Beranda Tips & Trik Tutorial Mudah Cara Pasang Kampas Rem Cakram Depan Sepeda Motor

Tutorial Mudah Cara Pasang Kampas Rem Cakram Depan Sepeda Motor

Cara pasang kampas rem cakram depan sepeda motor

Cara Pasang Kampas Rem Cakram Depan Sepeda Motor – Apa artinya kecepatan motor jika ternyata sistem rem pada motor tidak bekerja akibat kampas rem yang habis. Khusus tipe rem cakram (hidrolis), kampas rem yang habis selain berbahaya juga akan membuat piringan cakram aus akibat gesekan antata besi kampas rem dan piringan cakram.

Cara paling mudah untuk mengetahui kampas rem cakram habis adalah terdapat suara srek srek srek. Suara ini timbul akibat gesekan antara besi kampas rem dan piringan cakram. Dan jika dibiarkan, selain membahayakan saat berkendara juga membuat piringan cakram cepat aus (rusak).

Baca Juga: Cara Cek Piringan Rem Cakram Yang Aus

Untuk mencegah keausan pada piringan cakram, sebaiknya ganti kampas rem sesegera mungkin ketika kamu mendengar suara srek srek srek atau bahkan sebelum timbul suaea tersebut.

Kenapa Kampas Rem Cakram Bisa Habis?

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel cara kerja rem cakram. Pada artikel tersebut saya menjelaskan bagaimana prinsip dan cara kerja dari rem hidrolis (rem cakram).

Singkatnya, cara kerja rem cakram adalah terjadinya gesekan antara bidang bergerak dan bidang yang diam. Bidang bergerak diwakili oleh piringan cakram, sedangkan bidang yang diam diwakili oleh kampas rem.

Kedua bidang ini akan saling bergesakkan jika rem difungsikan. Karena bahan yang dipakai kampas rem (bidang diam) lebih empuk daripada piringan cakram (bidang bergerak), maka kampas rem lama-kelamaan akan habis dalam jangka waktu tertentu.

Baca selengkapnya: Cara Kerja Rem Cakram

Lalu, Bagaimana Cara Memasang Rem Cakram Sepeda Motor?

Pada artikel ini saya akan langkah-langkah pembongkaran (mengganti) kampas rem cakram sepeda motor dengan beberapa gambar pendukung.

Namun sebelumnya kamu harus persiapkan terlebih dahulu…

Alat dan Bahan Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor

  • Obeng min
  • Kunci ring 12 / kunci ring 10 / kunci L / kunci bintang (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • Tang
  • Kertas gosok
  • Sabun colek
  • Grease
  • Kampas rem cakram
  • Minyak rem (bila diperlukan)

Langkah pertama adalah dengan…

Membuka Baut Kampas Rem

cara memasang kampas rem cakram sepeda motor

Kendorkan saja baut yang menempel di kaliper yang terhubung dengan kampas rem tersebut. Tidak perlu di lepas. Kenapa hanya di kendorkan saja atau kenapa harus baut kampas rem dulu?

Tujuannya agar lebih mudah, karena jika kamu melepas baut tersebut saat posisi kaliper sudah lepas, biasanya akan lebih susah karena kamu harus menahan kaliper bersamaan dengan membuka baut tersebut.

Catatan: Karena motor keluaran terbaru biasanya hanya menggunakan kancingan. Lewati saja langkah ini.

Langkah selanjutnya adalah…

Melepas Baut Kaliper

cara pasang kampas rem cakram sepeda motor

Lepas kaliper rem yang akan diganti kampasnya menggunakan kunci pas 12 / kunci T 12 untuk rem depan.

Namun ada pula sepeda motor yang kalipernya menggunakan baut lainnya seperti baut L atau bintang. Tinggal menyesuaikan saja.

Baca Juga: Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

Next…

Lepas Kampas Rem

Setelah kampas rem terlepas, cuci piston kaliper menggunakan kertas gosok halus (minimal ukuran 500).

Penggunaan kertas gosok halus bertujuan agar piston kaliper tidak rusak.

Cuci dengan sabun colek dan air dengan menggosokan kertas gosok halus secara melingkar. Bilas dengan air jika sudah bersih.

Jangan lupa lepas / cek bagian pangkon kalipernya. Pangkon itu selain berfungsi sebagai penopang kaliper, pangkon kaliper juga berfungsi agar kaliper bisa bergerak maju mundur mengikuti sistem pengereman.

Cek apakah pangkon bisa bergerak maju mundur, jika tidak bisa. Lepas pangkon dengan cara pukul menggunakan kunci T atau palu kecil. Jangan pukul area baut karena akan menyebabkan rumah baut rusak.

Jika sudah terlepas, gosok bagian as penggeraknya dan lumasi dengan grease. Pasang dan cek kembali apakah maju mundurnya masih seret atau sudah lancar.

Pasang Kampas Rem Baru

Jika piston kalipernya berjarak terlalu dekat maka bisa dilebarkan dengan cara membenggang dengan menggunakan obeng minus.

Untuk cara membenggangnya bisa menaruh kembali kampas rem lawas dan congkel dengan menggunakan obeng.

Jika sudah berjarak cukup lebar untuk dipasangkan dengan kampas rem baru maka tinggal pasangkan kampas rem barunya.

Pasang kembali baut kampas remnya dan jangan lupa sebelum benar-benar yakin cek kembali penjepit kampasnya.

Pasang Kaliper Rem Seperti Semula

Langkah terakhir cara pasang rem cakram sepeda motor adalah pastikan bahwa piston kaliper sudah bersih, pangkon kaliper sudah bergerak dengan baik, penjepit kampas sudah terpasang, baut kampas sudah terpasang dengan baik. Langkah terakhir tentu saja pasang kaliper ke posisi semula.

Jika sudah terpasang, pompa kalipernya dengan cara lakukan rem beberapa kali sampai handle rem terasa keras.

Baca Juga: Komponen Rem Cakram Sepeda Motor

Penutup

Jika sesaat setelah pemasang kampas rem baru dan roda agak seret. Cek kembali kampas remnya sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika masih seret, cek saja ke bengkel. Karena kemungkinan ada part lain yang mengalami kerusakan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Tutorial cara pasang kampas rem cakram depan sepeda motor. semoga bermanfaat ya Broo..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here