Beranda Tips & Trik Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan
Ilustrasi

Mengendarai motor kopling atau tranmisi manual memang memberikan kesan macho. Terlebih jika yang mengendarai adalah laki – laki. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu cara mengendarai motor kopling terutama jika di tanjakan dan turunan.

Jika kamu belum menguasai betul untuk mengendarai motor kopling terutama di tanjakan dan turunan. Sebaiknya kuasai dulu medan datar sebelum melewati jalan menanjak dan menurun.

Bagi kamu yang memang ingin sekali mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Berikut ini merupakan tips mengendarai motor kopling di jalan yang menanjak dan menurun.

Tips Sebelum Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Sebelum kamu memutuskan untuk mencoba jalanan menanjak dan menurun menggunakan motor kopling. Persiapkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

1. Taklukan Dulu Jalan Datar

Sebelum kamu memberanikan diri untuk mengendarai motor kopling di jalanan menanjak dan menurun, sebaiknya kuasai dulu jalanan datar. Karena jika jalan datar saja belum terlalu kamu kuasai, maka kamu akan mengalami kesulitan ketika melewati jalanan menanjak maupun menurun.

2. Ajak Teman

Setelah kamu menguasai jalanan datar, bukan berarti kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menguasai jalanan menanjak dan menurun. Karena jalanan datar dan menanjak memiliki cara berkendara yang berbeda.

Saat pertama kali mencoba jalanan menanjak dan menurun sebaiknya ajak temn kamu yang berpengalaman menguasai motor kopling. Karena situasi jalanan yang tak menentu akan membuatmu lebih kesulitan teruama ketika macet.

Baca Juga : Kabel Kopling Motor Putus, Gak Perlu Dorong !!

3. Cek Kondisi Motor

Selain kondisi tubuh pengendara, kondisi motor juga harus diperhatikan. Sebelum berangkat dan menaklukkan jalanan menanjak dan menurun sebaiknya cek dulu kondisi motor kamu.

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

Setelah beberapa persiapan sudah kamu lakukan. Kini saatnya untuk menaklukan medan yang ingin kamu taklukkan. Saran dari saya, usahakan untuk melewatinya dengan tenang dan jangan terlalu panik. Jika memang masih ragu, biarkan teman yang mengambil alih kemudi.

Baca Juga : Motor 4 Silinder Jadul Paling Gahar Sepanjang Masa

Berikut ini merupakan cara mengendarai motor kopling di jalanan menanjak dan menurun.

1. Jaga Kecepatan Motor Saat Menanjak

Cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan berikutnya adalah menjaga kecepatan motor saat berada di tanjakan. Karena modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.

2. Jaga Posisi Gigi Perseneling

Kesalahan pengendara motor kopling pemula adalah menaikkan gigi perseneling saat menanjak. Sebaiknya jaga gigi perseneling di posisi 1, 2 ataupun 3. Tergantung seberapa cepat melajumu dan seberapa tinggi medan yang kamu lalui.

3. Jangan Menaikkan Gigi Perseneling Ketika Menanjak

Ketahuilah jika berkendara ditanjakan terdapat larangan yang tidak boleh dilanggar. Salah satunya menempatkan perseneling ke gigi yang lebih besar. Walaupun kamu dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Bahanya adalah ketika kamu menggunakan perseneling yang besar, daya dorong motor akan melemah dan pengendara kehilangan keseimbangan karena panik.

Baca Juga : Kenali Jenis – Jenis Motor Harley Davidson

Selain itu tidak disarankan untuk tidak mendahului pengendara lain pada tanjakan, kecuali pengendara tersebut berjalan sangat pelan dan memang layak untuk disalip.

Cara Mengendarai Motor Kopling di Turunan

Ketika kamu sudah bisa menaklukan tanjakan, itu artinya kamu sudah selangkah lebih maju untuk mengendarai motor kopling. Walaupun awalnya sulit, nantinya keahlian ini akan membuatmu nyaman berkendara. Nah karena kamu juga harus tau bagaimana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Ini adalah tips untuk kamu saat melalui turunan menggunakan motor kopling.

  • Waspada akan adanya gang dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping.
  • Gunakan engine brake untuk membantu pengereman.
  • Gunakan persneling 3 untuk kenyamanan dalam turunan.
  • Jika turunannya benar – benar sepi dan kamu sangat mengenal jalannya, kamu bisa membuat mesin loss dengan cara menarik tuas kopling, sehingga kamu bisa menghemat penggunaan bahan bakar motormu. Tapi kamu harus hati – hati, karena dengan menarik tuas kopling motormu akan melaju kencang di turunan karena tidak terbebani putaran mesin.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here