Beranda Materi Otomotif Cara Mengenali Oli Palsu, Jangan Sampai Salah Beli

Cara Mengenali Oli Palsu, Jangan Sampai Salah Beli

cara mengenali oli palsu
Ilustrasi

Cara Mengenali Oli Palsu – Oli merupakan salah satu part yang paling sering di ganti. Menjadi salah satu part paling penting pada mesin, karena berfungsi sebagai pelumas.

Agar mesin terawat dan awet serta dapat memberikan performa yang baik, diperlukan pelumas dengan kualitas yang bagus.

Pada dasarnya oli mesin memiliki beberapa fungsi. Tidak cuma sebagai pengurang gesekan antar logam, oli juga memiliki fungsi sebagai pembersih, pendingin, pencegah karat, sekaligus sebagai perapat antara dua benda yang bergerak, serta sebagai peredam benturan akibat gesekan mesin. Jika menggunakan pelumas yang baik, maka suara mesin akan lebih halus.

Baca Juga : Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

Namun jika oli mesin tidak segera diganti sesuai anjuran, perlindungan mesin akan berkurang dan mesin tidak bekerja dengan maksimal, bahkan mengakibatkan kerusakan pada mesin, bahkan parahnya lagi kalau sampai harus turun mesin.

Sayangnya tidak sedikit konsumen belum mengerti soal kualitas oli, termasuk ketidaktahuan membedakan mana pelumas asli atau palsu

Cara paling mudah untuk mengetahui oli tersebut asli atau palsu adalah dengan memperhatikan kemasannya. Para pembuat oli palsu ini biasanya akan menggunakan kemasan oli asli yang diisi ulang dengan oli palsu.

Pastikan bahwa kemasan masih dalam kondisi mulus dan tersegel. Jika kemasannya berupa kaleng, tidak menutup kemungkinan akan terdapat penyok pada beberapa bagian yang disebabkan penyimpanan yang kurang tepat.

Perhatikan warna olinya dengan baik. Kalau olinya berwarna keruh dan berbau tidak sedap, maka harus waspada. Kenapa? Karena oli yang masih baru biasanya cenderung jernih dan masih berbau khas oli. Kecuali oli gardan dan transmisi manual memang memiliki bau yang cenderung khas agak berbeda.

Masih soal ganti oli. Saat di bengkel seringkali ditawarkan pembersihan bak mesin serta komponen di dalamnya dari kerak oli dan kotoran mengunakan cairan khusus atau biasa disebut engine flush (engine restoration). Ini terutama saat pemilik kendaraan hendak mengganti oli mesin dan filternya.

Apa Itu Engine Flush?

Engine flush merupakan cairan yang diformulasikan secara khusus untuk membersihkan atau melunakkan kerak dan endapan oli yang menempel pada bagian bak mesin. Kerak dan endapan ini dapat menghambat aliran pergerakan oli, sehingga dapat mempengaruhi kinerja dan performa mesin kendaraan.

Sebaiknya menggunakan engine flush ini secara rutin setiap melakukan penggantian oli per 10.000 km.

KESIMPULAN

Itulah artikel mengenai cara mengenali oli palsu. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa membedakan oli asli dan oli palsu. semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here