ciri ciri tromol belakang ngantong

Ciri Ciri Tromol Belakang Ngantong dan Penyebabnya

Ciri Ciri Tromol Belakang Ngantong – Tromol merupakan komponen utama pada sistem rem yang menggunakan jenis rem tromol. Fungsi dari tromol adalah sebagai bidang gesek sepatu rem. Akibat dari gesekan tersebut maka akan terjadi daya pengereman pada motor. Dari pengalaman saya selama di bengkel, terdapat beberapa motor tromolnya ngantong alias tidak rata. Padahal hal ini akan mempengaruhi kinerja dari rem tersebut.

Karena rem merupakan salah satu sistem keselamatan saat berkendara. Jika kondisi rem yang kurang baik akan meningkatkan resiko kecelakaan serta mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jika motor yang kamu pakai masih menggunakan rem tromol, sebaiknya perhatikan beberapa komponen rem tromol termasuk tromol untuk memastikan bahwa komponen tersebut masih layak pakai.

Ciri Ciri Tromol Belakang Ngantong Atau Tidak Rata Pada Motor

Untuk mengetahui kondisi komponen rem tromol masih layak atau tidak, kamu tidak harus melakukan pembongkaran, seperti yang terjadi pada tromol yang ngantong. Berikut ini merupakan ciri ciri tromol belakang ngantong serta beberapa hal menyebabkan rem tromol ngantong.

1. Rem Bunyi

Ciri ciri tromol belakang ngantong yang pertama adalah rem bunyi saat di pakai ngerem. Bunyi cit dan bunyi ngok akan terasa ketika tromol tidak rata atau ngantong. Hal ini disebabkan bidang gesek yang tidak rata antara sepatu rem dan dinding tromol. Bunyi saat melakukan pengereman akan hilang ketika kampas rem akan di ganti atau sepatu yang tidak rata akibat bekas dinding tromol yang tidak rata di gosok. Namun akan timbul bunyi kembali ketika bidang sepatu rem tidak rata lagi.

2. Jarak Main Rem Jauh

Salah satu kelemahan rem tromol adalah jarak main rem dilakukan secara manual, berbeda dengan rem cakram yang bisa menyesuaikan sendiri jarak main rem tergantung dari ketebalan kampas. Jarak main rem pada rem tromol ditentukan oleh ketebalan kampas rem serta stelan rem. Saat jarak main rem terlalu jauh, mur penyetelan di setel agak maju, tujuannya tentu saja agar jarak rem lebih dekat. Perubahan pada jarak main rem disebabkan sepatu rem yang tergerus akibat gesekan.

Jika mur stelan rem sudah mentok berarti kampas rem sudah habis dan perlu di ganti. Setelah kampas rem di ganti stelan mur rem harus menyesuaikan dengan begitu jarak main bisa pas. Hal berbeda akan kamu alami jika tromol ngantong. Meskipun sudah dilakukan pergantian kampas rem, jarak main rem akan tetap jauh karena jarak antara sepatu rem dan dinding rem sedikit menjauh beberapa milimeter akibat tromol yang ngantong.

3. Rem Kurang Pakem

Salah satu alasan kenapa motor bisa berhenti atau perlahan – lahan melambat saat di rem adalah dikarenakan sepatu rem / kampas rem bersetuhan dengan bidang gesek (tromol). Kondisi tromol yang menempel dengan roda akan membuat laju motor melambat atau berhenti. jika bidang gesek pada sistem memiliki sifat semakin lebar bidang gesek maka daya pengereman akan semakin kuat. kondisi tromol yang tidak rata atau ngantong akan mengurangi lebar dari bidang gesek pada rem terseut sehingga mengakibatkan rem kurang pakem.

Penyebab Tromol Ngantong

1. Terkena Debu Atau Kotoran

Secara desain, rem tromol lebih tidak mudah kemasukan kotoran dari luar karena desain dari rem tromol yang tertutup. Berbeda dengan rem cakram. Semua komponen rem cakram terletak di area luar, hal ini tentu akan membuat komponen pada rem cakram mudah terkena debu dan kotoran dari luar. Namun, area rem masih bisa terpapar kotoran dan debu terutama debu dari sepatu rem. Jika debu ini tidak di bersihkan lama – lama akan membuat tromol tergerus yang mengakibatkan tromol ngantong.

