biaya tune up motor

Biaya Tune Up Motor (Mesin, Kaki, dan Lampu)

Masbengkel.com, Berapa Biaya Tune Up Motor ? Mungkin kamu satu dianntara pengendara yang masih ragu melakukann tune up motor karena takut biayanya mahal. Padahal biaya yang kamuu keluarkna belum begitu seberapa dengan manfaat tune up pada motor yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan tune up secra rutin.

Perlu dicatat bahwa melaukan tune up pada motor biayanya tidak selalu mahal. Bahkan jika motor kamu tidak mengalami dan tidak perlu melakukan pergantian pada part – partnya. Kamu hanya perluu mengeluarkan uang tidak samppai 100 ribu Rupiah. Uang segitu untuk biaya tune up motor sebulan sekali untuk sangat murah jika dibandingkan kammu tidak melakukan tune up ruitn tapi tiba tiba motor rusak dan minta turun mesin. Kamu harus mengeluarkan jutaan Rupiah !!!

Lalu, berapa biaya tune up motor ? Melalui artikel ini saya akann menjelaskann secara rinci tentang biaya tune up motor yang harus kamu keluarkan tiap bulan. Mulai dari jasa service sampai pergantian part – paartnya. Tujuan saya membuat artikel tentu saja agar pengendara motor tidak salah paham tentang tune up pada motor. Nah, jjika kamu belum tahu apa iitu tune up pada motor, silahkan baca artikel ini pengertian tune up pada motor.

Biaya Tune Up Motor

Biaya tune up pada motor memang tidak pattenn tergantung dari wilayahh, kebijakan benngkel dan biaya pergantian part. Nah dia artikel ini saya akann mennjelaskann tenntang biaya tune up pada motor sesuai dengann wilayah serta kebijakann benngkel. Tapi setidaknya ini bisa nenjaadi gambaran, karena sayya yakin perbedaannya tidak akann terlampau jauh..

Tune Up Standar

Jika saat dilakukan tune up motor kamu tidak mengalammi masalah,, ada kemungkinan biaya tune up tidak akann mahal. Karena saya sendiri memnita tarif sebesar 40 rubu Rupiah saja jjika hanya melakukan tune up standar. 40 puluh riiibu Rupiah hanya untuk biaya jasanya saja. Beda lagi dengan baiaya ganti oli. Untuk urusan ganti oli, di kembalikan lagi kepada pemilik motor. Namun saya sarankan sebaiknnya gannti oli. Untuk tunne uoo standar + ganti oli biayanya tidak sampai 100 ribu RUpiah.

Tune Up Dengan Pergantian Part Pada Mesin

Meskipun tune up mmerupakan salah satu lagkah perawatan, tetapi akan tetap ada pergantian part pada bagian mesin. Biasanya pergantian yang sering terjadi adalah baut setelan klep, busi, cop busi dan lain sebainya. Pergantian ini biasanya dilakukann agar nantinya motor tida mengalami msalah secara tibba – tiba.

Saya ambil contoh pergatntian pada baut setelan klep. Biasanya baut setelan klep akan mengalammi aus di bagian murnya dan juga aus di bagian ujung bautnya. Dan terkanndag juga menngalammi aus ada bagian ulir bautnnya. Jika ha ini di biarkann akann sangat berbhay bagi motor. Misal baut setelan kklep bisa lepass sendiri dan masuk ke bbagiann mesin. Atau bisa juga baut steleann klep akan berubah setelannya dan membuat perfroma motor menjadi kurang maksimal.

Lalu bagian busi dan cop busi. Meskipun mootor kamhu tidak mogok bukan berarti busi tidak mengalami msalah dann perlu pergantian. Karena untuk mengganti busi tidak harus menunggu motor mogok atau tidak bisa hidup.. Pergantian pada busi biasanya dilakukan karena usia busi sudah melewati batas pemakaian atau percikan api pada busi sudah tidak bagus lagi.

Puun demikian jugua dengan cop busi. Pergantian cop busi dilakukan biasannya terjadi karena cop busi mengalami kebocoran dan menyebabkann percikan api pengapian bocor dan mengenai massa daeri mesin. jika hal ini terjadi akan menyebabkan motor brebet di putaran atas mauppun bisa juga brebet di putaran bawah tergantung dari itngkat kebocoran pada cop busi.

Belum lagi jika musim penghujan terjadi. Cop busi yang bocor akan membbuat air masuk ke bagian cop busi dan membiat motor brebet. Untuk biaya tune up pada mmotor yang harus kammu keluarkan untu mengganti part ini berkisar antara 100 – 200 ribu Rupiahh. Tergantrung dari kualitas part yang kamu beli..

Tune Up Dengan Pergantian Part Pada bagian Kaki Kaki

Tune up pada motor bukan h anya tentang bagian mesin melainkan juga pda bagian atau komponen lain pada motor. Dengan melakukan pengecekan ada bagian kaki kaki maka secara tidak llangsunng akan membuat berkendara kmenjadi lebih aman dan nyaman. Pengecekan pada bagian kaki kaki ini melipiuti rantai, bearing, dan juga kampas rem. Untuk biayanya berkisar antara 100 – 300 ribu Rupiah. Tergantung dari seberapa banyak bearing dan kamps rem yang diganti.

Tune Up Dengan Pergantian Pada Bagian Kelistrikan

Bagian kelistrikan ini meliputi lampu depan, lampu belakang dan juga klakson serta beberap part kelistrikan lainnya. Part yang sering diganti untuk bagian ini adalah lampu belakang dan lampu depan. Karena bagian ini llebih sering aktif. Apalagi pada motor keluaran terbaru, ketika meesin menyala lampu juga ikut menyala.

Untuk biayanya tergantung dari lampu yang motor kamu gunakan. Jika motor kamu mengguanak lampu LED, maka biayanya pergantiannya akan sangt tinggi. Namun sampai artikel ini diterbitkann saya belum pernah mengganti lampu mootor yang menngguakan sistem LED. Untuk lampu standart, biaya pergatiannya kurang lebih 100 ribu Rupiah saja.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

kopling pada kendaraan bermotor

Kopling Pada Kendaraan Bermotor (Mobil dan Motor)

Masbengkel.com, Mengenal Kopling Pada kendaraan Bermotor (Jenis Kopling, Prinsip kerja Kopling dan Cara Kerja Kopling) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *