Beranda Tips & Trik 6 Langkah Mudah Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Karatan

6 Langkah Mudah Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Karatan

cara membersihkan rantai motor

Apa jadinya kalau rantai motor putus? tentu motor tidak bisa jalan, kan? Sayangnya, tidak semua pengendara bisa merawat rantai motornya dengan baik. Mereka sepertinya belum tahu bagaimana cara membersihkan rantai motor dan cara merawat rantai motor.

Karena tidak tahu cara merawat rantai motor, membuat beberapa pengendara mengeluh kalau rantai motor berisik dan cepat karatan.

Nah, biar kamu lebih paham lagi cara merawat rantai, saya bakal memberikan tips dan trik cara membersihkan rantai motor yang benar dan tentunya mudah buat kamu praktekin di rumah.

Yuk simak, bro!!!

1. Bersihkan Rantai Motor Sesaat Setelah Digunakan

cara membersihkan rantai

Penting banget nih bro, bersihkan rantai motor dalam keadaan “hangat” atau sesaat setelah motor digunakan. Tujuannya agar rantai motor siap untuk dibersihkan.

Jangan lupa juga! Pas mau bersihin rantai motor, pastikan memposisikankannya ke posisi tegak dengan memanfaatkan standar motor tengah. Kalau misal, ada alat bantu lainnya yang bisa bikin posisi motor bagian belakangmu lebih tinggi lagi bisa lah dipakai. Biar memudahkanmu pas lagi bersih-bersih.

2. Gunakan Cairan Khusus Untuk Membasahi dan Membersihkan Rantai Motor

membersihkan rantai motor yang benar

Jika posisi sudah pas, kini saatnya untuk membasahi dan membersihkan rantai motor menggunakan spray atau cairan khusus rantai motor. Tujuan menyemprotkan cairan khusus ini untuk menghilangkan noda dan karatan rantai motor.

Nah, biar gak membasahi dan mengotori lantai jangan lupa gunakan kertas karton di bawah rantai pas menyemprot spray.

3. Bersihkan Rantai Motor Menggunakan Sikat Gigi Bekas atau Sikat Khusus Pembersih Rantai

cara membersihkan rantai motor agar terlihat putih

Jika kamu punya modal, belikan sikat khusus pembersih rantai motor seperti pada gambar diatas. Namun jika tidak ingin keluar duit, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian rantai motor.

4. Basuh Rantai Menggunakan Pembersih Piring dan Air Mengalir

cara agar rantai motor bersih dan tidak karatan

Setelah proses membersihkan rantai motor menggunakan sikat gigi bekas. Kini siapkan air mengalir dan sabun pembersih piring.

Masih menggunakan sikat gigi bekas, lumuri rantai motor menggunakan sabun pencuci piring sampai merata lalu bilas menggunakan air mengalir. Pastikan semua bagian rantai tidak ada yang terlewat.

5. Semprotkan Pelumas Khusus Untuk Rantai

cara membersihkan rantai motor dari karatan

Kalau proses membersihkan rantai sudah selesai semua. Jangan lupa keringkan rantaimu dan setelah itu langsung semprotkan pelumas ke permukaan rantai. 

Semprotkan pelumas merata ke seluruh bagian rantai. Lagi-lagi, alasi rantai pakai kertas karton biar pelumas gak mengotori lantaimu.

6. Bonus!!!

Hanya fokus pada bagian rantai saya rasa bukan pilihan yang bijak. Mengingat ada komponen lai yang juga butuh di poles yaitu sproket atau gir motor.

Nah, buat bersihin sproket pakailah kain yang dilarutkan ke detergen. Tapi kalau kotorannya membandel, pakai aja pisau dempul berbahan plastik. Dijamin, kotoran membandel bakal segera sirna.

Itulah 6 cara membersihkan rantai motor agar terlihat putih, bersih, kinclong dan tidak karatan. Semua pekerjaan diatas bisa kamu lakukan dirumah, lho… Semoga bermanfaat.

Sumber : IDN Times

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here