Belajar Menyetir Mobil Matic Secara Otodidak

MasBengkel.com – Bagi kamu yang sering mengemudi dengan mobil manual, biasanya akan kesulitan ketika mengendarai mobil matic. Untuk itu, kamu bisa belajar menyetir mobil matic secara otodidak melalui artikel ini.

Seperti yang kita ketahui, kepadatan arus lalu lintas semakin tidak bisa dibendung. Dimana pun kamu berada, selalu bertemu dengan yang nama macet. Maka dari itu, sebagian orang lebih memilih mengendarai mobil matic ketimbang mengendari mobil manual. Karena cara berkendaraa saat ini adalah stop and go.

Jika menggunakan mobil dengan transmisi manual, maka dipastikan kaki akan cepat lelah karena harus sering menginjak pedal kopling dalam-dalam. Hal ini yang kemudian membuat mobil dengan transmisi matic semakin diminati. Apalagi ditambah dengan semakin baiknya teknologi transmisi otomatis pada mobil.

Untuk yang sudah terbiasa mengemudi mobil matic tentu beranggapan bahwa mengemudi mobil matic itu sangat mudah. Namun tidak demikian dengan mereka yang terbiasa mengemudi mobil manual, atau juga yang baru akan belajar mengemudi mobil. Masih dibutuhkan proses adaptasi dan pembelajaran tentang bagaimana cara mengemudi mobil matic yang benar.

Cara Belajar Menyetir Mobil Secara Otodidak

Meskipun pada buku manual sudah dijelaskan beberapa fitur yang terdapat pada mobil matic. Namun, jika kamu masih ragu dengan isi dari buku manual tersebut atau bahkan kamu tidak memiliki buku manual karena membeli mobil bekas. Dikutip dari laman asapmobil.com berikut ini tips belajar menyetir mobil matic secara otodidak bagi pemula dan yang belun pernah mengemudi mobil matic.

1. Ketahui Dan Pahami Peralatan Kemudi Mobil Matic

Karena berbeda sistem kopling dan transmisi, tentu berbeda pula peralatan kemudinya. Salah satu hak yang paling mencolok adalah pedal yang ada dilantai mobil.
Jika pada transmisi manual, terdapat tiga pedal (rem, kopling, gas), maka pada motor matic hanya terdapat dua pedal saja yakni rem dan gas.

Baca Juga: 5 Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras Saat Ditekan

Selain itu, tuas pada mobil dengan sistem transmisi matic juga berbeda dengan mobil manul, pada mobil matic terdapat huruf – huruf.

2. Ketahui Arti Huruf Pada Panel Tuas Transmisi Mobil Matic

Pada mobil matic, panel tuas transmisi selalu di hiasi denan huruf – huruf. Secara umun, huuf – huuf terdiri dari P, D, N dan R. Beberapa yang mungkin berbeda adalah hadirnya angka 3 dan 2, huruf L atau angka 1, huruf B serta tanda + dan -.

Susunan huruf dan angka tergantung dari jenis transmisi matic yang digunakan pada mobil. Namun untuk yang paling sering ditemui, fungsinya adalah :

D : Digunakan untuk membuat mobil bergerak maju saat pedal gas diinjak (Drive).
R : Digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur.
P : Digunakan saat mobil berhenti dalam kondisi lama atau parkir.
N : Digunakan saat mobil berhenti sebentar. Contohnya lampu merah atau macet.
B : Brake atau boost. Biasanya di mobil matic CVT. Digunakan untuk mendapatkan engine brake saat jalanan menurun, dan menaikkan RPM saat di jalanan menanjak.
Angka 3, 2 dan 1/L : Fungsinya sama seperti posisi transmisi di mobil manual. Kurang lebih untuk melakukan overdrive transmisi mobil saat membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.

3. Selalu Memastikan Transmisi P dan N Saat Menyalakan Mobil

Jika dirasa kamu sudah mengenal fitur dan alat mengemudi pada mobil matic, kini saatnya untuk menyalakan mesin. Namun sebelum kamu menyalakan mesin mobil, pastikan dahulu tuas transmisi berada di posisi P atau N. Dengan demikian, mobil tidak langsung berjalan ketika mesin dinyalakan.

Biasanya, ketika mobil diparkir dari posisi P dan akan berjalan maju, tuas transmisi akan melewati posisi R. Jika tidak menginjak rem, apalagi rem tangan sudah dilepas, maka mobil akan langsung bergerak mundur. Inilah yang kemudian sering kali menyebabkan kecelakan di tempat parkir.

4. Injak Rem Sebelum Mengganti Tuas Transmisi

Pada mobil manual, kebanyakan orang mengandalkan rem tangan dan kopling saat baru akan memasukkan gigi ke posisi 1 dan akan mulai berjalan. Namun di transmisi otomatis, kamu harus sedikit lebih hati-hati. Pastikan kamu sudah menginjak pedal rem sebelum mengganti tuas transmisi. Hal ini untuk mencegah mobil langsung berjalan begitu tuas transmisi berada atau melewati posisi R atau D.

Demikianlah artikel kali ini yang membantu kamu untuk belajar menyetir mobil matic secara otodidak. Semoga bermanfaat.

Sebagian kata dari artikel diambil dari website lain yang berjudul Cara Belajar Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula, kamu bisa baca artikelnya DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *