ban depan motor botak sebelah

Ban Depan Motor Botak Sebelah : 3 Penyebab

Masbengkel.com, Ban Depan Motor Botak Sebelah – keusan atau biasa yang disebut dengan kebotakan memang biasa terjadi di ban motor. Karena ban motor yang terbuat dari karet lam kelamaan akan mengalami keausan. Ban yang dipakai sehari hari memnag di desain memiliki kembangan dengan tujuan bisa dipakai di segala medan.

Nah salah satu masalah yang bikin user motor bingung biasanya adalah ban motor yang botak sebelah. Karena normalnya, ban motor akan mengalami keausan atau kebotakan pada seluruh lapisan ban. Ban yang boatk sebelah biasanya terjadi pada ban depan motor. Apa yang sebenarnya terjadi. Dan apa yang menyebabkan ban depan motor botak sebelah ?

Penyebab Ban Depan Motor Botak Sebelah

Ban depan motor botak adalah masalah dimaa ban akan mengalaim aus di satu sisi saja entah itu bagian kanan atau pun kiri. Sedangkan bagian lain dari ban kembangnya masih utuh. Jika dilihat dari masalah tersebut sepertinya msalah buan dari ban yang kamu pakai. Melainkan dari komponen atau bagian lain yang bisa membuat ban motor aus sebelah saja. Seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

Shock Breaker Tidak Sejajar

Beberapa pengendara motor biasanya melakuan modifikasi pada bagian shock depannya. Entah itu di tinggikan atau di pendekkan. Dengan tujuan untuk mempercantik motor. Biasanya hal ini dilakukann oleh kaum muda yang senang memodifikasi motor. Dari sinilah masalah ban depan motor botak sebelah itu biasanya muncul.

Memendekan atau meninggikan shock depan memang boleh atau sah sah saja dilakukan namun jika dilakukan dengan benar. Jika posisi keduanya tidak seimbang maka akan membuat tekanan berat sebelah. Dan hal ini akan membuat ban bekerja berat sebelah. Dari kesalahan posisi yang tidak sejajar antara shock depan dan kiri ini lah yang menjadi penyebab ban aus sebelah saja.

Saya sarankan bagi kamu yang mengubah shock depan entah itu meninggikan atau memendekan shock depan sebaiknya ukur dahulu posisi keduanya sudah sejajar atau belum. Sebenarnya tidak perlu alat khusus untuk mengukur sejajar tidaknya shock kana dan kiri tersebut. Kamu bisa cek dengan cara memasukkan as roda. Jika as roda masuk tanpa dipaksa itu tandanya tinggi shock kanan dan kini sejajar.

Begitu pun sebaliknya, jika as roda di pasang dan saat memasukkan as roda butuh dipaksa ada kemungkinan tinggi dari shock tidak sejajar. Perlu dicatat bahwa, saat kamu melakukan hal ini posisi roda tidak perlu di pasang. Jadi cukup pasangkan saja bagian as rodanya. Jika dirasa tinggi shock sudah lurus. Langkah se;anjutnya bisa memasang roda depan.

Shock Breaker Depan Keras Sebelah

Kejadian ini mungkin salah satu yang paling sering terjasdi. Karena shock breaker masih standar belum di modifiasi sama sekali tapi berimbas pada ban. Biasanya hal ini terjadi karena terjadi kebocoran pada salah satu sisi dari shock breaker. Dan kebocoran oli yang terjadi pada ssatu sisi shock breaker di biarkan terlalu lama sehingga membuat beban ban jadi berat sebelah. Jika dibiarkan berlarut – larut maka ban akan aus sebelah.

Untuk mengatsi hal ini, tentu saja kamu harus membongkar shock breaker depannya agar selanjutnya tidak terjadi msalah pada ban yang botak sebelah lagi. Melakukan pembongkaran pada bagian shock depan dengan tujuan untuk seal shock depan. Saran saya sebaiknya lakukan pada kedua sisi dari shock breaker depan agar nantinya tidak terjadi hal yang sama. Karean biasanya pergantian pada satu sisi akan membuat sisi lain menjadi bocor juga.

Kones dan Segitiga Kones Bengkok

Kasus ini biasanya terjadi karena motor pernah mengalami kecelakaan yang seiurs. Benturan yyang sangat keras pada ban menyebabkan kones dan segitiga kones mengalami kebengkokan secara serius. Kejadian ini akan menyebakan motor kurang nyaman saat di kendarai serta akan m embuat ban motor aus sebelah.

Untuk mengatasi hal ini, perlu keahlian khusu atau perlu di bawa ke bengkel khsusu yang menerima press body dan press segitiga kones. Namun jika kamu punya uang lebih sebaiknya ganti segitiga kones dengan yang baru saja. Meskipun biayanya jauh lebih mahal daripada di press ulang. Tapi hasilnya akan jauh lebih memuaskan. Karena tidak semua bengkel press body itu memiliki kuaitas yang baik.

Kesimpulan

Dari semua masalah diatas bisa disimpulkan bahwa kejadian ban depan motor botak sebellah diakibatkan tidak seimbangnya kedua sisi dari motor. Entah itu dari shock depannya atau dari segitiga konesnya (rangka motor). Dengan tidak seimbangnya tumpuan pada ban akan membuat ban menjadi bekerja di salah satu sisi saja. Dan jika dibiarkan lama – lama maka ban akan mengalami aus sebelah attau botak sebelah.

Jika seua masalah diatas sudah kamu perbaiki, ban yang sudah botak sebaiknya diganti saja. Karena ban yang kembangannya atau sudah aus akan menjadi licin jika di motor dikendarai. Hal ini selain membahayakan diri sendiri juga akan membahayakan orang lain. Tterutama disaat musim hujan. Jalanan yang licin dan ban yang botak akan membuat motor mudah selip.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *