Advertisement
Tips & Trik

Cara Memperbaiki Kick Starter Mio J Macet Atau Seret

Advertisement

Cara Memperbaiki Kick Starter Mio J Macet atau Seret – Pada motor matic sudah dilengkapi dengan starter elektrik dan kick starter untuk memghidupkan mesin motor. Meskipun pada beberapa motor matic keluaran terbaru fungsi kick starter sudah di pensiunkan.

Namun, banyak pengendara yang jarang memfunsingkan kick starter pada motor matic nya. Alasannya, kalau mau kick starter motor matic itu ribet. Motor harus di standar dua dulu karena kick starter ada di sebelah kiri dan akan kebentur dengan standar tengah jika motor tidak di standar tengah. Ribet memang!!!

Karena kick starter pada motor matic yang jarang di pakai, membuat kick starter bisa macet atau seret. Bagi pemilik motor matic Yamaha terutama Yamaha Mio J, Mio GT, Mio Soul GT dan Mio M3 tidak perlu risau dan galau kalau kick starternya macet. Kamu bisa memperbaiki kick starter motor kamu yang macet tanpa perlu bongkar mesin atau pun pergi ke bengkel.

Cara Memperbaiki Kick Starter Yamaha Matic yang Macet

Untuk memperbaiki kick starter Yamaha Mio J yang macet, kamu hanya perlu menyiapkan kunci T 10 dan oli bekas. Berikut langkah – langkah cara memperbaiki kick starter Mio J macet, cara ini juga berlaku untuk motor Yamaha Mio GT, Mio Soul, Mio Soul GT, dan Mio M3.

#1. Buka empat baut penutup filter udara yaang ada di CVT. Perhatikan gambar dibawah ini.

cara mengatasi kick starter matic yang macet

#2. Jika baut sudah terlepas, Lepaskan penutup filter udara dari tempatnya.

Advertisement
kick starter mio j seret

#3. Lepas juga filter udara.

memperbaiki kick starter mio j seret

#4. Beri pelumas atau oli bekas di bagian yang saya beri tanda panah.

cara memperbaiki kick starter yamaha matic yang seret

#5. Setelah memberi oli pada bagian yang saya beri tanda panah, silahkan mencoba kick starter, apakah masih seret atau sudah enteng. Jika sudah enteng…

#6. Pasang kembali filter udara dan penutupnya.

Namun sebelum memasang kembali filter udara, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu mumpung di bongkar. Bersihkan menggunakan bensin lalu semprot menggunakam tekanan angin. Jika tidak punya kompresor, bersihkan filter udara dengan cara membenturkan filter udara di lantai.

Advertisement

Baca Juga :

Mudah bukan!!??

Nah, untuk menghindari kejadian kick starter yang macet dan seret pada motor matic Yamaha dan motor matic yang lain. Sebaiknya gunakan kick starter secara rutin terutama saat pagi hari. Selain mencegah kick starter macet, menggunakan kick starter pada pagi hari atau saat mesin dingin akan membuat aki lebih awet dan mesin juga bisa awet.

Itulah cara mengatasi kick starter Mio J yang macet atau seret. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close