3 Ciri Ciri Relay Stater Motor Rusak (Tidak Berfungsi)

Masbengkel.com, Ciri Ciri Relay Stater Motor Rusak – Motor modern memiliki teknologi stater otomatis, yang dimana fungsi dari stater otomatis ini agar pengendara motor tidak kesulitan saat menyalakan mootor. Teknologi stater otomatis ini mengandalakan aki / battrey dengan penggeraknya aadalah dinamo stater.

Selain dinamo stater dan aki, terdapat juga komponen stater otomatis pada motor yang juga sangat perlu agar stater otomatis bekerja dengan normal. Komponen tersebut adalah relay stater. Relay stater bekerja uuntuk menyambungkan langsung darii aki ke dinamo stater. Artinya rangkaian stater otomatis akkan berbeda dengan sistem kelistrikan pada motor secara keseluruhan.

Ciri Ciri Relay Stater Motor Rusak

Dengan adanya relay sater, aki akan lebih mudah untuk “mengangkat” putaran dari dinamo sttater agar mampu memutar mesin atau menyalakan motor. Nah. Seperti halnya komponen lain di sepeda motor, komponen ini juga bisa mengalami masalah. Malasah yanng terjadi pada relay stater akan menyebabkan dinamo stater atau secara keseluruhan stater otomatis pada motor tidak akan bisa bekerja.

Terdapat beberapa kerusakan atau ciri ciri jika relay stater motor rusak dan menjadi salah satu penyebab stater otomatis pada motor tidak berfungsi. Selain stater motor hanya bunyi cetek cetek, terdapat hal ini yang bisa kita simpulkan jika kerusakan pada stater otomatis tidak berfungsi disebabkan kerusakan pada relay stater. Berikut penjelasannya ;lengkapnya tenntang ciri ciri relay stater motor rusak.

Stater Motor Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumny bahwa relay stater merupakan komponen yang berfungsi untuk menyambungkan arus dari aki ke dinamo stater secara langsung. Nah jika relay stater menngalami kerusakan maka sudah di pastikan bahwa stater otomatis tidak akan bisa berfungsi.

Kerusaka semacam ini pada relay stater biasanya disebaban karena usia pakai pun bisa juga diakibatkan kerusakann pada salah satu komponen kelistrikan pada motor yang membuat relay stater mengalami konsleting. Untuk memastikan apakah relay state rusak atau tidak, kamu bisa menyambungkan dua kabel besar pada relay stater. Jika stater otomatis bunyi, bisa dipastikan relay stater rusak dan segera ganti baru agar stater otomatis kembali berfungsi.

Stater Motor Bunyi Cetek Cetek

Saya pernah menulis tentang penyebab stater motor bunyi cetek cetek, dan salah satu penyebab stater motor bunyi cetek cetek adalah dikarenakan relay stater rusak. Efek bunyi cetek cetek merupakan bunyi dari sklar di relay stater yanng dinama saklar tetap berjalan tapi relay stater tidak mampu menyambungkan arus dari aki ke dinamo stater.

Namun jangan simpulkan dulu jika kerusakan ini tterjadi karena relay stater rusak, bisa juga diasebabkan karena kabel yang menyambung di relay stater tidak tersambung dengan baik. Untuk itu perlu dilakukan ttes. Untuk pengetesanya kamu bisa lakukan pengetesan seperti cara yang pertama. Yakni mencari kabel besar yang ada di relay stater laluu mmenyambungkan secara langsung, jika motor stater berfungsi artinya relay stater lah yang menjadi biang keroknya.

Stater Motor Menyala Tanpa Henti

Pernah tidak kamu mengalamui stater pada motor hidup secara terus menerus meskipun tombol stater sudah tidak di pencet. Lalu tidak lama berselang stater motor mati secara tiba – tiba tapi dibarengi dengan aki yang sudah tekor. Ketika tombol stater di pencet ulang, aki sudah tidak mampu untuk mengangkat dinamo stater, bahkan komponen lain ikut – ikutan tidak berfungsi seperti klakson, lampu indikator speedometer dan lain lain.

Nah, kejadian itu tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh kerusakan pada relay stater. Relay stater mengalami konlseting sehingga secara terus terusan mengalirkan arus dari aki ke dinamo stater. stater yang terus terusan menyala akan membuat aki tekor sehingga motor stater berhenti secara tiba – tiba. Saran saya jika suatu saat kamu mengalami hal serupa segera lepas sekring.

Jika dirasa kamu tergesa gesa dan membtuhkan motor kamu, kendarai saja motor tanpa menggunakan sekring. Artinya kamu harus menyalakan motor menggunakan kick stater. Jika motor kamu tidak bisa di stater tanpa menggunakan aki atau motor kamu tidak memiliki kick stater. Maka kamu bisa melakukan langkah darurat dengan mengetuk ngetuk bagian relay stater lau mencoba memasang ulang sekring dan silahkan coba kembali stater otomatis motor dengan tombol.

Jika masalah yang terjadi masih sama, mau tidak mau kamu harus menunda dulu perjalanan kamu dan membawa motor ke bengkel. Atau jika kamu memiliki alat untuk membuka relay stater, lepaskan saja relay stater dan beli relay stater baru lalu pasang relay stater baru ke motor. Karena masalah ini hany abisa diattasi dengan cara mengganti relay stater ke yang baru. Melakukan pergantian relay stater sendiri sangat tid=nggal lepas baut saja karena kabel tinggal colok saja.

Leave a Comment