Beranda Materi Otomotif Cara Menghidupkan Motor Injeksi Mati Mendadak Akibat Jarang Service

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Mati Mendadak Akibat Jarang Service

Cara menghidupkan motor injeksi mati

MasBengkel.com – Halo sahabat bikers seluruh Indonesia, seluruh alam semesta dan seluruh alam gaib 😀. Melalui artikel ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghidupkan motor injeksi mati mendadak saat dibuat jalan. Bisa dibilang tips kali merupakan tips yang mudah buat teman – teman kerjakan sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel (darurat).

Singkat cerita, tadi pagi sekitar pukul 08.00 pagi.. Salah satu rekan satu profesi (bengkel) menelepon saya melalui aplikasi Whatsapp. Dia mengatakan bahwa motor temannya mogok di area sekitar tempat saya bekerja. Tidak pakai babibu.. Saya langsung tancap gas menuju ke TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Ternyata beliaunya mengendarai motor Yamaha X Ride (2013) yang kalau dilihat kondisi motornya seperti kurang perawatan. Beliau pun sedikit bercerita jika motor injeksi yang dipakainya tiba – tiba mogok saat dibuat jalan. Karena tidak membawa alat, saya pun menawarkan untuk mendorong motornya ke bengkel tempat saya bekerja menggunakan teknik pancal sikel (dorong kaki).

Sesampainya di bengkel, saya mencoba melakukan pengecekkan. Namun, seperti biasa… Sebelum melakukan pengecekan saya selalu melakukan interview kepada pemilik motor terlebih dahulu menggunakan jurus 5W 1H.

Tentang 5W 1H

Jurus 5W 1H meliputi :

  • Who – (Siapa) pengguna sepeda motor atau orang lain?
  • When – (Kapan) waktu seperti jam, hari, bulan, frekuensi kejadian
  • Where – (Dimana) kondisi jalan, lingkungan dan cuaca
  • Which – (Yang mana) kondisi pemakaian
  • What – ( Apa ) tipe sepeda motornya
  • How – ( Bagaimana ) bagaimana fenomena kejadian tersebut

Setelah melakukan interview menggunakan jurus 5W 1H bisa disimpulkan bahwa beliau menggunakan motornya terus menerus tanpa melakukan perawatan (service). Perawatan dalam hal ini meliputi ganti oli (mesin dan transmisi), cek batrei, bersihkan filter udara dan busi serta perawatan yang lain.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matik Injeksi Biar Awet

Bahkan ketika saya tanya kapan terakhir kali ganti oli, beliau cuma senyum – senyum dan menjawab tanpa rasa bersalah kalau lupa kapan terakhir ganti oli. Katanya ada kemungkinan sekitar satu tahun yang lalu.

Dari kesimpulan diatas, bisa ditebak bahwa motor Xride yang dikendarainya tersebut mati mendadak (mogok) dikarenakan persoalan maintenance (jarang service). Baca Juga : Kenapa Motor Harus di Servis Secara Rutin?? Ini Alasannya

Lalu, Bagaimana Langkah Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok Mendadak?

Bagi mekanik seperti saya, sesi interview merupakan salah satu langkah yang wajib ditempuh. Karena sesi interview bisa memudahkan untuk melakukan perbaikan pada motor. Kejujuran pemilik motor sangat diperlukan. Untungnya, pasien kali ini orangnya sangat jujur. Saya pun mulai mengecek beberapa bagian, dimulai dari

1. Mengecek kondisi aki

Perlu diketahui bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi permasalahan motor injeksi yang mogok. Ketiga hal tersebut adalah api, kompresi dan BBM FI. Untuk itu, langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek kondisi aki.

Perlu digaris bawahi juga bahwa battery (aki) dalam motor injeksi menjadi piranti wajib sebagai penyuplai arus komponen FI. Semua sensor – sensor pada motor injeksi menggunakan daya dari aki. Untuk itu, mengecek aki terlebih dahulu merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena jika kondisi aki buruk, bisa dipastikan semua sensor pada motor injeksi tidak akan berfungsi termasuk juga suplai bahan bakar ke injektor.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Aki Kering, Dijamin 100% Ampuh!

Setelah melakukan pengecekan pada aki, diketahui bahwa kondisi aki masih oke. Maka langkah selanjutnya adalah

2. Mengecek kondisi busi

Ternyata kejujuran beliau tentang cara dia merawat motor terbukti. Hal ini bisa dilihat dari kondisi businya yang sangat memprihatinkan. Karbon atau sisa pembakaran menumpuk, dan hal ini bisa menyebabkan percikan bunga api untuk proses pembakaran sangat lemah (sulit menyala).

Baca Juga : Penyebab Busi Cepat Mati, 3 Hal ini Biang Keroknya

Busi saya bersihkan menggunakan sikat kawat dan bensin lalu digosok menggunakan amplas / kertas gosok. Cek bunga api, hasilnya oke. Busi tidak perlu diganti. Namun, ada satu bagian lagi yang akan saya cek. Bisa dibilang bagian ini paling sering menyerang motor injeksi yang berakibat motor injeksi mati mendadak. Saya pun melanjutkan ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya untuk cara menghidupkan motor injeksi mati mendadak adalah

3. Mengecek tekanan kompresi

Salah satu hal yang bisa terjadi jika motor jarang servis dan kurang perawatan (terutama jarang ganti oli) adalah karena sifat oli yang selain sebagai pelumas juga sebagai sealing, maka oli yang tidak pernah diganti tentu akan membuat sifat sealingnya berkurang, dan jika benar terjadi, bisa dipastikan tekanan kompressi akan berkurang juga.

Cara cek tekanan kompresi menggunakan jempol gauge

Hal ini bisa dibuktikan ketika saya mencoba untuk mengecek tekanan kompresi dengan cara starter motor menggunakan kick starter. Dari lubang busi yang saya tutup pakai jempol gauge bunyi push push (indikasi kalau kompresi lemah adalah tekanan dari lubang busi melemah ketika ditutup menggunakan jempol gauge).

Harus bongkat mesin?? Harusnya iya, tapi karena beliau diburu waktu karena akan mangkat (berangkat) kerja. Saya pun mencoba teknik abadi yang sudah dilakukan sejak era majapahit dulu (emangnya era majapahit ada motor ya, hehehehe). Yaitu dengan cara ruang bakar dicekokin oli pakai oli bekas lewat jalur lubang busi.

Cara mengatasi motor injeksi mati

Oh iya, sebelumnya saya sudah perbaiki kick starter. Karena sebelumnya kick starter macet dan seret alias gak mau balik. Saya pun menggunakan cara ini tips memperbaiki kick starter motor matik yang macet dan seret.

Bagaimana jika kejadian motor injeksi mogok mendadak dijalanan yang tidak bisa teman – teman temui oli bekas?

Caranya mudah, tinggal ambil saja oli dari mesin motor kamu sendiri dengan cara disedot pakai sedotan (lagi – lagi teknik darurat gan).

Cara menghidupkan motor injeksi mati mendadak akibat kompresi lemah dengan cara dicekoki oli adalah dengan cara siapkan oli bekas, botol dam selang. Lalu masukkan oli bekas melalui lubang busi. Saran saya jangan terlalu banyak, karena nanti malah tidak bisa distarter.

cara mengatasi motor injeksi mogok mendadak

Setelah oli bekas masuk melalui lubang busi, tutup lubang busi menggunakan jempol gauge sambil starter motor menggunakan kick starter. Sati kali dicekokin oli ternyata kompresi masih lemah, karena ketika lubang busi saya tutup pakai jempol masih terasa enteng dan bunyi pushpush.

Saya cekokin lagi pakai oli untuk kedua kalinya, namun kali ini tekanan kompresi mengejek saya dengan mengeluarkan suara bedes..bedes..Bedes.. ketika lubang busi saya tutup pakai jempol gauge sambil di engkol. Hal tersebut membuktikan bahwa tekanan kompresi sudah bagus.

Kenapa tidak pakai starter elektrik?

Ada dua alasan kenapa tidak menggunakan starter elektrik. Alasan yang pertama adalah karena starter elektrik putarannya tidak sekencang menggunakan kick starter. Dan alasan kedua adalah karena menghemat arus aki. Karena kebanyakan pengendara ketika motornya mogok memaksakan starter motor menggunakan starter elektrik dan membuat arus aki drop.

Baca Juga : Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek + Cara Mengatasinya

Teknik ini biasanya ampuh jika kondisi kompresi tidak terlalu parah

Sesuai pengalamanan menggunakan cara ini bisa saja tekanan kompressi akan membaik, namun bisa saja butuh 1-4 kali pemasukan oli (tergantung tingkat kebocoran) bahkan bisa juga oli yang kita masukkan enggak bisa menahan kebocoran. Jika beberapa kali dicoba untuk memasukkan oli di ruang bakar dan hasilnya nihil bisa dipastikan motornya ngambek dan minta dibongkar.

Pasang busi dan basahi ujung busi menggunakan bensin

Setelah kompresi sudah diapstikan bagus, saya pasang ulang businya dan mencoba menghidupkan motor. Sekali engkol motor langsung hidup.

cara mengatasi motor injeksi mati mendadak

Sebagai catatan, supaya lebih mudah dalam menghidupkan motor, sebelum memasang busi, ujung busi bisa dikasih bahan bakar..pasalnya jika tidak, oli yang membasahi busi malah menyebabkan busi jadi enggan keluarkan percikan bunga api.

Penutup

Diatas merupakan cerita sekaligus tips dan cara menghidupkan motor injeksi mati mendadak akibat kompresi yang lemah efek dari kurang perawatan pada motor. Perlu diingat bahwa teknik ini hanya untuk sementara saja (darurat). Jika ada waktu sebaiknya bongkar mesin agar kejadian ini tidak terulang. Karena teknik ini sifatnya sementara dan bisa saja motor injeksi mogok lagi dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

Perlu dicatat pula jika menggunakan teknik ini, ketika motor hidup / menyala knalpot akan mengeluarkan asap putih yang pekat. Hal ini disebabkan karena oli yang kita masukkan tadi diruang bakar. Namun asap akan berangsur – angsur hilang jika motor digas tinggi atau dipakai.

2 KOMENTAR

  1. Baru kali ini tau trik mudah kayak gitu. Dikasih oli di dalam ruang kompresi lewat lobang busi…mudah gan, meski bukan orang motor pun bisa dilakuin… makasih tipsnya gan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here