Yang perlu kamu lakukan agar tromol tidak cepat ngantong adalah melakukan perawatan pada rem tromol secara rutin. Dengan cara melakukan pembersihan debu sisa sepatu rem. Jika saya pribadi, setiap kali melakukan service motor pelanggan, saya selalu menyemprotkan udara bertekanan menggunakan kompresor di bagian lubang tromol untuk menghilangkan debu yang menempel di area sekitar rem.

Cara ini sebenarnya tidak menghilangkan debu sepenuhnya. Jika ingin menghilangkan debu dengan maksimal, silahkan lakukan pembongkaran, bersihkan area rem menggunakan air sabun lalu keringkan menggunakan lap. Jangan bersihkan area rem menggunakan bensin, karena bensin akan merusak kinerja sepatu rem.

2. Kampas Rem Berkualitas Buruk

Salah satu trik merawat rem adalah dengan melakukan pergantian kampas rem. Sayangnya, banyak pengguna motor yang tidak peduli dengan kualitas kampas rem yang di beli. Yang penting harga murah dan rem berfungsi dengan baik, maka kampas rem dengan kualitas abal abal masih menjadi pilihan terbaik. Padahal, kampas rem dengan harga murah memiliki bahan yang keras dan sangat berbahaya bagi umur tromol. Belilah kampas rem original, karena kampas rem original sudah di desain sedemikian rupa oleh pabrik dengan menyesuaikan bahan kampas rem dan tromol.

Sayangnya, di luaran tersiar kabar bahwa kampas rem originsl memiliki bahan yang keras yang justru merusak tromol. Perlu saya tekankan bahwa, kampas rem original tidak merusak tromol. Motor saya sendiri sejak pertama kali beli dan menemani saya selama 7 tahun terkahir tromolnya masih dalam keadaan bagus. Karena saya selalu menggunakan kampas rem original. Yang jadi masalah adalah kampas rem original tidak selalu original. Banyak sekali produk palsu yang ada di pasaran.

Jadi, selain memastikan selalu menggunakan kampas rem original, kamu juga harus memperhatikan keaslian dari produk yang kamu beli. Saran saya, belilah produk original di dealer resmi, agar terhindar dari produk palsu.

3. Jarak Stelan Rem Terlalu Rapat

Cara kerja rem tromol yang masih menggunakan mekanisme manual tentu saja membuat semua kinerja dari rem masih menggunakan sistem yang manual juga. Seperti pada penyetelan jarak main rem. Jika pada rem cakram, cara kerja rem cakram yang sudah menggunakan sistem rem hidrolis membuat penyetelan jarak main terjadi sacara otomatis.

Ketika kampas rem mulai berkurang, maka jarak main rem akan tetap terjaga. Berbeda dengan rem tromol. Jika kampas rem berkurang maka jarak main rem akan sedikit jauh. Perlu melakukan penyetelan ulang secara manual untuk menghasilkan jarak main yang pas. Nah, dari pengalaman saya, beberapa pemilik motor biasanya mengatur jarak main rem terlalu pendek. Jarak main rem yang terlalu pendek akan membuat sepatu rem dan tromol bersentuhan.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus akan membuat tromol menjadi sangat panas. Bahan tromol yang terbuat dari logam ringan bisa mengalami perubahan bentuk atau akan menjadi menjadi lunak jika terkena panas yang tinggi dan secara terus menerus. Hal inilah yang menjadi penyebab tromol ngantong. Jadi pastikan untuk melakukan penyetelan rem secara tepat.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai ciri ciri tromol belakang ngantong pada motor beserta beberapa yang menjadi penyebab tromol ngantong. Semoga bermanfaat. Salam satu aspal.

About riyan

Check Also

Ciri Kampas Rem Cakram Habis.jpg

Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor

Masbengkel.com, Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor – Motor diciptakan tidak dengan perhitungan asal- …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *