal. Mulai dar cara kerja ECU serta ciri ciri fuel pump motor rusak. Mekanik memang begitu sih menurutku, harus terus belajar dan belajar. Kita ngga tahu teknologi apalagi kedepannya yang ada pada motor. Jadii sebagai mekanik saya harus siap. Baik, itu adalah cerita saya awal mula munculnya sistem injeksi. Kembali ke topik, berikut ini adalah ciri ciri jika fuel pump motor rusak yang wajiib kamu ketahui.

Indikator MIL Berkedip

Indikator MIL bagi saya adalah salah satu kelebihan dari motor dengan sistemm injeksi. Indikator MIL ini letaknya ada di dashbord ya, dan biasanya berwarna oranye. Indikator MIL ini akan berkedip jika terdapat sensor yang rusak motor. Indikator ini saya sebut sebagai mata kedua mekanik seperti saya. Dengan adanya indikator ini saya jadi tahu sensor mana yang rusak.

Bahkan. Salah satu ciri ciri fuel pump motor rusak bisa dilihat menggunakan kedipan dari lampu MIL. Pada saat kunci kontak pada posisi on, MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pnah, ketika lampu MIL menyala ECM akan mendeteksi kerusakan pada sistem sensor. Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati.

Motor Susah Di Hidupkan

Fuel pomp yang berarti pompa bensin merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa bensi dari tangki motor ke bagian injektor. Ketika kontak di ON kan, maka fuel pump akan menyala dibarengi dengan suara mendengung dari fuel pump. Ketika di ON kan pertam kali, fuel pump akan menyemprotkan bahan bakar ke injektor. Langkah ini bertujuan agar motor bisa dengan mudah di hidupkan.

Jika fuel pump rusak maka tekanan dari tangki motor ke injektor akan melemah. Dengan melemahnya tekanan dari fuel pump maka secara tidak langsung akan membuat pasokan didalam injektor menjadi kurang sehingga mengakibatkan motor injeksi susah untuk di hidupkan. Namun bisa saya pasokan bahan bakar ke injektor berkurang bukan karena fuel pump. Selang injektor juga bisa mengakibatkan pasokan bahan bakar ke injektor berkurang.

Fuel Pump Tidak Berdengung

Cara kerja fuel pump sebensarnya sama dengan pompa air atau kalau orang jawa bilang sanyo. Komponen ini akan berdengung / menimbulkan suara ketika bekerja. Dengungan ini diakibbatkan mesin pada fuel pump yang bekerja secara terus menerus mengalirkan bahan baar dari tangki motor ke injektor. Jika fuel pump motor rusak, maka fuel pump tidakk akan berdengung bahkan saat pertam kali kontak di ON kan. Ini salah satu cara saya mendeteksi kerusakan fuel pump.

Cara Mendeteksi Fuel Pump

Selain mendengarkan dengungan dari fuel pump. Untuk mendeteksi fuel pump yang rusak bisa dengan cara melepas bagian selang inejektor. Nnamun pastikan kunci kontak pada posisi OFF. Saat selang sudah lepas, ON kan kunci kontak. Jika selang injektor tidak menyemprokan bahan bakar atau semprotannya lemah maka bisa dipastikan fuel pump motor injeksi rusak.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *