biaya ganti oli motor matic

Biaya Ganti Oli Motor Matic : Mesin dan Gardan

Masbengkel.com, Biaya ganti oli motor matic (mesin dan gardan) – Oli merupakan bagian paling vital pada mesin motor. Selain mampu melumasi bagian atau komponen didalam mesin motor, oli juga bisa menjadi pembersih untuk membersihkan bagian dalam mesin motor. Ya, fungsi oli memang bukan hanya sebagai pelumas melainkan juga bisa menjadi pembersih mesin. Baca artikel tentang oli mesin jika kamu belum tahu fungsi dari oli mesin.

Karena sifatnya yang membersihkan dan berada di bagian dalam mesin dengan panas yang tinggi. Oli butuh pergantian setiap beberapa saat. Entah itu satu bulan, tiga bulan atau bahkan dua minggu sekali. Hal ini tergantung dri jarak tempuh motor tersebut. Oli yang mampu mebersihkan bagian dalam mesin lama kelamaan akan menjadi kotor dan oli akan encer dan kehilangan lapisannya jika lama kelamaan dipaksa untuk berada di suhu yang tinggi.

Banyak pengguna atau pemilik motor yang tidak paham betul tentang aturan mengganti oli. Bahkan diluaran sana beredar kabar bahwa oli sebaiknya diganti tiga bulan sekali atau menunggu volume oli didalam mesin berkurang. Tentu saja, pemahaman tersebut salah. Mengganti oli tiga bulan sekali memang bisa saja benar jika motornya jarang dipakai, pemahaman ini bisa salah jika motor tersebut dipakai setiap hari dan dengan jarak yang lumayan jauh.

Bayangkan jika seseorang harus di kota lain atau seorang salesman yang tiap hari harus keliling dari satu tempat ke tempat lain. Jika dalam sehari menempuh jarak 100 km perhari, maka setiap 30 hari sekali di wajibkan melakukan perganti oli. Karena aturannya, oli mesin diganti setiap 2000 sampai 3000 km.

Memang benar, jika oli harus diganti setiap 3 bulan sekali. Karena jika melebihi itu, maka kualitas oli akan menurun. Tapi ingat, aturan ini hanya berlaku untuk motor yang jarang dipakai. Artinya apa, aturan pergantian oli wajib dilakukan setelah motor menempuh jarak 2000 km sampai 3000 km atau 3 bulan. Jadi, tinggal duluan mana. Kilometernya apa bulannya. Jadi ketika sudah 3 bulan namun kilometer motor belum mencapai 3000 km sebaiknya lakukan pergantian oli. Dan, jika belum 3 bulan tapi sudah menempuh jarak lebih dari 3000 km sebaiknya lakukan pergantian oli juga. Paham kan?

Dari penjelasan saya diatas mungkin kamu sudah tentang aturan yang benar saat ganti oli motor. Nah, ada lagi yang berpedoman bahwa oli mesin tidak perlu diganti, cukup ditambahkan saja. Ditambahkan sedikit sampai sesuai dengan takaran oli pada motor. Ini juga salah, mencampur oli bekas dan baru merupakan hal yang salah besar. Jika di ibaratkan bak mandi. Apakah dengan menambahkan air dari kran bak mandi dan air tetap bersih ? Tentu tidak bukan ?

Air yang kotor karena tempat bak mandi yang kotor harus di kuras terlebih. Air dikeluarkan melalui lubang pembuangan bak mandi. Lalu, bagian bak mandi dibersihkan selanjutnya di isi dengan air yang baru. Begitu juga dengan oli. Oli yang sudah kotor haris dibuang terlebih dahulu lalu diganti dengan yang baru. Bedanya, kamu tidak perlu membersihkan bagian mesin karena sifatnya oli sudah mampu membersihkan mesin.

Jadi, jika diluaran sana ada pendapat bahwa oli mesin tidak perlu diganti itu salah besar ya. Jangan terpancing omongan atau pendapat yang tidak benar hanya karena ingin mengemat pengeluaran yang sebenarnya biaya untuk ganti oli motor itu tidak mahal. Tidak sebanding dengan kerusakan pada mesin jika kamu melakukam aturan aturan yang salah dalam melakukan pergantian oli pada motor.

Lalu, Berapa Biaya Ganti Oli Motor Matic

Untik biaya ganti oli motor matic terganting oli yang kamu pakai. Karena oli motor matic ada dua jenis yakni oli mesin dan oli gir atau gardan. Maka kamu perlu mengganti kedua oli tersebut. Untuk biayanua berkisar antara 50 sampai 100 ribu Rupiah saja. Terganting dari merek oli yang kamu pakai. Saya sarankan untuk mengganti oli menggunakan oli yang sudah dianjurkan oleh pabrik. Karena oli yang dianjurkan dari pabrik kekentalan dan tipenya sudah menyesuaikan dengan kondisi mesin motor kamu.

Dan ketika mengganti oli sebaiknya dilakukan di bengkel saja. Karena pada beberapa bengkel, tidak ada biaya tambahan jika hanya mengganti oli saja. Jika pun ada, biayanya gak seberapa, mungkin sekitar 2000 sampai 5000 Rupiah saja. Uang itu sudah lebih cukup untuk memastikan bahwa motor kamu berada ditangan yang tepat. Melakukan pergantian oli sendiri biasanya akan membuat baut pembuangan oli menjadi aus. Entah bagian ulirnya atau bagian kepalanya. Jadi, sebaiknya ganti oli mesin motor matic di bengkel saja jangan di ganti sendiri di rumah.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *