cara tune up motor

Cara Tune Up Motor : 8 Langkah Mudah

Masbengkel.com, Cara Tune Up MotorTune up adalah tindakan yang harus dilakukan para pemmilik motor agar motor tetap dalam kondisi prima dan tahan lamma tentunya. Tune memiiki arti sebagai menyetem atau mencocokan. Sedangkan up sendiri memilik arti meningkatkan. Jika digabung maka pengertian tune up adalah menyetem agar performa meningkat atau ke kondisi semula.

Tune up biasanya dilakukan di bengkel atau orang yang sudah ahli di bidangnya. Namun bagi pengendara atau pemilik motor biasanya memilih untu melakukan tune up sendiri. Karena jika motor di tune up, kondisi motor biasanya tidak mengalami masalah. Inilah yang menjadi alasan kenapa pemilik motor lebih memilih untuk melakukan tune up secara mandiri.

Cara Tune Up Motor

Jika kamu ingiin melakukan tunne up secara mandiri karena tidak ingin membawa motor ke bengkel. Karena biaya tune up sendiri terbilang lumayan. Daripada uuang di buang padahal motor tidak mengalami masalah.melakukan tune up sendiri secara mandiri tentu akan lebih menghemat uang. Berikut ini merupakan langkah – langkah tune up pada motor yang wajib kamu ketahui.

Persiapkan Alat Untuk Tune Up

Sebelum kamu melakukan tune up secara mandiri di rumah. Kamu harus mempersiapkan alat – alatt berikut agar kamu bisa mengerjakann semmua langkah – lanngkah tune up motor secara mandiri. Alat – alat berikut ini tergolong alat yang umum. Jika kamu tidak memiliki aat tersebut, kamu bisa mencari dan membelinya dengan mudah. Berikut ini merupakan alat – alat yang kammu persiapkan untuk tune up motor secara mandiri.

  1. Obeng ( – / + ) ukuran besar dan sedang
  2. Kunci ring 7
  3. Kunci pas-ring 8
  4. Kunci pas-ring 10
  5. Kunci pas-ring 12
  6. Kunci pas-ring 14
  7. Kunci pas-ring 17
  8. Kunci pas-ring 19
  9. Kunci T 8
  10. Kunci T 10
  11. Kunci T 12
  12. Kunci busi
  13. Feeler gauge (plat ukur)

Melepas Body Motor

Langka pertama yang haru s tempuh untuk tune up motor adaah melepas body pada. Saya sarankan hati hati ketika akan melepas body motor. Karena body motor yang terbuat dari plastik akan pecah jika pencopottan dilakukan dengan paksa. Dan setiap jenis atau merek motor memiliki cara membuka body motornya masing maisng. Karena setiap body motor memiliki kunciannnya masing masing.

Membuka Busi Motor

Langkah selanjutnya yag harus kamu lakukan saat tune up motor adalah membuka kunci busi. Lanngkah ini wajib dijadikan lanngkah pertama. Tujuan dan maksud melepass kunci busi adalahh agar kamu menngetahui kondisi motor kamu. Cara untuk mengetahui kondisi motor kamu menggunakan busi adalahh dengan melihat warna busi. Jika hitam berarti terlaku boros, jika putih berarti terlalu irit. Warna bbusi yang bbagus adalah merah bata.

Melepas Karburator

Langkah selanjutnya dalah melepas karburator motor menggunakan kunci ring pas 8. lalu bbuka bagiann mangkuk dan spuyer mengguunakan obeng plus dan min. Bersihkan bagian dalamm karburator menggunakan bensi atau bisa jjuga menggunakan cairan khusus untuk membersihkann karburator. Jika motor kamu sudah menggunakan injeksi sebaiknya lewati langkah ini karena throtlle body pada injeksi tidak perlu untuk di bongkar dan di bersihkan.

Bersihkan Filter Udara

Jika karburator sudah kammu bersihkann dan di tutup kembali. Jangan buru – buru pasang karburator. Sebaiknya kammu lepas dulu bagian filter udaranya. Lepas baut filter udara menggunakan obeng plus. Lalu lepaskan spon yang ada didalam filter udara. Jika filter udara merupaan tipe basah. Basahi spon filter menggunakan bensi lalu [eras dan keringkan. Jika filter udara menggunakan tipe kering, cukup pukulkan ke tanah agar debu keluar.

Menyetel Ke renggangan Klep

Unntuk lanngkah yang satu ini saya sarankan untuk tidak kamu lakukan sendiri. Karena meskipun kamu memiliki alat pengukur kerenggganngan klpe. Tetap saja menggunakan alat tersebut butuh keahhlian dan penglaman yang cukup. Namun jika kamu ingin tetap menyetel sendiri, buka dulu bagian tutup kklepnya.

Tutup klep biassannya memiliki ukurannya masing – masing. Ada yang menngguunakan k unci 17, 24 dan juga kunci 8, dalam hal ini sesuaikan saja. Jika tutup sudah terlepas, arahkan magnet ke posisi Top agar klep bebas. Lalu ukur kerenggangan klep menggunakan alat kerenggangan klep. Setipa motor memiliki ukuran kerenggangan klep yang berbeda beda. Untuk mengetahui kerenggangan klep motor kamu sebaiknya kamu cari disini.

Memasang Ulang

Jjika langkah langkah diatas sudah kamu lakukan. Langkah selajutnya adalah memsanag seluruh komponen atau bagian yanng sudah kamu lepas. Lakukan ddengan hati – hati ketika memasang ulang komponen kompone tersebut. Lakukan pengecekan secara detil dan hati hati ketika akan memasang baut. Sebaiknya lumasi baut menggunaka grease ataupun oli.

Memeriksa Kaki Kaki dan rem

langkah terkahir untuk cara tune up motor adalah Periksa bagian kai dan juga pada motor. mulai dari rantai, tekanan ban dan juga jarak rem. Jika rantai motor kering sgerea lumasi dengan oli khusu rantai. jika t ekanan ban kurang, pompa ban dan tekanan anginnya harus pas. untuk bagian rem, jika rem kamu masih mengggunakan rem tromol setel jarak main rem agar rem tidak mudah panas dan cepat habis.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *