Beranda Materi Otomotif Cara Memperbaiki Aki Kering, Dijamin 100% Ampuh!

Cara Memperbaiki Aki Kering, Dijamin 100% Ampuh!

cara memperbaiki aki kering
aki kering motor

Cara Memperbaiki Aki Kering – Aki merupakan sumber listrik pada kendaraan bermotor untuk komponen sistem kelistrikan dan sistem elektrikal. Jika aki mati total, maka semua sistem elektrikal dan kelistrikan tidak akan berfungsi.

Bisakah aki kering diperbaiki?

Tentu saja bisa!!!

Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya orang yang menawarakn jual beli aki bekas dan bergaransi serta memiliki harga yang sangat terjangkau.

Apa sebenarnya trik dari si penjual aki bekas bergaransi tersebut?

Tips dan Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati Total

Mengintip aktivitas dari si penjual aki bekas, saya pun mengobrol dan bertanya trik ampuh cara memperbaiki aki kering dari sang empunya.

Disinggung masalah aki kering bekas yang bergaransi, beliau berani menjamin jika aki kering yang dia jual bisa bertahan setidaknya tiga bulan. Dan dia memberikan garansi selama satu bulan.

Baca Juga : Aki Motor Cepat Tekor, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Tertarik dengan tip dari si penjual aki bekas?? Berikut ini hasil inspeksi saya di toko abangnya dan saya pun mendapatkan ‘resep rahasia” cara memperbaiki aki kering.

Alat dan Bahan

  • Obeng plus
  • Obeng min
  • Pisau / gergaji besi
  • Air aki (zuur)
  • Solasi
  • Kertas gosok / amplas

Langkah Cara Memperbaiki Aki Kering

Jika alat dan bahan sudah kalian persiapkan, kini saatnya untuk mengetahui langkah – langkah membetulkan aki kering yang rusak.

1. Lepaskan Aki

Lepaskan aki dari badan motor / mobil menggunakan obeng plus. Sebelum melepas aki, pastikan posisi kontak pada posisi off.

2. Buka Penutup Aki

Setelah aki terlepas, lepaskan penutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang sudah kamu persiapkan. Lakukan cara ini dengan hati – hati, jangan sampai gergaji atau pisau melukai tangan serta zat aki kering tidak kena mata.

3. Isi Dengan Air Aki

Lepas bagian penutup pada wadah aki. Setelah terbuka, kamu akan menemukan enam lubang yang selanjutnya silahkan diisi menggunakan air aki (accu zuur) yang teah kamu beli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter.

Baca Juga : 4 Langkah Cara Pasang Lampu HID Tanpa Ganti Kiprok dan Aki

Hindarkan kotak langsung cairan accu dengan kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jikapun terlanjur kena, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

4. Tutup Kembali Penutup Aki

Setelah air aki di isi, langkah selanjutnya adalah memasang kembali penutu aki. Pastikan penutup aki sudah tertutup dengan rapat. Tambahkan solasi untuk lebih memastikan penutup aki tertutup dengan rapat.

5. Amplas Konektor Aki

Sebelum memasang aki ke mobil ataupun motor. Amplas dulu bagian konektornya menggunakan amplas. Amplas juga bagian skun aki. Kotoran yang menempel pada konektor dan skun akan membuat arus listrik sedikit terhambat.

6. Charger Aki

Proses cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah mengisi tegangan daya atau bahasa bengkel biasa menyebutnya dengan setrum aki. Dan perlu kalian ketahui, pada proses ini biasanya terdapat dua metode yang bisa kalian gunakan untuk mengisi arus listrik pada aki yang sudah di betulkan. Dua metode tersebut ialah mengisi aki dengan cas atau disetrum dan mengisi aki dengan menggunakan jamper. 

7. Cek Aki dan Pasang Kembali

Dan cara terakhir memperbaiki aki kering yang bisa dikerjakan ialah proses pengecekan. Dimana dalam hal ini, kalian memerlukan sebuah alat ukur agar bisa mengetahui apakah aki yang kita perbaiki dan kita setrum sudah terisi daya atau belum. Apabila sudah berarti proses cara memperbaiki aki kering diatas berhasil.

Namun apabila tidak ada berarti memang aki kering tersebut memang sudah di haruskan untuk di ganti. Dan sebagai saran, apabila cara diatas berhasil dan aki bisa di gunakan untuk menyalakan mobil atau motor, sebaiknya biarkan hingga 15 sampai 30 menit dalam posisi stasioner agar tegangan baru bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraannya.

Cara Merawat Aki Kering Agar Tidak Cepat Rusak

Meskipun didalam box aki kering terdapat tulisan bebas perawatan. Bukan berarti aki kering tidak diperhatikan sama sekali. Bahkan rekan saya Mas Saliman pernah corat coret di blognya Pelengkap Otomotif tentang cara merawat aki kering. Berikut ini adalah tips merawat aki kering biar awet dan tidak cepat rusak.

  • Perhatikan beban aki
  • Bersihkan aki secara berkala, terutama bagian konektornya
  • Panaskan kendaraan secara berkala
  • Lepaskan kabel aki jika kendaraan tidak digunakan dalam waktu yang lama

Demikian tips merawat aki kering biar awet dan cara memperbaiki aki kering yang rusak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here