Jalur lampu sein

Yang suka sama modifikasi motor tentu tidak asing lagi dengan lampu riting variasi. Pergantian salah satu bagian atau komponen yang berfungsi sebagai tanda belok ini memang dirasa menjadi penting. Namun, pada beberapa kasus terdapat lampu sein satu kabel. Lalu, bagaimana cara pasang lampu sein satu kabel ?

Umumnya, lampu memiliki dua kabel yakni satu kabel postif dan satu kabel negatif. Kabel positif, merupakan kabel output dari saklar riting atau input dari lampu sein itu sendiri. Sedangkan kabel negatif ditujukan untuk massa. Jika lampu sein satu gimana ? Kabel tersebut positif apa kabel negatif ?

Cara Pasang Lampu Sein Satu Kabel

Jika sobat mendapati terdapat lampu sein yang hanya menggunakan satu kabel, sobat gak perlu bingung bagaimana jalurnya dan masangnya di motor. Karena secara teori, semua kelistrikan membutuhkan dua kutub, yakni kutub postif dan negatif. Baca : jalur lampu sein sepeda motor

Jika lampu sein yang kamu beli hanya memiliki satu kabel, kabel tersebut merupakan kabel positif yang bisa kamu sambungkan dibagian output dari saklar lampu sein. Lalu, dimana massanya ?

Peletekan massa biasany terdapat dibagian dalam dari lampu sein, ciri – ciri lampu sein yang menggunakan satu kabel biaanya gagang dari lampu sein terbuat dari besi, logam ataupun diral.

Nah, kabel massa sudah disambungkan dibagian gagang dari lampu sein, sehingga ketika sobat memasang lampu sein dibagian bodi motor, secara otomatis akan mendapatkan massa.

Jadi, pastika letak lampu menempel dibagian bodi motor yang berbahan besi bukan plastik. Bagiamana vara pasang lampu sein satu kabel dibagian bodi motor yang plastik ?

Pasang Lampu Sein Satu Kabel Jika Nempel di Bagian Plastik

Jika memang terpaksa untuk memasang lampu sein variasi yang hanya memiliki satu kabel pada bagian bodi motor yang berbahan plastik. Satu – satunya cara agar lampu sein mendapatkan arus negatif adalah dengan melilit kabel dibagian mur / gagang dari lampu sein, lalu kabel disalurkan kebagian bodi motor yang berbahan besi atau bisa langsung dicarikan kabel yang berarus negatif.

READ MORE :  Kopling Motor Keras (Penyebab + Solusi)

Pastikan bahwa kabel tertata dengan rapi dan tidak terlihat dari luar ya sob. Karena jika terlihat dari luar maka akan merusak pemandangan motor Tentu menjadi sia – sia jika lampu sein variasi yang kamu beli dengan tujuan mempercantik tampilan motor malah dirusak oleh tampilan kabel yang kurang rapi.

Gimana ? Mudah bukan untuk memasang lampu sein yang hanya punya satu kabel. Sayangnya tidak lampu sein yang dijadikan bahan praktek agar sobat bisa memahami cara pasang lampu sein satu kabel. Tapi gak perlu kawatir, jika sobat mengalami kesulitan saat pasang lampu seinnya, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Jika tidak ada kesibukan, saya akan membalas pertanyaan kamu.