4 Langkah Cara Pasang Lampu HID Tanpa Ganti Kiprok dan Aki

Diposting pada

Cara Pasang Lampu HID tanpa Ganti Kiprok dan Aki – Penerangan pada motor merupakan salah satu yang menjadi perhatian para pecinta touring. Salah satu cara agar lampu bisa terang adalah memasang lampu hid di motor.

Dengan memggunakan atau memasang lampu hid pada motor, akan membuat penerangan pada motor menjadi lebih terang.

Cara Pasang Lampu HID Tanpa Ganti Kiprok dan Aki

Memasang lampu High Intensity Discharge ( HID ) tidak boleh sembarang pasang saja, kudu di cermati daya tahan agar sistem kelistrikan yg ada tidak terganggu. Karena dari apa yang saya lihat, banyak sekali yang salah saat memasang lampu hid di motor.

Cara memasang lampu hid pun bervariasi, namun kali ini saya akan memberikan tutorial memasang lampu hid tanpa ganti aki dan kiprok. Jadi sobat tidak perlu repot – repot untuk mengganti aki yang lebih besar.

1. Cari Posisi Kiprok

Langkah pertama adalah mencari posisi kiprok.

Jika sudah ketemu, lepas kabel kuning / kabel dari spul lampu, dari soket kiprok.

Setelah melepas kabel kuning / kabel spul lampu dari soket kiprok, pasang kembali soket kiprok.

2. Merubah Arus Lampu

Setelah itu, sobat harus memindahkan arus listrik yang pada awalnya berasal dari dari spul serta kiprok pindahkan ke aki via kunci kontak. Hasil dari perpindahan ini, sumber daya yang pada mulanya AC saat ini menjadi DC untuk menjaga umur lampu.

3. Ganti Dop Belakang Dengan Daya yang Lebih Kecil

Ganti dop / bohlam lampu belakang dengan LED yang cuma mengkonsumsi daya 1 watt ( lampu biasa 5 watt plus 20 watt untuk lampu rem ).

Selisih yang didapat dari perubahan-perubahan yang sobat lakukan sebanyak 24 watt kini digunakan untuk menambah daya ke lampu depan motor sobat.

4. Pasang Lampu HID

Jika sudah, silahkan pasang lampu HID yang sudah sobat beli.

Dengan menerapkan cara pasang lampu hid di atas, selain tidak perlu mengganti aki dan kiprok juga bisa membuat lampu hid lebih awet dan tahan lama. Baca juga : Penyebab dan solusi aki motor cepat tekor

Demikian tutorial singkat memasang lampu hid yang benar. Semoga bermanfaat dan mendapatkan tambahan wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *