Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Cara Pasang Relay Klakson Sepeda Motor

Advertisement

Cara Pasang Relay Klakson – Tiinn.. tinnnn…. Siapa yang gak tahu sama ‘nada’ itu, hehehhe.. Karena nada itu pula kita kadang – kadang di bikin emosi. Bener gak gaes??

Namun, perlu diketahui, meskipun suara klakson bawaan udah kuenceng, masih saja dirasa kurang kuenceng. Pergantian klakson keong ataupun klakson mobil menjadi pilihannya untuk membuat suara klakson sepeda motor menjadi kuenceng.

Mengganti klakson mobil untuk diaplikasikan pada motor gak hanya asal pasang saja bro. Butuh komponen tambahan agar suaranya makin jos gandos. Komponen tersebut adalah relay.

Pengertian, Fungsi, Serta Komponen Relay

Pengertian yang salah tentang relay dan masih bertahan hingga saat ini adalah, relay merupakan komponen yang bisa memperbesar arus. Padahal, tidak demikian fungsi dari relay. Begini lho penjelasan dan fungsi dari relay.

Pengertian Relay

Relay adalah suatu peranti yang bekerja berdasarkan elektromagnetik untuk menggerakan sejumlah kontaktor yang tersusun atau sebuah saklar elektronis yang dapat dikendalikan dari rangkaian elektronik lainnya dengan memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Kontaktor akan tertutup (menyala) atau terbuka (mati) karena efek induksi magnet yang dihasilkan kumparan (induktor) ketika dialiri arus listrik.

Fungsi Relay

Relay sebenarnya merupakan komponen yang dapat mempersingkat sirkuit sehingga arus yang sampai pada beban yang di butuhkan menjadi maksimal. Selain itu relay juga meringankan kerja saklar pemutus dan penyambung arus agar tidak cepat rusak. 

Advertisement

Dengan menggunakan Relay, arus yang dilalui saklar hanya sangat kecil yaitu untuk menyalakan trigger pada relay saja. sedangkan Arus besar yang di butuhkan untuk aplikasi (misalnya Lampu 100watt) dibebankan pada relay.

Komponen Utama Relay

Relay Terdiri dari 2 komponen Utama

1. Gulungan atau Solenoid (kumparan)

Berupa kumpuran tembaga yang dililitkan pada As Logam. Sesuai Hukum Faraday, Arus listrik pada kumparan kawat yang dililitkan pada logam akan mangakibatkan medan magnet pada logam tersebut.

Daya tarik magnet ini nanti akan digunakan untuk menarik logam diatasnya sehingga posisi contact Poin berpindah.

2. Contact Poin

Titik kontak ini yang merupakan jembatan arus dari sumber menuju beban aplikasi. Titik kontak ini dapat berpindah pindah dari satu titik ke titik lainnya karena adanya medan magnet.

Advertisement

Contact point ini di pasangkan pada logam yang siap ditarik oleh medan magnet yang timbul akibat arus di berikan pada gulungan atau solenoid diatas. Kemudian di bantu pegas akan kembali keposisi semula apabila medan magnet hilang (arus pada kumparan di lepas).

Maksud dan tujuan kamu memahami relay adalah agar kamu bisa memahami kenapa klakson butuh dipasang relay. Lalu, kenapa setelah memadang relay ppada klakson bisa membuat klakson makin kenceng suaranya.

Nah, jika kamu telah paham pengertian dan fungsi relay, kini saatnya kepembahasan tentang cara pasang relay klakson pada sepeda motor.

Cara Pasang Relay Klakson Pada Sepeda Motor

Cara memasang relay klakson pada sepeda motor sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu tahu jalur dari klakson terlebih dulu.

Berikut ini merupakan wiring diagram / gambar jalur pada klakson sepeda motor.

Jalur Kabel Klakson Sepeda Motor

Cara pasang relay klakson
Jalur Klakson Sepeda Motor

Diatas merupakan gambar jalur klakson pada sepeda motor. Tidak semua motor jalurnya sama seperti diatas, ada beberapa motor (terutama motor Yamaha), switch memotong / menyambungkan arus negatif bukan positif seperti digambar. Namun perlu dicatat, rangkaiannya tetap sama. Yuk, ketahui juga Jalur Lampu Sein Motor (Gambar dan Penjelasannya)

Memasang Relay Klakson Sepeda Motor

Setelah mengetahui fungsi dan jalur klakson sepeda motor, sekarang saatnya untuk mengeksekusi relay pada motornya.

Alat dan Bahan :

  • Relay 4 kaki / 5 kaki
  • Soket relay
  • Kabel
  • Solasi
  • Tang
  • Gunting / silet

Catatan : Penggunaan klakson 5 kaki di tujukan bagi yang ingin menggunakan dua klakson. Namun, menggunakan klakson 4 kaki juga bisa. Sesuai dengan keinginan saja. Usahakan juga kabel memiliki serabut yang banyak, agar kuat menahan arus dari aki.

Jalur Memasang Relay Klakson

Untuk memudahkan perhatikan gambar – gambar dibawah ini :

Cara memasang relay klakson
Gambar A : Rangkaian Relay
Cara pasang relay klakson keong sepeda motor
Gambar B : Jalur Pemasangan Relay

Gambar A :

Gambar A menunjukkan rangkaian dari relay. Pada relay terdapat angka – angka seperti pada gambar, penjelasannya adalah :

  • Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
  • Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
  • Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A) / kabel asli.
  • Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B) / kabel asli.

Catatan : Kabel negatif klakson dihubungkan ke body motor (negatif/ground). Untuk relay 5 kaki. Kaki tengah arus listrik sama dengan nomor 87 relay 4 kaki yaitu menuju positif klakson kiri dan satunya menuju positif klakson kanan.

Gambar B :

Gambar B menunjukkan rangkaian kabel setelah relay dipasang di motor.

Kabel yang sebelumnya terpasang di klakson, sambungkan saja ke relay yang menunjukkan angka 85 dan 86.

Untuk memastikan relay berjalan, pencet tombol saklar klakson, jika relay bunyi cetek cetek, maka relay sudah berfungsi.

Ambil kabel panjang (sesuaikan dengan kebutuhan) untuk menyambungkan relay dengan aki. Untuk yang tersambung dengan aki, menunjukkan angka 30 pada relay. Lalu, angka 87 pada relay merupakan arus negatif. Sambungkan saja ke bodi motor.

AKHIR KATA

Untuk lebih amannya, sambungan antara relay dan aki diberi sekring / fuse. Agar ketika terjadi konsleting, tidak membahayakan komponen kelistrikan pada motor / pada motor itu sendiri.

Demikian tutorial cara pasang relay klakson pada sepeda motor. Jika kamu mengalami kendala saat pemasangan. Silahkan tanyakan kesulitan kamu melalui kolom komentar.

Semoga berhasil !!!

Catatan : Pergunakan klakson dengan semestinya. Suara klakson yang makin keras akan membuat pengendara lain menjadi risih. Selain membahayakan pengendara lain karena kaget dengan suara klakson motor kamu, bunyi klakson yang keras akan bisa memancing emosi pengendara lain.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close