Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Masbengkel.com, Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng – Sebagai komponen penghubung antara mesin dan roda. Fungsi dari rantai sangat vital pada performa motor. Kondisi rantai motor yang kurang baik akan menyebabkan performa motor berkurangh. Mulai dari motor yang tenaganya loyo sampai pada efek getaran pada motor terlalu tinggi.

Seiring dengan pemakaian, rantai motor lama – kelamaan akan kendor dan butuh untuk melakukan penyetelan ulang agar kerenggangan rantai motor bisa sesuai standar. Selain menjaga agar kerenggangan ranta motor sesuai standar, melumasi rantai motor juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan untuk melakuan perawatan pada rantai motor. Hal ini harus dilakukan agar rantai motor tidak mengalami masalah seperti rantai motor kendor kenceng.

Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng

Rantai motor merupakan komponen yang sangat vital sekaligus sangat rawan. Saya bilang sangat rawan karena komponen ini letaknya ad diluar dan dibagian bawah. Mulai rawan karena terkena debu dan air. Sehingga jika tidak dilakukan perawatan secara rutin maka akan menyebabkann rantai motor bermasalah seperti saah satunya adalah rantai motor yang kendor kenceng. Nah berikut ini saya jelaskan tentanng penyebab rantai motor kendor kenceng.

Rantai Motor Sering Kering

Rantai motor butuuh dilumasi agar kualitasnya tetap terjaga. Karena letaknya ada diluar dan tidak adanya sirkulasi untuk pelumasan maka pemilik motor butuh melumasi rantai motor secara ruitn semisal seminggu sekali atau ketika terjadi musim hujan bisa dilumasi setiap 2 atau 3 hari sekali. Hal ini bertujuan agar rantai motortidak sampai kering dan membuat rantai motor bermasalah seperti rantai motor yang kendor kenceng.

Jika rantai motor dibiarkan terlalu kering terlalu lama akan menyebabkan rantai motor bermasalah atau bisa terjadi rantai motor kendor kenceng. Hal ini disebabkan gerakan dari rantai motor yang kurang leluasa karena kurangnya pelumasan. Dari sinilahh awal munculnnya permasalahan rantai motor kendor kenceng. Karena beberapa bagian dari rantai akan mengalami keausan dan enyebabkan sebaian dari rantai kendor dan sebagian lainnnya masaih kenceng.

Kualitas Dari Rantai dan Gir

Perlu kamu kethaui bahwa banyak sekali merek dari rantai dan gir di pasaran. Mulai produk ori. Ori kw dan kw. Dalam kasus ini saya sarankan sebainya kamu mengganti rantai dan gir menggunakan produl asli dari motor kamu dan membeli di bengkel yang sudah terjamin keaslian produknya. Saya tidak menyebut bahwa dealer selalu memiliki produk yang asli, karena ada beberapa dealer yang nakal dan bermain dengan produk asli tapi kw.

Penyetalan Rantai Yang Salah

Melakukan penyetelan pada rantai memang bagus. Dan melakukan penyetelan pada rantai motor juga termasuk salah satu perawatan pada rantai motor. Namun hal ini bisa baik jika kamu lakukan dengan benar. Dan sebaliknya, jika saat melakukan penyetalan rantai kamu salah, bisa jadi mengalami putus atau lama kelamaan rantai motor akan kendor kenceng. Untuk itu, sebaiknya pahami dulu cara setel rantai yang benar dan pahami dulu jarak bebas rantai yang baik.

Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Setelah kamu mengetahui penyebab dari rantai motor yang kendoor kenceng seperti yang saya jelaskkan diatas. Kini kamu perluu tahu cara mengatasi rantai motor kendor kenceng agar motor tetap bisa jalan meskipun kondisi rantai motor kurang baik. Namun cara yang akan saya sampaikan ini sifatnya hanya sementara sedangkan jika ingin mengatasi secara permanen kamu harus melakukan pergantian pada rantai atau pun gir.

Salah satu hal yang perlu kamu waspadai saat rantai motor kendor kenceng adalah rantai bisa sewaktu waktu putus. Terutama jika kamu membawa beban yang berat atau dalam kecepatan tinggi. Serta bisa juga rantai los, jika lantai los / lepas hal ini bisa membahayakan kamu terutama ketika kamu berada di kecepatan tinggi. Rantai yang los bisa menjepti dibagian teetentu dari motor dan membuat ban motor tidak bisa berputar.

Hal tersebut akan membuat ban selip dan akan lebih berbahya jika kamu mengendarai motor dalam kecepatan tinggi. Untuk itu kamu perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi rantai motor yang kendor kenceng. Agar tidak menghambat perjalanan kamu serta tidak membahayakan diri kamu sendiri dan orang lain.

Cara mengatasinya sangat mudah, kamu perlu menyetel ulang rantai. Cari bagian yang pas pada rantai. Cari bagian paling kencang pada rantai, lalu kendorkan rantai melalui baut setelan rantai. Lalu cari lagi bagian paling kendor dari rantaii, setelah itu kencangkan sedikit pada bagian penyetelan rantai. Jika ternyata cara ini tidak ampuh, maka satu – satunya jalan dalah mengganti rantai. Baca : 6 Cara Menyetel Rantai Motor

Sebaiknya ganti rantai menggunakan produk yang asli. Namun biasanya produk asli butuh perganti satu set dengan gir. Jika memang kamu memiliki cukup uang, sebaiknya ganti sekalian sam girya. Namun jika uang kamu pas – pasan, kamu bisa cari merek rantai yang memiliki k ualitas yang bagus agar rantai bisa tahan lama dan tidak terjadi msalah kendor kenceng lagi pada rantai motor.

Leave a Comment