Ciri Ciri Kiprok Rusak yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri Ciri Kiprok Rusak – Terdapat banyak sekali komponen yang melekat pada kendaraan bermotor. Komponen – komponen tersebut memiliki fungsinya masing – masing. Seperti komponen pada sistem kelistrikan, sistem pengapian dan sistem transmisi serta masih banyak lagi. (Baca Juga: Pengapian ada tapi motor susah hidup)

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang salah satu komponen kelistrikan pada motor yakni kiprok. Disini saya akan menjelaskan mengenai ciri ciri kiprok motor rusak yang paling sering dialami oleh kendaraan bermotor.

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi kiprok adalah sebagai pengubah arus dari AC ke DC. Selain itu, fungsi lain dari kiprok adalah sebagai tahanan lampu dan juga pengisian aki. Lalu, apa saja ciri ciri jika kiprok motor rusak?

Berikut Adalah Ciri Ciri Kiprok Rusak

1. Lampu Mudah Putus

Jika motor kamu saat ini lampunya sering putus, maka bisa jadi kemungkinan terbesarnya adalah diakibatkan kiprok yang rusak. Lampu yang mudah putus merupakan salah satu ciri ciri kiprok rusak yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah saya katakan diawal jika fungsi kiprok salah satunya adalah sebagai tahanan lampu.

Jika kiprok rusak, otomatis tegangan lampu yang dihasilkan dari spul terlalu besar sehingga membuat lampu mudah putus. Indikasi kerusakannya bisa dilihat dari terangnya nyala lampu. Karusakan akan terlihat pada lampu yang mudah putus, lampu akan menyala sangat terang ketika motor di gas. Ketika di gas itulah biasanya lampu depan akan langsung putus. (Baca Juga: Pengapian motor kadang ada kadang tidak)

2. Aki Gampang Tekor

Selain berfungsi sebagai tahanan lampu, fungsi kiprok adalah untuk mengisi tegangan pada aki. Spul pengisian yang bermuatan AC akan diubah menjadi DC oleh kiprok selanjutnya arus tersebut dikirim ke aki.

Jika aki mudah tekor, bisa jadi itu merupakam indikasi kiprok rusak. Karena arus dari spul tidak di konversi ke aki dengan baik sehingga aki tidak mendaptkan arus pengisian daya. (Baca Juga: Penyebab aki motor cepat tekor)

3. Motor Mogok

Indikasi kerusakan pada kiprok motor yang selanjutmya adalah motor bisa mogok jika kiprok rusak. Dalam hal ini di khususkam untuk motor yang memiliki pengapian DC. Karena seperti yang kita kethahui bahwa sistem pengapian DC mengandalkam arus pengisian atau arus dari aki.

Jika arus pengisian tidak berfungsi, maka motor yang memiliki sistem pengapian AC tidak akan bekerja sebagaimana mestinya

4. Kiprok Panas Atau Bahkan Dingin

Normalnya apabila kondisi kiprok dalam keadaan bagus dan baik, maka suhu kiprok akan terasa hangat. Hal ini tentu saja tidak lain tidak bukan dikarenakan aliran listrik yang datang dari spul terus mengalir melewati kiprok tersebut. Sedangkan untuk ciri ciri kiprok rusak jelas apabila motor di gunakan cukup lama namun suhu kiprok malah tetap dingin. Maka apabila itu terjadi jelas dan bisa dipastikan bahwa kiprok motor sudah rusak, oleh sebab itu sebaiknya kalian ganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan pada sepeda motor kalian akan tetap terjaga.

Berbeda dengan motor yang menggunakan sistem kelistrik AC sebagai sumber energinya, ketika mesin di geber seharusnya nyala lampu akan semakin terang, namun apabila terjadi hal sebaliknya yaitu ketika mesin di geber namun nyalanya justru meredup maka sudah bisa dipastikan itu adalah ciri ciri kiprok rusak. Jadi mau tidak mau agar kondisi nyala kembali seperti semula kalian harus segera menggantinya dengan kiprok yang lebih baru dan sehat.

Leave a Comment

14 + = 21

Rekomendasi Kami