Cara Menyetel Rantai Motor

Cara Menyetel Rantai Motor Dengan 6 Langkah Mudah

Masbengkel.com, Cara Menyetel Rantai Motor – Rantai adalah komponen vital pada motor. Karena komponen ini berfungsi untu mentransfer tenga mesin ke roda belakang motor. Jika komponen ini bermasalah seperti rantai motor kendur maka yanng terjadi adalah tenaga motor menjadi berkurang dan suara pada motor menjadi berisik akibat rantai motor yang kendur.

Rantai motor memang bisa kendur seiring dengan berjalannya waktu dikarenakan pemakaian pada motor. Hal ini memang biasa terjadi, maka dari itu dibutuhkan penyesuai kekencangan pada motor agar ukuran kerenggangan pada rantai motor bisa pas. Ukuran kerenggangan yang pas pada motor akan membuar motor bisa dikendarai dengan nyaman.

Seperti yang saya katakan diawal jika rantai motor terlalu kendur maka tenaga motor akan berkurang. Maka dari itu, sebelum itu terjadi sebaiknya lakukan penyetelan ulang pada rantai motor agar performa motor tetap stabil. Jika kamu ingin melakukan penyetelan pada rangtai. Berikut ini akan saya jeaskan tentang cara menyetel rantai motor yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara Menyetel Rantai Motor Dengan Mudah

Cara Menyetel Rantai Motor

Mempersiapkan Alat

Sebelum kamu untuk tahu bagaimana cara menyetel rantai motor, sebaiknya hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah kunci dan peralatan yang diperlukan. dalam hal ini, kunci yang perlu kamu persiapkan dan cocokk untuk menyetel rantai motor adalah kunci ring dan kunci pas. Ukuran kunci yang dipakai sesuaikan saja dengan ukuran mur as roda dan juga ukuran mur adjuster dari rantai motor kamu.

Tapi, kebanyaan motor menggunakan kunci ring atau pas ukuran 14, 17, 19, dan 22. Jadi kamu bisa menyiapkan kunci ring atau pas tersebut untuk membuka as roda. Sedangkan untuk membuka atau menyetel baut penyetelan rantai kamu bisa gunakan kunci ring atau kunci 10 dan 12. Sedangkan jika motor kamu menggunakan rem cakram belakang, kamu juga perluu untuk menyiapkan kunci L.

Standarkan Motor Dengan Standar Tengah

Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan saat akan menyetel rantai motor adalah menempatkan motor pada posisi yang pas. Standarkan motor menggunakan standar tengah dan pada bidang yang rata akan memudahkan kamu dalam melakuan penyetelan pada motor. Pastikan juga bahwa roda belakang menggantung dan bisa berputar.

Kendurkan As Roda Belakang

Untuk melakukan penyetelan pada rantai motor kamu harus mengendorkan bagian as roda belakang menggunakan kunci ring atau pas yang sudah kamu persiapkan ssebelumnya. Caranya pun jcukup mudah. Putar atau dorong salah satu bagian as roda menggunakan kunci ring dan sisi lain untuk menahanagar as roda tidak ikut berputar. Biasanya jika baru dibuka pertama kali, mur akan sangat susah untuk dibuka. Agar lebih mudah, pukul bagian as roda dengan pelan ambil mendorng kunci ring.

Buka Atau Kendurkan Baut Kaliper (Untuk Motor yang Menggunakan rem Caram Belakang)

Jika motor kamu menggunakkan rem cakram belakang, kamu harus melepas atau mengendorkan saja bagian rem kaliper. Biasanya kunci yang digunakan akan kunci ring 12 dan 14. Namu kamu bisa melewati langah ini jika rem belakang motor kamu menggunakan sistem rem tromol. Kenapa harus melepas kaliper rem dulu? Karena jika tidak dilepas roda tidak akan bisa bebas dan rantai motor pun tidak akn bisa di setel.

Atur Setelan Dengan Memutar Mur Adjuster

Ini merupakan bagian paling ringan namun paling vital. Menyetel bagian ini harus seimbang, karena jika tidak seimbang maka roda belakang akan tidak lurus pun juga dengan rantai yang tidak lurus dengan hgir depan. Untuk memudahkan dala menyetel lurus tidaknya roda belakang. Sebaiknya lakukan langkah utaran yang sama antara kanan dan kiri pada setean adjuster. Jika sisi kiri murnya kamu putar dua kali maka hal sama harus kamu lakukan di mur sebelah kanan.

Keraskan Semua Mur dan Baut

Jika dirasa kekencangan pada rantai sudah pas dan kedua sisi adjuster sudah seimbang. Hal yang harus kamu selannjutnya adalah memngencangkkan semua mur dan baut. Pastikan semua mur dan baut sudah terpasang dan sudah keras. Namun saya sarankan sebelum memasang baut dan mur sebaiknya lumasi dulu bagian ulir atau drat mur dan baut menggunakan gemu atau grease agar nantinya saat membukan mur dan baut lagi tidak mengalami kesulitan.

Terakhir, Lumasi Rantai

Setelah rantai di setel dengan pas, adjuster sudah seimbang dan semua baut dan mur sudah dipasang serta dikeraskan dengan baik. Langkahh selanjutnya adalah melumasi bagian rantai motor menggunakan oli ataupun pelumas khusus rantai. Saya sarankan jangan menggunakan oli bekas, karena pada oli bekas menggandung kotoran serta ptotongan – potonganbesi lembut hasil dari pembersihan di bagian mesin motor. Hal ini akan membuat rantai dan gir cepat rusak dan aus.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *